Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Friday 29 May 2015

Kenali Perbedaan iPhone Asli dan iPhone Palsu (Replika)

Kenali Perbedaan iPhone Asli dan iPhone Palsu (Replika) Rating: 4.5 out of 5 1

Kenali Perbedaan iPhone Asli dan iPhone Palsu -  Semakin maraknya peredaran iPhone palsu di Indonesia menuntut kita harus semakin berhati-hati ketika hendak membeli iPhone, berbagai macam sebutan iPhone palsu pun di buat untuk mengecoh pembeli, seperti contoh iPhone king copy, iPhone super copyiPhone replika dll.

Selain itu iPhone palsu biasanya di bandrol dengan harga yang begitu murah, bahkan hampir tidak masuk di akal, nah untuk itu kamu sebagai pembeli yang cerdas jangan sampai mudah tergiur dengan harga iPhone yang begitu murah, malah sebaliknya kamu patut curiga.

Tak hanya satu atau dua orang yang telah menjadi korban membeli iPhone palsu, nah oleh karena itu guna mencegah hal tersebut terjadi lagi, pada artikel ini saya akan coba memberikan ulasan dan tips bagaimana cara membedakan iPhone palsu dan iPhone asli, agar nantinya kamu yang membaca ulasan ini dapat lebih jeli dan teliti saat membeli iPhone.

Perbedaan Iphone Alsi dan Iphone Palsu

Saat membeli iPhone kamu hanya teliti agar terhindar dari membeli iPhone palsu, khususnya jika kamu membeli iPhone pada konter atau distributor non resmi, pasalnya iPhone replika biasanya banyak di temukan toko-toko tersebut.

Langsung saja mari simak ulasan tips cara membedakan iPhone asli dan palsu berikut ini :

Cara Perbedaan iPhone Asli dan iPhone Palsu (Replika)

Pada bahasan ini saya akan membaginya dalam 8 poin segmen yang harus kamu cek atau periksa untuk mengetahui iPhone yang akan kamu beli merupakan iPhone asli atau palsu.

1. Perhatikan Material Yang di Gunakan 

Poin pertama adalah cek material pembuatan iPhone yang meliputi body, frame, layar dll. Di sini untuk Kamu yang belum banyak tahu tentang iPhone alangkah baiknya jika mengajak teman atau kerabat yang telah banyak tahu tentang iPhone.

Karena akan sangat sulit untuk membedakan iPhone asli atau palsu jika sebelumnya belum pernah tahu bagaimana material pembuatan iPhone yang asli, iya kan.

Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan, mungkin beberapa poin berikut bisa menjadi pertimbangan penting saat membedakan iPhone asli atau palsu.

Perbedaan Material Body iPhone Asli dan Palsu
Material body iPhone yang asli akan terlihat premium, kokoh dan tidak terlihat murahan. Berbeda dengan iPhone asli, body iPhone replika dibuat dengan material yang kurang berkualitas, bahkan lebih cenderung terlihat murahan.

Perbedaan Layar iPhone Asli dan Palsu
Layar iPhone asli menggunakan layar retina display yang memiliki kerapatan pixel (pixel density) yang sangat tinggi, oleh karena itu layar iPhone asli memiliki tampilan yang sangat jernih, tajam dan lembut, serta reproduksi warna yang cukup akurat.

perbedaan layar iPhone asli dan iPhone palsu

Berbeda dengan iPhone asli, iPhone palsu biasanya menggunakan layar dengan pixel density yang rendah sehingga terlihat kurang tajam, bahkan jika kamu melihatnya dari jarak yang amat dekat atau melihatnya dengan alat bantu kaca pembesar maka matriks-pixel pada layar iPhone palsu akan terlihat dengan jelas.

2. iPhone Menggunakan App Store Bukan Google Play

Karena iPhone pada dasarnya menggunakan sistem operasi iOS maka toko aplikasi yang di gunakan iPhone asli adalah App Store bukan Google Play atau yang lainnya.

Nah semakin kesini maka semakin nyata terlihat perbedaannya. iPhone palsu biasanya menggunakan sistem operasi Android dengan custom UI yang di buat sangat mirip dengan iOS, sehingga sekilas tampilan UI (user interface) iPhone palsu ini akan terlihat sangat mirip dengan iPhone asli.

Namun ketika di cek pada toko aplikasi yang di gunakan, iPhone palsu dengan sistem operasi Android ini akan menggunakan toko aplikasi Google Play bukan App Store.

