Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Sunday 8 March 2015

Tips Sebelum Membeli iPhone di Indonesia Agar Tidak Tertipu

Tips Sebelum Membeli iPhone di Indonesia Agar Tidak Tertipu Rating: 4.5 out of 5 1

Panduan Membeli iPhone di Indonesia Agar Tidak Tertipu - Karena banyak sekali yang tertipu saat membeli iPhone di Indonesia, maka pada artikel ini saya akan coba kasih review untuk Agan tentang tips membeli iPhone di Indonesia.

Tahukah kalian banyak sekali iPhone yang beredar di Indonesia itu adalah iPhone rekondisi non resmi dan supercopy, untuk itu Agan sangat perlu berhati-hati dan cermat saat hendak membeli iPhone agar nantinya tidak tertipu.

Pada dasarnya iPhone rekondisi itu juga berkualitas bagus, namun hal tersebut berlaku jika pihak yang me-rekondisi itu adalah Apple Inc itu sendiri secara resmi.

Ingin tau lebih dalam tentang iPhone rekondisi, silahkan baca artikel yang saya rekomendasikan berikut ini.


Tips Sebelum Membeli Iphone di Indonesia

Perlu Agan ketahui banyak sekali Apple iPhone KW yang di jual di indonesia dengan harga murah bahkan hingga tidak masuk di akal, biasanya banyak yang menjual dengan embel-embel iPhone BM atau Black Market.

Nah untuk itu saya sarankan untuk Agan jika ada yang menawarkan Apple iPhone dengan harga yang sangat murah, contohnya iPhone 5 dengan harga 2 Juta dan di ikuti dengan embel-embel BM atau black market mohon jangan di beli, karena logikanya saja untuk biaya produksi dan distribusi iPhone 5 dengan harga tersebut jelas belum cukup.


Maka jadilah pembeli yang smart jangan mudah tergiur dengan harga murah, apalagi jika iPhone tersebut di jual secara online, besar kemungkinan itu adalah sindikat penipuan.

Nah untuk itu pada ulasan berikut saya akan memberikan tips bagaimana memilih iPhone yang benar, agar Agan tidak tertipu nantinya.

Tips Membeli iPhone di Indonesia

1. Belilah Produk iPhone Pada Distributor Resmi iPhone di Indonesia

Karena sudah pasti yang di jual oleh distributor resmi iPhone di Indonesia itu adalah iPhone original resmi Apple, maka cara paling aman adalah dengan membeli iPhone pada distributor resminya, namun jangan kaget ya, karena di distribusikan secara resmi dan legal maka harga yang di tawarkan oleh distributor resmi biasanya akan relatif lebih mahal.

Jadi untuk Agan yang tidak mau ribet ngecek ini-itu dan punya dana lebih saya sarankan untuk membeli iPhone pada distributor resmi saja, karena telah terjamin keoriginalan-nya.

Namun jika Agan tidak memiliki cukup dana untuk membeli di sana, tenang masih ada iPhone original yang di jual di toko dan distributor non resmi kok.

Namun untuk mendapatkan iPhone yang original dan berkualitas bagus, Agan perlu berhati-hati dan cermat ya, untuk itu yuk lanjut baca tips ke 2.

2. Jika Terpaksa Membeli iPhone di Selain Distributor Resmi Apple Lakukan Langkah-Langkah Berikut

A. Cari Konter/Distributor Non Resmi Yang Terpercaya

Carilah distributor Apple iPhone non resmi yang terpercaya, karena dari beberapa sumber mengatakan ada beberapa distributor non resmi yang memang menjual produk original iPhone yang didistribusikan melalui pasar gelap BM atau Black Market.

Jika Agan telah menemukan distributor tersebut, sebelum melakukan transaksi lebih lanjut pastikan mereka memberikan garansi 1 tahun distributor atau garansi 1 tahun Apple international "bukan garansi resmi Indonesia"

Meski untuk iPhone garansi international tidak dapat di klaim di Indonesia tetapi setidaknya iPhone yang akan Agan beli itu merupakan iPhone original Apple bukan rekondisi atau iPhone palsu.

Berbeda dengan iPhone rekondisi dan iPhone palsu supercopy, meskipun lebih murah namun selisih harga jual dari iPhone BM tidak jauh berbeda dengan iPhone yang di jual pada distributor resmi. Jadi jika selisih harganya jauh banget maka patut Agan curigai.

B. Lakukan Pengecekan di iphoneimei.info dan checkcoverage.apple.com 

Cek iPhone terdaftar atau tidak, fu /su, iPhone sudah pernah di aktivasi atau belum, garansi-nya sudah expired atau belum perlu Agan lakukan, jika iPhone yang akan Agan beli tersebut new original maka akan tampak detail informasi tentang iPhone tersebut, nah jika begitu itu tandanya imei iPhone Agan terdaftar ( terbukti kalau Apple telah mengeluarkan produk iPhone tersebut ) alias original.

Kemudian cek pada detail info garansi, jika telah expired sudah jelas itu adalah iPhone rekondisi abal-abal, "masak iPhone baru kok garansinya sudah expired", namun jika belum aktif itu tandanya iPhone agan new original atau benar-benar masih baru dan belum pernah di pakai dan di aktivasi oleh orang lain. 

Review screen shoot new iPhone garansi international yang belum aktif seperti di bawah ini saat di cek di iPhone IMEI dan check coverage : Apple

Tips Sebelum Membeli iPhone di Indonesia Agar Tidak Tertipu
Saat di cek di iphoneimei.info

Tips Sebelum Membeli iPhone di Indonesia Agar Tidak Tertipu
Saat di cek di Service Coverage -  Apple

C. Hindari Membuka Box di Rumah

Hal ini untuk menghindari jika ada kelengkapan yang cacat, minus dan sebagainya, biasanya si penjual walaupun memberikan garansi mereka juga suka mempersulit kita saat klaim. Jadi usahakan unboxing iPhone di toko saja.

Yap, sebaiknya lakukan unboxing di toko tempat Agan membeli dengan panduan pemilik toko atau pegawainya. 

Pada saat unboxing Agan jangan lupa cek sendiri juga unit iPhone dan kelengkapan aksesoris-nya seperti adaptor charger, kabel USB/Lightning, earpods, sim injektor, sticker Apple, kartu garansi toko/distributor, buku panduan dll.

Selain kartu garansi toko/distibutor cek apakah kelengkapannya sama seperti yang ada pada situs Apple untuk unit iPhone yang Agan beli, cek juga kelengkapan dan bagaimana bentuk dan letaknya.


D. Jika Langkah-langkah di Atas Terpenuhi Selamat Agan Telah Mendapat Apple iPhone New Original

Jika semua langkah di atas terpenuhi pastinya Agan telah berhasil membeli iPhone original dengan harga yang lebih murah. 

Oh iya satu lagi, jangan sampai lupa mintalah nota pembelian dari toko. untuk proses klaim jika terjadi kerusakan nantinya.

Nah itulah tips dari saya sebelum membeli iPhone di indonesia agar tidak tertipu mudah-mudahan bermanfaat untuk Agan.

Kesimpulannya Agan perlu ketelitian dan cermat untuk mendapatkan iPhone new original dan bukan rekondisi abal-abal atau kw palsu.

221 Responses to "Tips Sebelum Membeli iPhone di Indonesia Agar Tidak Tertipu"

  1. Mas, mau tanya , diatas terselip iklan iphone 5 dri blibli.com, sya tau onlineshop itu terpercaya dan sya sudah cukup sering searching iphone dsana.
    nah itu barang nya refurbish atau tidak y mas ? sedangkan Apple kan udah ga produksi iphone 5 baru lgi. tpi di blibli itu banyak bnget iphone 5 baru alias non refurbish.
    harganya juga cukup murah, Rp 4.392.000, nah pas sya scrol2 lgi jadi bertanya2 sya,
    trus klo onlineshop gt cek imei sma serial number nya gmana y mas ?
    mksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan yang bagus mas, Biasanya jika di online store terpercaya pasti akan memberi penjelasan kalo iphone yang di jual rekondisi/new, jika rekondisi dengan keterangan Apple Certified Refurbish/Refurbish. Kalo untuk iphone 5 new yang beredar di pasaran, padahal oleh apple tidak di produksi lagi pasti di sertai dengan Garansi Distributor, menurut saya ada dua kemungkinan pertama iphone tersebut memang benar new tp stok lama yang di beli dari luar negeri(bukan resmi indo), kedua iphone tersebut refurbish yang di pack sperti baru oleh distributor.

      Kelemahan beli iphone di online shop, kita susah untuk bisa ngecek. saran saya mending pilih yang pasti-pasti aja. kecuali beli iphone di online shop yang sudah menjadi distributor resmi silahkan baca Counter Resmi Apple iPhone Di Indonesia
      semoga dapat membantu

      Delete
    2. Mas saya di tawarin iPhone 5s 16gb ex international nah cara mebedakan nya sama distributor gimana?? Dan harganya 3jt masuk diakal ga mas

      Delete
    3. distributor itu yang mendistribusikan iphone dan Garansi international itu nama garansi regional luar indonesia. nah karena klaim susah maka garansi di cover distributor, mohon di pahami dulu.

      mungkin yang di maksud bedanya sama iphone rekondisi. cara ngebedainnya lihat nota pembelian kemudian cek SN di checkcoverage.apple.com apa purchased date nya sama/gak jauh beda. kalo beda jauh itu kemungkinan besar rekon

      saya sarankan beli baru yang resmi.

      Delete
  2. mas ada kontak yg bisa dihubungi ga atau pin bbm, mau tanya2 mas, saya mau beli iphone 4s 16 gb dengan harga 2juta, si seller ini bilang kalo barangnya selundupan tp sudah bekerjasama dgn pihak garansi trkait, dan garansinya itu adalah SES, apakah itu benar benar original atau bm, soalnya harganya ga beda jauh sama yg di pasaran, mohon pencerahannya mas terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah Saya Accept di hangouts gan, Sebaiknya agan cek imeinya, Kalo bener iPhone resmi indo pastri country purchased nya indonesia, dan cek juga Garansi sudah aktif atau belum atau expired.
      Jika sudah expired berarti itu bukan iphone new lagi gan. kalau garansi belum aktif ambil saja.

      Delete
  3. Mas saya mau nanya Iphone 5s kan sudah gak keluar lagi diIbox, Okeshop, Erafone dll. Garansi yang paling aman itu apa ya mas selain SES TAM? Apakah kaya garansi distributor seperti IndoBox, Platinum dan lain sebagainya itu terpercaya dan aman ketika kita mau Claim garansi.

    Mohon ditanggapi ya mas biar ga salah langkah. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iPhone 5s masih kluar kok mas, cuma sepertinya hanya tersedia untuk warna hitam dan putih, untuk yang gold sudah gak keluar lagi.

      Garansi distributor gak terjamin gan, sebaiknya pilih yang resmi-resmi aja biar mahal dikit tapi terjamin original dan awet, harga jual lagi juga lebih tinggi di banding dengan yang distributor.

      Delete
    2. kak kalau beli iphone di reseller resmi kayak di ibox infinite itu pembayarannya gimana cash uang langsung atau harus pakek kartu kredit??

      Delete
    3. Cash bisa kartu kredit juga bisa gan.

      Delete
    4. Menurut mas sigit dari saran2 sebelumnya bilang klo sebaiknya "Garansi distributor gak terjamin, jadi pilih yang resmi-resmi aja biar mahal dikit tapi terjamin original dan awet, harga jual lagi juga lebih tinggi di banding dengan yang distributor"!!
      Klo menurut mas, distributor yang bagus dan terjamin untuk penjualan iphone 5s yang MURAH dimana ya?

      Delete
    5. Kalo yang distributor agak susah mbak, kalo kepepetnya mau cari yang murah dan dari distributor mbaknya nyari aja yang garansi internasional (Unit iPhone bener-bener new bukan rekondisi tapi dari luar), karena garansi tidak bisa di klaim di indo biasanya pihak distributor atau toko mau mengcover garansi iphone tersebut jadi tetep aman walau gak resmi.

      Untuk dimana-dimana nya, kurang begitu tahu mbak, kalo mbak ada di jogja coba cari di JT, Ramai Mall, Amplaz, bilang aja sama mbak-mbak konternya nyari iphone garansi internasional.

      Delete
  4. mas mau tanya, kalau misalnya kita cek IMEI nya itu kan tertera tanggal, misalnya masa garansinya telah habis apakah akan tertulis expired atau tetap tertera tanggal masa kadaluarsanya ya? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akan tertulis expired mbak, amati di bagian ini
      repairs & service converage :expired
      Telephone technical support : expired

      Delete
  5. gan, rencana mau beli iphone 5s yg kata sellernya ori dan baru, trus ane minta imei nya.., http://i67.tinypic.com/rwrle9.jpg

    bagaimana menurut agan? tgl purchase nya 2013...
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. koq bisa gitu ya, repairs & servicenya tp masih lama, coba agan cek di selfsolve.apple.com yang lebih akurat

      Delete
  6. Mas sy bru beli ip 5s online 32gb dgn harga 5650.cek imei dan SN d websitenya tembus, tp garansi sudah expired. Jd hp sy itu ori atau refurbish ya mas? Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah expired berarti bukan iPhone baru, itu iPhonennya tetap original tapi sudah rekondisi atau refurbish.

      Delete
    2. Wah, sama dengan saya mbak. Pertama beli iphone 5, refurbish juga. Malah gak lengkap infonya. Trus dituker sama 5s, garansinya juga expired. Harus extra hati2 deh. Kapok beli di outlet abal2

      Delete
    3. Oh gt ya mas kalo soal iphone yg ga bsa silent kmera itu emg bner ada ya? Dn itu bner model jepang? Soalnya iphone ku gbsa silent kamera mas, mnta pnjelasannya ya mksh

      Delete
    4. setahu saya gak ada mbak,
      coba mbak kecilkan volume dering iphone dan coba lagi untuk ambil foto, apa masih berbunyi?

      Delete
    5. Masih bunyi mas, aneh sy juga tp wktu sy tanya k BEC bandung smua tukang konter bilang ip sy model jepang jd emang gbisa silent camera. Gt mas. Apa ada yg slh sm ip sy mas? Helpp huhuhu

      Delete
    6. saya kurang begitu tau mbak soal iPhone jepang kamera nggak bisa di silent, setahu saya semua iPhone harusnya bisa dalam mode mute suara shutter aka hilang.

      Menurut saya gak masalah selama iPhone kinerjannya masih baik-baik aja.

      Delete
    7. iya bener... pernah baca di artikeel. klo iphone yang dari jepang ga bisa di sielnt camera nya. itu perbedaannya.

      Delete
  7. apakah iphone garansi tam itu bagus? trus apa itu iphone refurbished? yang biasa dijual di online shop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iPhone garansi TAM bagus, karena Garansi TAM juga merupakan garansi resmi iPhone di indoensia mas,

      iphone yang di jual di online shop, saya tidak tahu mas, banyak spekulasi yang bisa di berikan bisa refurbih apple bisa juga refurbish distributor. beli refurbish di ol shop sebaiknya hari-hati

      Delete
  8. Gan minta cp nya dong mau nanya bnyak soal iphone +minta bantuan, ane msh awam soal iphone.

    ReplyDelete
  9. Mas kalo iphone yg gbisa silent kamera emg bnr ada ya? Dan itu model jepang? Soalnya iphone 5s ku gbsa silent kamera. Mhn penjelasannya ya mas. Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya tidak ada mbak,
      coba mbak kecilkan volume dering iphone dan coba lagi untuk ambil foto, apa masih berbunyi?

      Delete
  10. gan ane ngunjungin situs online bukalapak iphone 5 kbnyak garansi distributor.. ane smpt nanya sama pelapaknya katanya ini ori gt.. ane bingung klo blnja online soal hp belum bernai.. minta pencerahannnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran aja gan, kalo emang mau beli online cari seller yang mempunyai reputasi baik(Recommended Seller).
      coba tanya lagi apakah refurbished atau baru/ kalo soal ori rata-rata yang di jual memang ori, namun sekarang yang di khawatirkan itu iphone rekondisi/refurbished bukan dari apple, yang sedang banyak beredar.

      Delete
  11. Gan, ane mau nanya, ane mau beli iphone 5s garansi distributor yg brand new in box (bnib), itu berarti iphone stok lama tapi masih baru gan ya? Nah pas d cek imei, itu harusnya garansi nya ttp baru atau expired atau gmana gan? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. status iPhone baru yang belum di aktifkan jika di cek Serial number di selfsolve.apple.com kurang lebih seperti ini "Aktifkan iphone anda kami tidak dapat menampilkan detail perlindungan karena iphone anda belum di aktifkan. dan Seterusnya . . .", Kalo di iphoneimei.info saya lupa detailnya seperti apa

      dan setelah di aktifasi ketika di cek lagi munucul detail kurang lebih seperti di bawah ini singkatnya:

      Dukungan Teknis via Telepon: Aktif
      Perkiraan Tanggal Berakhir: 1 maret 2016 (3 bulan dari pengaktifan iphone)- jika "Expired" berarti iPhone rekondisi distributor

      Perlindungan Perbaikan dan Servis: Aktif
      Perkiraan Tanggal Berakhir: 1 Desember 2016 (1 tahun dari pengaktifan iphone)-jika "Expired" berarti iPhone rekondisi distributor

      Delete
  12. Mas saya mw tnya nie mohon dijwb yah .. saya kan mw berencana mw mnjual iphone sya nah kira2 ID iphonenya gmna yah .. Bsa gak dinonaktifkn ?? Kalau bsa gmna caranya yah ..
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau di jual signOut/keluarkan dulu carannya
      Masuk menu setting > Pilih pada iCloud > scroll kebawah tekan signout, akan muncul popup komfirmasi yang isinya "Keep on My iPhone" jika tidak ingin menghapus data dalam iPhone, pilih "Delete from My iPhone" jika di hapus.
      kemudian nanti akan di suruh masukin passcode masukin saja passcode nya lalu "Ok/Turn oFf".

      Delete
  13. mas mau tanya nih, kalo garansi distributor 1 thn platinum,the one dll itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana maksudnya?? bisa lebih sepesifik pertanyaanya mbak?.

      Tp coba saya jawab ya, garansi distributor tidak semua produknya rekondisi/refurbished, ada yang juga bener-bener new original apple dan ada juga yang refurbished resmi apple yang berlable Certified Pre Owned, jadi pinter-pinter mbak nya aja milih, yang berbeda hanya klaim garansi saja kalo resmi di apple center kalo distributor klaimnya di garansi distributor yang mencovernya misal b*ell dll

      Delete
    2. mas, berarti ketika kita nemu hp yg seperti itu yg Certified Pre Owned , apakah wktu di cek imeinya garansi nya ga expired?

      Delete
    3. iya gan, ketika di cek di checkcoverage.apple.com , muncul pesan bahwa iphone minta di aktivasi, dan ketika sudah si aktivasi maka ketika di cek lagi muncul masa garansinya sampe kapan,, lihat gambar di atas gan

      Delete
  14. Gan mau nanya, kalo kita udah aktifin iphone nih, kalo d cek d situs apple yg selfsolveapple keliatan kalo emg hp baru, yg mana garansinya setahun abis aktif, tp pas d cek di imeiinfo itu malah data nya ga ada detail rincian kayak yg biasa gitu, itu gmana ya mas? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kan muncul detail tanggal perkiraan Berakhirnya garansi 1 tahun kedepan mulai dari tgl pengaktifan.

      gak masalah gan, yang penting yang di selfsolve.apple.com nya terdeteksi. coba cek lain waktu biasannya bisa gan.

      kalo kurang srek sama permasalahan di tersebut coba kontak apple care.

      Delete
  15. gan saya kan abis beli ipin5s BEKAS kata sellernya dulu sih garansi international cuman udah abis, nah gimana caranya supanya terbukti bahwa iphone itu garansi internasional yg udah abis bukan refurbish soalnya abis cek imei di selfsolve.apple.com expired garansinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar saya luruskan gan, sebenernya tidak ada garansi international adannya garansi regional atau garansi yang hanya bisa di klaim di negara asal iphone tersebut di buat.

      gimana cara ngebedain rekondisi atau tidak di iphone garansi regional yang sudah expired?

      -cek nota pembelian dari iphone tersebut, kemudian cocokan dengan Estimated purchase date, jika sama/memiliki selisih yang tidak terlalu jauh di pastikan itu iPhone resmi dan bukan rekondisi.
      -cara cek Estimated purchase date bisa di iphoneimei.info atau selfsolve.apple.com

      Delete
  16. mas mau nanya, saya ada rencana untuk beli iphone 5s disebuah olshop di tokped yg sudah ada reputasinya. seller bilang barang tersebut rekon dengan garansi BBM. gmn mnurut mas? ditunggu infonya. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanyain lagi gan, rekondisi resmi apple yang berlabel Certified Pre Owned (CPO) atau rekondisi distributor, kalo Certified Pre Owned brarti bagus.

      Delete
  17. Gan mau tanya nih, saya nanya harga iphone 5 di global teleshop surabaya dan itu harganya 1-2 jutaan doang terus garansi resmi SES itu gimana ya ori atau gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkinsedang ada promo atau cuci gudang,kalo garansi resmi ambil aja gan mumpung murah

      Delete
  18. Maaf mas saya mau tanya garansi bcell,platinum,dll apakah garansi distributor resmi atau tidak?
    Mohon penjelasanna mas trims

    ReplyDelete
  19. Kak mau nanya ni , aku ditawarin temenku ip5 hrgnya 3,3 , tp itu garansi ex jepang , itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo harganya cocok dan kondisi masih bagus kenapa enggak gan.
      Garansi inter yang sudah expired sudah susah di identifikasi rekon atau nggak.

      Delete
  20. Gan sigit, follow sama di hangouts gan saya mau tanya tanya

    ReplyDelete
  21. Mau nanya mas. Saya lagi pilah2 penjual iphone yang menurut saya lumayan terkenal. Saya lagi nyari iphone 5s baru,walaupun udah sangat susah nyarinya. Saya nemu salah satu penjual yang masih punya iphone 5s baru, dengan kisaran harga 4,8juta untuk yang 16 Gb. Menurut mas itu beneran baru apa rekondisi ??/

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga bukan menjadi satu-satunnya patokan, tapi kalo di lihat dari harga segitu menurut saya kemungkinan rekond, karena sekarang iPhone 5s 16gb new garansi international aja harga berkisar di 6,3 jutaan.

      langsung tanya aja sama si seller refurbish atau bukan, kalo dia udah punya nama kemungkinan kecil mau nipu.

      Delete
  22. Saya trauma membeli iphone garansi distributor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya lebih teliti lagi kalo mau beli iPhone garansi distributor gan

      Delete
  23. Bro sigit ada no yh bisa saya hubgi ada saya mau tanyakan sputran iphone 5s

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa langsung di tanyakan di komentar aja gan, atau menggunakan halaman Contact US, atau juga bisa invite saya di hangouts

      Delete
    2. Gini gan kan saya niat beli iphone 5s dan ada salah 1 conter bsar dan trnama di kota saya tanya harga iphone 5s 16 GB hrgax 5.400juta dan saya tanya sama pmilik conter ini ip5s refur bukan . Pmlikik conter mnjawab klo iphone 5 refue klu Iphone 5s NEW di jamin bisa cek klo ada apa apa bisa bwa keconter ini lagi kira kira gimna ya bro sigit soalx saya tidak prnah mngunakan iphone jdi masih hwam lah

      Delete
    3. Jika sudah begitu, saat akan transaksi kamu bisa cek SN di selfsolve.apple.com jika iPhone belum aktif dan minta di aktifkan itu bener iPhone new bukan rekondisi/ refurb.

      Delete
    4. Kata pmilik conterx blg gtu bro di jamin klo ada apa ala balil keconter lagi klo iphone 5s ini NEW klo iphone 5 refur katax jdi gimna ya bro sigit

      Delete
    5. Kalo refurb resmi apple kotaknya di bagian depan cuma blank puti dan di bagian bawah ada tulisan Certified Pre Owned, kalo refurb distributor kotaknya seperti iPhone baru pada umumnya saya sarankan jangan beli iPhone refurb distributor.

      Jadi ambil aja, tapi sebelumnya jangan lupa cek imei dan serial number untuk memastikan iPhone benar-benar new.

      Delete
  24. Bagi mana ya bro sigit warmax gold ada kontak yg bisa sya hubgi plis bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirimkan Nomor agan ke sigitcountzoro@gmail.com

      Delete
  25. Gan saya kan punya rencana buat beli iphone 5/5s tapi yg bekas, tolong kasih tau caranya memilih iphone yg masih bagus dan gimana cara mengetahui itu iphone beneran ori international atau bukan, dan kasih tau juga caranya mengetahui headshet dan chargernya masih ori atau bukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan, silahkan baca dulu panduan membeli iphon bekas , tambahan usahakan beli iPhone bekas yang dulunya memiliki garansi resmi indo, dan jangan lupa di sertai bukti nota pembayaran dan bekar kartu garansinya, lebih bagus lagi kalo garansinya belum berakhir, adapun Garansi resmi indonesia antara lain Erajaya group, PT Sinar Eka Selaras (SES) atau PT Teletama Artha Mandiri (TAM), PT Surya Citra Multimedia, PT Mitra Telekomunikasi Selular dan Trikomsel

      Delete
  26. mas saya mau tanya kalo saya mau beli iP 5s tapi garansi BBM,menurut mas gmna ya? mohon saranya dan terimakasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh saya malah baru tahu ada garansi BBM, tapi yang saya tahu itu bukan garansi resmi iPhone di indonesia, mungkin masuknya sma seperti garansi distributor seperti B*C*LL, Pl*tin*m dll.

      Delete
  27. harga iphone 5s yang 16gb di distributor resmi sekarang kisaran berapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga iPhone 5s 16gb sekarang udah terjangkau, cuma 6 juta untuk di emax, erafone dengan garansi TAM

      Delete
  28. Mas,mau nanya nih.. Saya pengen beli i phone 6 yg saya dapet dari BC BBM temen saya katanya harganya itu Rp 2.900.000 garansi ses.. 100%.. Nah menurut agan nih kira2 itu barang asli apa nggak yah? Saya masih awam masalah i phone

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya iPhone 6s itu hargannya masih di atas 8 jt itupun yang distributor apalagi yang garansi resmi SES.

      kalo iya bisa jadi itu super copy/iPhone 6 replika, atau malah tipu-tipu.

      Delete
  29. mas i5s refu resmi dah ada pa blm ya sekarang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. refurbished resmi 5s asti udah ada, tp nyarinya yang sudah gan

      Delete
  30. Mas mau tanya, sya rncna mau beli iphone 5s, sya tnya di ibox hrganya 6 juta yg 16 gb, wrna yg trsedia tgl perak sm hitam, garansinya apple care 1 tahun. Itu garansinya resmi atw tidak ya mas?
    Mohon dibalas ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan garansi resmi Apple, Tam,SES dan sebagainya itu adalah distributor resmi apple untuk di indonesia.

      Delete
  31. Mas need ur help banget, kan rencana mo beli ip6. Yg 16gb harga 8,6jt sedangkan 128gb harga 9,8jt. Garansinya BBM. Pas di cek SN nya expired. Tp tokonya trusted katanya. Menurut mas gimana? Thanks a lot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli yang garansi resmi aja gan, nggak ada resiko dapat yang rekondisi. untuk iPhone 6 sekarang sudah banyak rekonnya.

      Delete
  32. Maaf mas boleh minta id line nya, saya mau tanya tanya mas

    ReplyDelete
  33. hallo mas sigit. saya lagi nyari2 iphone 5s di salah satu toko di kota saya. niatnya nyari yg seken tetapi ujung2nya cece nya nawarin yg ori sih katanya. iphone 5s 32gb harga nett 5.200.000 garansi international dan claim bisa ke tokonya. tapi saya ragu untuk mengambilnya karna skg lagi maraknya iphone rekon. minta sarannya dong mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga gan Deni, saran dari saya mending beli sekalian baru saja,masalah harga iPhone 5s resmi dan international tidak beda jauh koq, sekarang iPhone 5s 16gn di iBox sudah 6juta, 5.200.000 tinggal nunggu atau nabung bentar aja sudah terkumpuh tuh 6 jt

      Delete
  34. Hai gan, saya berniat membeli iphone 5s 32gb di distributor resmi yaitu erafone atau ibox, tapi stock iphone 5s yg 32gb tidak ada dan sangat sulit didapatkan, yang ada hanya 16gb. Yang jadi pertanyaan saya, apakah iphone 5s 32gb sudah tidak diproduksi lagi ? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya iya, saya cek di website apple masih ada tp untuk di indonesia sepertinya udah nggak ada gan. kemungkinan dari distributornya cuma nyetok yang 16gb aja.

      Delete
  35. Om....saya baru beli iphone 5s 64gb, kata yg jual garansi internasional dan blm aktif. Tp setelah unboxing kok isinya garansi dr bbm. cek imei di apple.com terdaftar sih tp gak ada tanggal garansinya. jd bener garansi internasional atau gimana? garansi internasional isi boxnya garansi apa sih? sellernya janji 1 thn bs tuker baru kl bermasalah selama gak kebanying

    ReplyDelete
    Replies
    1. garansi international biasanya juga di cover sama garansi distributor gan, tujuannya supaya klaim garansi mudah bisa ke distributor tanpa harus pergi ke service center tempat iPhone berasal.
      mengenai kelengkapan ya seperti iPhone baru pada umumny gan, semua original, dan ketika iPhone belum aktive dan di cek i situr sermi apple selfsolve.apple.com bakalan muncul tulisan untuk segera aktifasi iPhone. kemudian ketika telah di aktivasi dan di cek lagi, di situs resminya garansinya akan berakhir pada tanggal yang sama dengan pas agan aktifasi di tahun depan. misal pada pada tgl 01/02/2016 maka yang tercantum garansi aan berakhir pada 01/02/2017.
      kurang lebh seperti itu gan

      Delete
  36. Haloo Mas,mau tanya. Saya rencana mau beli iphone 6s tapi di Ibox ato store resmi Apple indonesia kan blm tersedia. Naah ada trusted seller di Online menawarkan Brand new dan lebih murah. Tapi garansi internasional. Itu gimana tuh mas? Beneran iphone Original apa engga? Trus amit-amit klo bermasalah iphone nya saya klaimnya ke seller itu ya,ntar gimana??? Soalnya denger-denger iphone itu aga terkendala sama garansinya yg lambat,karna proses pengiriman keluar negri dan nyangkut di bea cukai indo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga mbak sania, maaf baru bisa menanggapi pertanyaan hari ini dikarenakan hari-hari lalu sedang sibuk.
      Oke langsung saja, memang iPhone 6s belum tersedia di distributor resmi seperti iBoxemax dan yang lainnya, nah mau nggak mau kal sudah ngebet pingin beli iPhone 6 s jalan stu-satunya ya beli pada distributor non resmi. yang bisanya di sebut iPhone garansi international.
      iPhone garansi international itu resmi karena biasannya di beli di store apple resmi di negara yang telah tersedia iPhone tersebut, namun agar lebih meyakinkan keaslian dan kebaruannya sebaiknya cek terlebih dahulu serial numbernya pada situs resmi apple selfsolve.apple.com. Mengenai klaim garansi karena iPhone garansi international hanya bisa di klaim garansinya di tempat apple tersebut di luncurkan maka bisanya pihak distributor/penjual mengcover garansi tersebut agar memudahkan pembeli saat klaim.
      saran untuk menghindari rasa waswas, sebaiknya pilih penjual atau distributor yang sudah cukup besar dan terkenal sehingga minim kemungkinan mereka bisa lari dari tanggung jawab untuk klaim garansi.

      semoga bisa membantu.

      Delete
  37. mas saya mau tanya ni, tips kalau belanja iphone 5s di ebay itu gimana? apakah itu refurb dari applenya? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di ebay sama aja kaya la*ada gan semua ada di situ rekondisi maupun yang baru cuma sekalanya lebih besar.

      soal tips mohon maaf saya nggak berani kasih tips soalnya belum pernah belanja di sana gan.

      Delete
  38. Permisi gan sigit, butuh pencerahan hehe. saya mau beli iphone distributor non resmi. katanya sih Bergaransi 1 Tahun indonesia dan appel center Singapura. IMEI dan SN belum aktif masa garansinya, katanya(saya belum mengecek). Cek IMEI dan SN belum aktif garansinya, “Apakah Itu Sudah Membuktikan” bahwa iphone tersebut dijamin ORIGINAL dari iphone dan belum diotak-atik oleh seseorang untuk dijual kembali? dan pertanyaan terakhir, semisal iphone kita bermasalah, katanya bisa dapat tukar iphone Baru lagi, tetapi harus menunggu 1-2 bulan untuk masa kirim ke singapura mendapatkan sebuah iphone NEW kembali, dan kita harus menunggu pengepul iphone yang bermasalah kemudian kirim ke singapura bersama sama, denger denger sih gitu, apakah benar gan? dan kekurangan iphone dari singapura apa ya? cukup sekian dan terimakasih gan sigit, mohon pencerahannya:)

    ReplyDelete
  39. Misi agan sigit
    Mohon sarannya saya sedang mencari ip5s 32gb kira2 yg di jual di erafone masih ada ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sekarang yang masuk indonesia cuma varian grey dan silver storage 16GB gan. yang 32GB masih produksi tapi nggak masuk indonesia,, mungkin bisa dapat di garansi international

      Delete
  40. Mas, bagaimana dgn garansi distributor Berrindo,, apakah itu termasuk garansi resmi di indonesia, trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya berindo bukan distributor resmi apple iPhone gan,

      Delete
  41. Mas mau tanya, iPad saya semenjak upgrade ke iOS 9 jadi tidak bisa download di APP store, terus saya coba download pakai wifi juga ga bisa, tapi jika ingin cari game pada menu pencarian itu bisa nemu mas, pokonya gambar video semua bisa di lihat, setibanya di download itu ga penuh2 buletan nya, udah juga saya Reset pengaturan iparnya juga ga bisa mas. Mohon infonya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan file update nya mengalami crash saat download. itu kan masih ios 9 coba updet ke iOS 9.2.1, atau coba bawa ke service center gan.

      Delete
  42. gan sebenarnya sekarang harga iphone 5S yang bener yg mana sih? hehe soalnya gw cek di Global harganya 8.999.000 dan gw search di google semua rata" 5-6juta hehe.. klo di IBOX berpa ya? soalnya ibox sama rumah gw jauh ga bsa cek hehe makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih gan, namun hanya tersedia dengan varian warna grey dan silver dan storage 16gb saja.

      sekarang lagi ada promo harga di ibox, emax, erafone, global 4.799.000, promo sampe tgl 9 maret 2016

      Delete
  43. Salam kenal mas, Saya mau nanya, kemaren saya cek serial number iphone 5 milik saya disana tertera "Dukungan Teknis via Telepon: Berakhir
    Anda berhak membeli dukungan teknis via telepon dari Penasihat Apple" ini maksudnya apa ya?? pengaruh ga mas sama iphone saya yang kadang bisa melakukan panggilan keluar dan kadang ga bisa (call failed)..Atau ada kerusakan lain yang menyebabkan iphone tidak bisa melakukan panggilan keluar..
    mohon penjelasanya mas.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga gan Done, Dukungan Teknis via Telepon :berkahir maksudnya seperti yang tercantum yaitu dukungan teknis via telepon secara gratis itu sudah berakhir, biasannya itu hanya 3 bulan saja gan. yang penting Perlindungan Perbaikan dan Servis nya masih aktif dan belum expired masih bisa klaim di apple service center. dengan catatan iPhone yang agan beli merupakan iPhone resmi dalam negeri bukan garansi international dsb.

      Delete
  44. Betul kata mas sigit, mending beli yg resmi. Ak lagi cari 5s resmi. Adanya tinggal space grey 16gb.ada yg tahu yg gold cari dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang resmi gold udah gak keluar gan,, kalo ada mungkin ya setok lama.

      Delete
  45. mas mau nanya garansi apple tu sebenernya berapa lama ya ?
    kan saya baru beli ip 5s selama 3 bulan eh pas saya cek di link gan share tu ternyata garansinya udh expired menurut gan itu iphone rekondisi ato gimana ?? soalnya saya beli di distributor dan kertas garansi yg dikasih tu kertas garansi platinum.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 tahun gan, kemungkinan besar itu iphone rekon,, usahakan beli dari distributor resmi apple gan.

      Delete
  46. Mas apa ada bedanya iphone redurbish/baru dari distributor non resmi seperti platinum...

    Saya sekarang pegang ipon5 garansi Platinum Bless, saya beli bekas dari konter temen saya, udah saya jatuhin berkali2 alhamdulilah gak ad yg rusak, tapi pas saya cek imei infonya semuanya cocok kecuali Serial number d handphone dan kardus beda bgt, dan saya d dalem box ada satu lembar manual menampilkan ios 8 , headset ipod dan chargernya standar non indo karna sama ma colokan charger hp malaysia milik saudara...

    Yg pengen saya tau ipon ini asli atau refurbish, biar seandainya saya jual lagi pembelinya tidak merasa d bohongi...

    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda iphone refurbish dan iphone distributor non resmi.
      iPhone refurbish (iphone bekas di pack baru) itu produk iphonenya dan distributor itu yang mendistribusikan iphone tersebut.

      klo second ngecek refurbish atau bukan agak susah gan apalagi buka iPhone resmi dalam negeri.

      namun kalo di lihat dari serial number yang udah beda yang kemungkinan refurbish atau replacement dari garansi apple.

      Delete
  47. Replies
    1. silahkan gan langsung tannya aja,,, kalo bisa saya jawab pasti saya jawab.

      Delete
  48. upgrade ke ios 9 mungkin langkah yang bagus, airplay kan fitur bawaan gan jadi harus jb kalo mau ngehapus.

    ReplyDelete
  49. Assalamualaikum mas,saya ingin bertanya nih.sebelumnya saya sudah membaca comment2 dari atas kebawah tapi ane belom dapet jawaban dari yang ane pikirin.

    Singkat aja nih gan,kemaren malem ane beliin pacar ane iphone 5s grey 32gb. Ya saya juga pengguna iphone 5s awal feb'14 jd saya sedikit paham dengan kondisi iphone yang sudah tidak menguarkan memory yg lebih dari 16gb utk garansi resmi,tetapi terkadang distributor ada yang ngambil barang rekon dr applenya dengan backup garansi dari platinum nih. Nah ini pemikiran saya inget ini disaat saya sudah membeli barang.

    Akan tetapi,sebelumnya saya bertanya kepada si penjual menanyakan ini rekon atau bukan eh kata si penjual engga tp dlm hati saya pasti iya,tapi yang ane khawatirin sekarang ane itu lupa cek imei karna saking senengnya mungkin yg beliin si doi hehe pas udah di buka box nya baru tuh ane udah kan cek imei nah ternyata itu garansinya udah expired,lantas itu rekon dr distributor kan? Nah intinya pertanyaan,karna saya terlanjur mendapatkan rekon distributor bukan dari applenya,apakah itu berakibat fatal buat saya untuk pemakaian jangka panjang?itungannya barang second?atau baiknya saya komplen ke si penjual? . Terima kasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf sebelumnya baru sempat membalas komen agan, di karenakan sedang sibuk.

      Sebelum saja jawab terlebih dahulu sya mau bertanya, ketika melakukan cek imei iPhone apakah iPhone sudah di aktivasi, jika belum maka maka jika di cek di iPhoneimei.info maka akan terlihat statusnya sudah expired, namun ketika di cek di checkcoverage.apple.com maka status iphone belum aktif dan di minta untuk segera mengaktifkan iphone tersebut.

      namun jika kondisi di atas sudah terpenuhi betul jika itu iphone rekondisi, beli iphone rekondisi distributor itu bisa di bilang untung-untungan, karena ada yang dapat yang masih bagus tp juga tidak sedikit yang dapat yang sudah jelek. kalo sudah begitu komplenpun saya rasa sudah susah si, paling ujung-ujungnya ganti di tukar dengan produk yang sama yang masih baru itupun kalau iphonenya terdapat gangguan atau rusak. dengan catatan masih dalam masa garansi toko/distributor. tp sebaiknya di coba di tanyakan ke penjual juga gak papa gan.

      semoga membantu

      Delete
  50. mas saya mau tanya, kekurangan iphone refurbish apa saja ya? apakah jadi gampang lemot, ato gampang error? trs iphone yang dari platinum dll itu sudah pasti refurbish apa tergantung? trs kalo accessories bawaan iphone refurbish itu katanya kw ya, apa betul?mohon dijawabnya saya masih awam sekali... trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iPhone refurbih dari apple kualitas ttp terjamin dan bagus seperti iPhone baru pada umumnya, tp kalo yang refurbished bukan dari apple sering terdapat kasus hardware cepat rusak, dll (sangat tidak di rekomendasikan)

      Delete
  51. Kak mau nanya,kmaren sempat jalan2 ke salah satu toko hp,disana di jual iphone 6s plus rose gold 64gb garansi distributor,setelah sy cek imei dan No SN nya hp nya blm di aktipkan kak,cuma kemasan dus nya udah segel toko,kata pegawai toko nya emang mereka segel ulang dus nya karena waktu ambil barang mereka ngecek isi dalam dus apakah ada yg lecet atau gak,kira2 itu hp asli atau gmn ? Trima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Imei dan SN tembus dan blm aktip kak,klo hp palsu / replika seperti artikel di atas imei dan sn tdk bisa terdeteksi ya kak ? Soal nya takut hp replika HDC yg bener2 99% sama sprti ori,bahkan menggunakan sistem ios juga,hbs nya di ibox erafone dkk ip 6s blm keluar kak,mohon pencerahan nya

      Delete
    2. iyap gan,,, kalo lebih yaki lagi cek fisik soalnya fisik bakalan kelihatan banget fake atau asli

      Delete
    3. Makasih kak,jd lebih tau
      Lebih banyak tentang iphone,jd brg distributor gak selama nya jelek,yg penting kita nya pintar2 milih dan lebih teliti

      Delete
    4. iya bisa di bilang begitu,,,

      Delete
  52. selamat malam mas sigit. saya ingin meminta pendapat dan sekalian konsultasi. saya berencana akan membeli iphone 6 dengan garansi bless. menurut mas sigit, amankah garansi bless tersebut ? dan apabila saya akan membeli iphone dengan garansi bless tersebut, apa yg harus saya cek ? terimakasih mas, ditunggu jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan saya nggak bisa ngomentari brand atau merk yang agan maksud.

      Jika mau beli di iPhone yang bukan distributor resmi sebaiknya cek dulu. imei dan SN nya

      Delete
  53. Mas saya nanya di toko online masa harga iphone 6s cuma 3,7jt dan original. Apakah kira kira benar? Tapi si penjual mau COD mas, gimana ya mas? Penjual itu penipu kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fake gan, iphone 6s harga kisaran 10 sampai 12jt

      Delete
  54. Gan klau iphone certified pre owned itu bgus gk..?
    Tpi mslahnya, iphone CPO tsb garansi nya garansi pl*tinum, apa itu recomended gan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus gan, asal bener-bener Apple certified pre owned, seelah aktifkan iphone coba cek imei dan sn nya di checkcoverage.apple.com kalo bener maka ijo semua hehe :)

      Delete
    2. Tetep rekondisi distributor gan. Itu cuma dus nya di samain biar keliatan resmi cpo.. CPO resmi biasanya di jual di garansi resmi juga

      Delete
    3. sebenernya sama juga dengan yang new garansi international, ada yang bener-bener refurbish by apple dan juga ada yang rekondisi dari distributor.

      hurs bener-bener teliti kalo mau dapet yang bener-bener dari apple, sempet kemarin ngobrol-ngobrol dengan teknisi distro apple di jogja, dia bilang dan saya kutip "produk refurbish itu nggak ada yang masuk indo seacara resmi", artinya iphone cpo yang beredar sekarang itu di distribusikan oleh distributor non resmi.

      Delete
  55. Mas bro..kalau di ramai mall toko yg trusted bwt beli ip 5s tau namanya gak??

    ReplyDelete
  56. Mas sigit saya mau tanya, saya berniat ingin membeli phone 5/5s yg bekas, gimana cara bedain yg ori dengan yg palsu, terus ketika saya tanya itu hp gransi ex internasional, tolong kasih saran dong mas, soal ny pengetahuan saya tentang iphone minim. Mksh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau beli iphone second sebaiknya cari yang ex garansi resmi ibox, ses, trio, tam, erafone dan emax. cek nota dan kartu garansinya jika selain garansi di atas not recommended

      Delete
  57. Salam kenal bro sigit , ane mau tanya nih untuk cek IMEI sama SN iphone itu bs dr boxnya apa harus aktifasi Iphonenya terlebih dlu ? Terima Kasih sebelumnya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu di boxnya gan nanti kalo SN nya di cek di checkcoverage.apple.com kalo emang baru maka dia belum aktif dan minta di aktifkan

      Delete
    2. Gan,, kalau sekarang ini beli iphone 6s dr penjual online aman gak ya..? Kayanya baru iphone 6 yang banyak refurbishnya.. Blm punya pengalaman jg beli iphone dr penjual online..

      Delete
    3. kalo aman nggaknya si tergantung si penjual gan, kalo mau beli online usahakan selektif milih tokonya

      Delete
  58. Halo gan,ane mau tny gan kmrn ane beli iphone 5s di telesindo shop,nah sblmny ane prnh baca artikel ente ttg toko mana aj yg resmi jual ipon tp si telesindo ngga ente cantumin,nah prtnyaan ane telesindo itu termasuk toko resmi bkn ya gan? Iphone yg ane beli sih garansi trio. Trs ipon ane cpt panas gan kalo di pake sbntr aja dia udh anget tuh gan padahal sinyal full(3g),tapi pas ditaro meja 2mntan panasnya langsung ilang(ane ga pake case2an)kira2 ane complain ga yah gan ke tokony/trionya?atau memang tiap iphone cepat panas kah?Makasi gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dia jual dengan garansi resmi yang tercantum berarti toko tersebut juga toko resmi. kenapa belum tercantum, karena belum masuk dalam radar penulis gan. ya nanti akan saya update artikelnya.

      diagnosa saya mungkin banyak banget aplikasi yang berjalan di background dan menggunakan jaringan internet. non aktifkan dulu aplikasi yang kirannya nggak perlu, dan juga sebisa mungkin rajin update aplikasi di appstore jika ada pembaruan, numpuk aplikasi yang minta update juga bisa nambah beban iPhone hlo.

      semoga membantu

      Delete
  59. kak mau nanya bedanya
    apple garansi distributor resmi dan non resmi itu apa ya? trus klo misal pgn beli apple yg garansinya platinum 1th itu termasuk distri resmi apa bkn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca lagi komen temen-temen di sini, sudah pernah ada yang nanya kayak gitu.

      distributor yang anda sebut itu bukan distributor resmi, lain kali jgn sebut merk ya sis kalo komen.
      thanks

      Delete
  60. Mas mau negesin apa benar yg cpo tapi garansi platinum itu bgus ya? Soalnya ane pernah beli ip 5 cpo tapi dalemnya amburadul ga jelas, bahkan sekarang udh banyak bgt cpo yg garansinya gajelas, mungkin mereka tau masyarakat udh muak sama ip refurbish ala ala mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah kalo barang ngga resmi gan, gak ada jaminan gak ada standar yang jelas,,, kemarin merka jual yang bagus belum tentu sekarang juga mereka jual yang bagus juga.

      sayangnya ditributor resmi apple nggak ngejual iPhone refurbish, pilihan amannya ya beli baru yang resmi atau kalo mau lebih murah beli second tp resmi(ini pun belum juga bisa menjamin dapat iPhone yang bagus atau udah rusak).

      Delete
  61. mas mau Tanya, saya mau beli iPhone 5s. saya mau beli dari b*kal*p*k.. dia bilang iPhone 5s refurbished grade a+ ori. saya Tanya, dia bilang iPhone nya refurbished apple grade a+, namun untuk acccesories nya dr cina. tp grade a+. garansi distributor.. bagaimana?

    ReplyDelete
  62. sedikit mau tanya, toko online yang gan rekomendasikan untuk penjualan iphone original kl ada apa ya gan?
    saya bingung untuk membeli iphone baru karena kawatir dpt KW, tolong sedikit di share ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibox.co.id, oke.com, erafone, globalteleshop.com sementara itu gan yang masuk radar saya

      semoga membantu

      Delete
  63. mau nanya om sigit, apakah masih worth it klo beli iphone 5s sekarang untuk kedepan pasti upgrade ios2 trs, soalnya bgung mau beli ip 5s atau ip se

    ReplyDelete
    Replies
    1. worth it banget gan, iPhoe 5s menurut saya masih tergolong new device.

      kalo mau lebih bagus pilih iPhone se aja lebih sangar hehe

      Delete
  64. Mas Sigit saya mau tanya, saya rencana mau beli Iphone 5S kardus bertulisan certified pre-owned tapi garansi platinum 1 tahun. Kata seller nya HP ori CPO dari pihak apple tapi aksesorisnya OEM. Mending saya ambil apa tidak ? Terus katanya juga didalam box ada stickernya juga

    ReplyDelete
  65. gan, klo pgn bli ipin 5S gold yg garansi distributor kyk B*ell , The On* atw Pla**num, yg harus ane tanyain ke penjualx apa aja ya?
    soalnya lumayan di harga, kisaran 3jt lbh dikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama tanyain yang di jual iPhone refurbish bukan, kalo refurbish sebaiknya jgn di beli. selebihnya silahkan langsung cek serial number dan imeinya

      Delete
  66. mas saya mau tanyak,apakah iphone 5s masih diproduksi atau kah tidak di produksi lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iphone 5s masih produksi untuk yang seri 16gb dan 32gb, tapi yang beredar di indonesia untuk yang garansi resmi cuma yang 16gb aja

      Delete
  67. Mau tanya, kan iphone 5 udh ga di produksi lagi, tapi di toko dekt rumah saya ada yang jual iphone 5 garansi tcell, itu bagus ga garansi nya soalnya saya mau beli iphone 5

    ReplyDelete
    Replies
    1. tcell untuk waktu saat ini bukan dari distributor resmi gan,, bagus nggak nya saya belum tau, saya juga belum pernah beli di sana. lakukan rangkaian pemeriksaan seperti artikel di atas gan biar gak dapat iphone yang rekond.

      Delete
  68. Gan mau tanya,ane kan mau beli i6 pas mau cek imei bisanya cuma cek yang didusnya,karena kondisi dus keadaan segel,kalo segel kebuka wajib beli, takutnya kalo imei d dus sm di i6nya beda..kan kalo dus bisa diganti.. kalo kaya gini gimana?? terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kayak gitu cari penjual yang bersedia buka segel tp gak wajib beli jika ternyata iPhone yang di jual rekondisi. terkecuali beli iphone dari distributor resmi, cek di dusnya aja sudah cukup

      Delete
  69. gan mohon pencerahannya.. di pasaran online kaskus,bukalapak,olx, bnyk yg jual iphone 5c kondisi 90%-98% second ex internasional,harga 2.15-2.300 itu gmn pendapat mas sigit apakah worth it dgn harga segitu, dgn pertimbangan mesin atau pemakaian kedepannya lah, plis ya bales hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udh ex garansi internasional udah susah ngebedain rekondisi apa bukan. 5c untuk second emang segitu si kisaranya gan( worth it sih, tapi gak tau juga karena bisa aja mereke mainin harga).

      Delete
  70. Permisi mas mau nanya, kan sya mau beli iphone SE yg bru2 d rilis, tp kan blum ada d ibox , nah sya dpt toko yg pesankan brgnya, cuman katanya garansi internasional (brand new) apakah iphone tersebut bagus atau tidak? Makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iphone se baru aja release, kemungkinan ada rekondisianya masih kecil banget, tapi ttp cek SN nya dulu aja supaya lebih yakin.

      iPhone nya ttp bagus, tapi nanti kalo garansi inter biasanya di cover juga sama garansi ditributor, maka kalo ada apa-apa sama iphonenya nanti komplain nya ke tempat agan beli itu iphone.

      Delete
  71. Halo mas sigit
    Saya ada beberapa pertanyaan tentang keaslian iphone 6s plus
    Saya rencana mau membeli Iphone 6s plus yang ori dan bergaransi internasional
    Tapi pada saat mau beli pasti saya nanya iphone 6s plus itu garansi mana ? Pasti di jwb sama penjualnya bergaransi internasional dan barangnya ori .
    Tapi kemaren temen saya bli iphone di tanya ori dan garansi internasional gak ?
    Katanya iya . Rupanya saat pulang kerumah di cek imeinya rupanya garansinya dah expired.
    Misalnya pas mau beli saya minta no serial number or imei untuk mengecek keasliannya
    Apakah saya bisa langsung cek di " check coverage " ( apple.com )
    dalam kondisi iphonenya masi segel dan sama skali blm dibuka ?
    Misalnya bisa cek di "check coverage " dalam konsidi segel
    Kira kira kata kata yg akan muncul saat mengecek di " check coverage " nya apa ?
    Untuk mengetauhi keaslian iphone tersebut
    Dan kira kira harga iphone 6S plus 16gb dengan harga Rp 8.500.000++
    Kemungkinan ori gak ya ?


    Thank you



    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika melakukan check SN di checkcoverage.apple.com kalo iphone baru belum pernah di aktifkan maka yang mucul:
      -------------------------------
      Perlindungan Layanan dan Dukungan
      Aktifkan iPhone Anda
      Kami tidak dapat menampilkan detail perlindungan karena iPhone belum di aktifkan ....
      ------------------------

      harga segitu wajar gan, untuk yang 16 gb. semoga membantu

      Delete
  72. Tanya,kemarin ada temen beli ip 5 16gb harga 2,4jt. Trus katanya aski dan bkn barang refurb. Jadi sy tertarik utk beli jg. Menurut mas harga ip 5 16gb wajar segitu gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar gan untuk iphone 5 16gb second, harga bukan patokan gan ttp cek fisik dan lain-lainya.

      Delete
  73. Setelah saya baca comment2 diatas dapat disimpulkan bahwa Iphone yang garansi TAM dapat dipastikan bukan refurbish ya mas sigit, soalnya saya mau beli Iphone 6 16gb harga 7jt garansi TAM di gerai Apollo store mas, menurut mas sigit harga tersebut worth nggak atau bisa dibilang itu rekondisi bukan? Mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teletama Artha Mandiri (TAM) juga merupakan distributor resmi untuk iphone jadi yang garansi TAM bisa di pastikan bukan iPhone rekodisi.

      Harga segitu untuk iPhone 6 16GB wajar gan karena memang harga pasaran segitu.

      Delete
  74. Mas sigit, kalo beli iphone se online di salah satu olshop Indonesia, nanti jika ada kerusakan klaim garansinya kayak gimana ya? Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu cuba tanyakan sama toko yang jual gan, kalo di tokopedia dan bukalapak biasanya kan ada detail informasi penjual.

      Delete
  75. Ini ane mau tanya gan, tentang kebenaran iphone jepang. Ane beli iphone 5c dr orang second nah katanya dr jepang soalnya shuter kameranya gl bisa di silent. Dia beli baru kyanya emng refrubisan beli di toko di amplaz bawah sebulanan lalu. Nah itu bisa aman gak ya nanti kedepannya?

    Bener refurbis apa bener jepang gan, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman gak nya itu untung-untungan gan kadang kalo dapat yang masih bagus ya untung bisa tahan lebih lama dan sebaliknya.

      refurbihs jepang (iphone rekondisi/refurbihs yang dulu pas baru keluaran dari jepang)

      Delete
  76. Mas sya mau tanya,ada counter hp yg nawarin sya iphone 6plus seharga 7,7jt dan katanya dya blg ini hp garansi international dari singapura dan ini hp original.kira2 ini bukn rekon ya?krn sya takut dibohongin sama penjualnya.trus cara ngechecknya gmn klo itu ori atau bukn?krn kardusnya masih disegel.mohon bantu infonya...tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba terapin seperti tutorial di atas mas,,, kalo masih segel coba lihat SN sama IMEI nya di dus

      Delete
  77. maaf mas saya mau tanya nih rencana saya mau beli iphone 5s bekas tp udah ex garansi SES sih yg perlu ditanyakn apa ya mas? soal ya saya masih bingung mau beli iphone new distributor apa yg bekas mohon bantu ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. serial number buat ngecek di checkcoverage.apple.com sama imeinya, coba ikuti tutorial di atas mbak, kemudian tantain kartu garansi sama nota pembeliannya buat ngebuktiin bener dari SES atau bukan.

      Delete
  78. Hallo Mas Sigit Kuncoro..
    Mo nanya nih, gimana caranya klaim garansi iphone di singapura. Syarat-syarat nya apa aja gitu? Soalnya ada yg nawarin saya iphone 5s gold, garansi International singapura dan belum di aktifasi. Serta harganya pun di bawah dikit sama yg dijual di i*ox di kota saya.
    Thanks sebelumnya, jikalau salah kata tulis saya mohon maaf.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. garansi internasinal bisanya juga di cover sama garansi distributor gan, jadi klaimnya ke distributornya atau tokonya. kalo mau ke singapura juga bisa mungkin bisa ke apple service center nya di singapura.
      kalo saya mending yang di ibox aja gan hehe. aman

      Delete
  79. Hallo mas sigit, mau nanya dong. Aku kan udah lama nunggu iphone 6s dijual di ibox, karena aku percaya banget sama iphone yang dijual di ibox. Tapi sampe detik ini ibox tuh belum juga ngejual 6s , katanya karena kehalang ijin pemerintah. Berhubung iphone yang aku pake sekarang udah agak lemot dan akunya bosen akhirnya aku berfikiran untuk beli di luar ibox. Aku udah survey sih di shop kayak infinite,okeshop, global tapi sama seperti ibox mereka ga jual ip6s. Terus aku ada niatan beli di shop biasa tapi yang emang terpercaya. Di Surabaya ada shop namanya apollo, nah kebetulan disana udah jual iphone 6s warna rose gold kayak yang aku mau tapi garansi bless. Nah itu garansi distributor bukan sih mas ?. Tapi aku juga masih nggak yakin gitu mas fix beli itu apa engga. Yang jadi pertanyaan menurut mas sigit aku ambil ip6s dengan garansi bless tersebut atau masih rela menunggu ibox jual ip6s sedangkan iphone yang aku pake sekarang sudah gak banget lah. Mohon di respon ya mas, thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. garansi bless itu garasi distributor gan, kalo bener itu iPhone nya baru dan garansi internasional, gak papa gan bagus dan kualitasnya juga sama dengan iphone pada umumnya, iphone 6s yang beredar di indo kan bukan iphone yang masuk secara resmi, karena gak resmi garansi nya di cover sama distributor, nah nanti kalo ada apa-apa klaimnya gak bisa di apple center yang ada di indo bisanya cuma klaim ke distributornya atau toko tempat agan membeli.

      Delete
    2. saran mending nunggu aja dulu,,, pemerintah lagi ngerubah peruaturan tkdn ponsel, kalo bisa 100%, gak lama lagi iphon 6s juga bakal masuk ke indo gan.

      Delete
  80. mas sigit, Iphone 5s sampe sekarang masih di produksi ga yaa..?

    bnyak yg jual iphone 5s ex jepang.. harga 3.7jt tapi original dan bukan refurbished "katanya", mslah suara kamera mh ga bisa dimatiin untuk iphone ex jepang karena di jepang berlaku hukum anti-voyeurism..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih gan untuk yang kapasitas 16gb dan 32gb, iphone jepang emang gak bisa di silent kamaeranya, beli yang resmi aja gan 4.2 di ibox biar nyaman makenya.

      Delete
  81. Jadi mending nunggu ya mas ? Tapi kalo garansi bless misal nih ada kerusakan si toko katanya bisa bantuin claim jugasih mas. Gitu kalo dibawa ke servicenya yang di singapore , mereka mau terima juga ngga ya mas ? Makasih sebelumnya ya mas hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap saran saya kalo gak mau ambil resiko mending tunda dulu atau beli yang varian lain aja di geray resminya.

      ya pasti mau gan,,, mereka juga jual pasti dengan garansi ditributor, jadi kalo ada kerusakan bisa klaim ke distributornya. saya juga belum tau kalo soal itu, tapi harusnya bisa, kalo gak ada kebijakan khusus di situ.

      Delete
  82. Gan mau tanya. Sekarang iphone 5s masih keluar ga ya? Aku cek di ibox sama emax online udah ga ada. Tapi aku cek di okeshop.com sama erafone.com ada gan untuk silver dan grey. Harganya 4,3 itu promo dari 4,6. Itu kira2 ori ga ya gan? Tulisannya sih garansi resmi. Memangnya harga 5s 16gb sekarang berapa gan? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iPhone 5s masih ada koq gan,, di iBox Emax juga masih di jual. Untuk harga Sekarang masih di 4.3jt, coba pantau terus fanspage nya ibox, suka ada promo

      Delete
  83. hallo mas sigit, infonya sangat bermanfaat.

    saya mau tanya mas, saya lagi cari ip5s sudah coba cari di olshop olshop seperti b*kal*pa* dan lain lain. banyak sih iphone CPO tapi hati saya keganjel sama masalah garansi distributor pl*ti*umnya itu lho mas. gmana menurut mas? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya biar nyaman beli di distributor resminya aja gan,, kayak ibox, emax, erafone dan oke shop. jaminan produk original

      Delete
  84. Mas sigit minta sarannya dong, aku mau beli iphone 6s tapi di ibox kan blm keluar. Mending beli ip 6 aja di ibox atau iphone 6s di counter2... terus kelemahannya beli ip di counter gt apa yaa dan efek di hpnya sendiri apa makasih

    ReplyDelete
  85. mas sigit,saya kan mau coba memakai ios,sebelumnya saya memakai andro,menurut mas sigit bagi pemula seperti saya,membeli iphone yang mnh?

    ReplyDelete
  86. gan, sy mau beli iphone 5S. Bingung beli nya di iBox atau infinite ya? pengalaman lebih bagus mana dan soal harga lebih murah yg mn? thanks

    ReplyDelete
  87. Klw cek HP nya ori kan tinggal cek IMEI nya... nah klw cek aksesorisnya gmn? apakah klw beli di counter biasa atau online ada risiko aksesorisnya dah dituker sama KW?

    ReplyDelete
  88. mas pngen berteman di hangout saya mau nanya nanya :)

    ReplyDelete
  89. Permisi mas,mau tanya nih.. hp sya iphone 4 , sya niat mau dijual, nah sya coba reset ulang semua.. nah pas sudah selesai direset, hp di on kan lagi..tp tdak muncul sinyal sim card (tiada layanan) jadi ga bisa masuk ke menu hp.. sudah dicoba ganti kartu lain nya, sama aja .. mohon pencerahan nya mas.. mkasih

    ReplyDelete
  90. mas sigit, mau nanya nih:
    iphone 6s plus hadiah, label box huruf kanji/jepang, sealed
    terlihat baru/bnib.
    namun saya cek di selfsolve, repair & service coverage nya februari 2017.
    mungkin kah iphone tersebut kondisi baru yang hanya diaktifasi karena syarat toko/gerai?
    atau iphone tersebut pasti bekas, pernah dipakai untuk periode lama?
    mohon info nya..thanks

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.