Untuk membedakan tampilan google play dengan App Store cukup mudah koq, Apalagi jika kamu pernah menggunakan Android pasti kamu akan langsung tahu itu Google Play atau App Store. Supaya lebih lengkap ini perbedaan tampilan App Store dan Google Play.

perbedaan tampilan App Store dan Google Play

3. iPhone Asli Akan Terdeteksi iTunes

Jika memungkinkan untuk membawa laptop saat membeli iPhone, cobalah mengecek keaslian iPhone dengan menghubungkan iPhone ke laptop yang telah terinstal iTunes, nah jika iPhone yang akan kamu beli adalah iPhone asli maka ketika di hubungkan dengan laptop yang telah terinstal iTunes tersebut, iTunes akan dapat mendeteksi iPhone dengan baik, serta akan muncul pula detail informasi iPhone tersebut.

Namun jika iTunes tidak dapat mendeteksi perangkat iPhone tersebut maka mengindikasikan bahwa iPhone tersebut bukan merupakan iPhone asli. Agar lebih meyakinkan berikut contoh screenshot saat iTunes mendeteksi perangkat iPhone dengan baik.


4. Cek Keaslian iPhone Dengan Cara Mengambil Screenshot

Cara yang paling sederhana dan mudah untuk cek iPhone asli atau tidak adalah dengan mengambil screenshot dengan cara yang biasa.

cek iPhone asli dengan mengambil screenshot iPhone

iPhone asli akan dapat mengambil screenshot dengan cara yang biasannya yaitu dengan menekan secara antara tombol power/sleep dan tombol home, jika  berhasil bisa di pastikan iPhone tersebut merupakan iPhone asli.

5. Cek Harga iPhone di Website Apple Store Sebelum Membeli iPhone 

Sempatkan untuk memeriksa terlebih dahulu harga iPhone terbaru saat sebelum membeli iPhone, serta kalkulasikan dengan kurs dolar terhadap rupiah dan bandingkan dengan harga iPhone yang hendak kamu beli, pastikan itu tidak jauh berbeda dan seharusnya akan lebih mahal karena biaya distribusi dan biaya lain-lainnya.

Jika kamu menemui iPhone dengan harga yang begitu murah bahkan hingga tidak masuk di akal, pastinya kamu sudah seharusnya curiga dengan keasilan iPhone tersebut.

6. Terdapat Slot Micro SD Card Pada iPhone Palsu

Telah menjadi ciri khas, Apple tidak pernah memberikan slot micro SD tambahan pada iPhone, jadi jika ada iPhone yang di lengkapi dengan slot micro SD sudah di pastikan itu bukan iPhone asli ya.

Namun untuk cara yang satu ini sangat tidak di anjurkan, pasalnya kamu harus membongkar mesin iPhone tersebut untuk mengetahuinya. Nah jika di bongkar, pada jeroan iPhone palsu akan terdapat slot micro SD , seperti yang di tampilkan pada gambar di bawah ini.

Perbedaan Iphone Alsi dan Iphone Palsu

7. Cek IMEI dan Serial Mumber iPhone 

Cek IMEI iPhone asli atau palsu. Yap, cara yang cukup mudah untuk memeriksa keaslian iPhone adalah dengan mengecek IMEI iPhone tersebut di web iPhoneIMEI.info atau SN (serial number) iPhone pada www.checkcoverage.apple.com, jika IMEI dan SN iPhone tersebut terdeteksi berarti perangkat iPhone tersebut asli, begitu juga sebaliknya.

8. Coba Mengambil Foto Dengan Kamera iPhone

Cobalah mengambil foto dengan kamera iPhone, iPhone yang asli mempunyai resolusi kamera yang tinggi hingga terlihat sangat jernih sedangkan iPhone palsu biasanya menggunakan kamera dengan resolusi VGA dan sangat kacau ketika di gunakan untuk berfoto.

Nah itulah 8 poin penting cara membedakan iPhone asli dan iPhone palsu, berbekal poin di atas semoga kamu dapat terbantu saat hendak membeli iPhone. Intinya disini Kamu hanya perlu jeli dan cermat saat memeriksa keaslian iPhone tersebut.

Sekian tips dari saya mengenai cara membedaan iPhone asli dan iPhone palsu (Replika) semoga bermanfaat dan semoga pula bisa mendapatkan iPhone yang di inginkan.

Oh iya, jika kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk like fanspage dan follow juga google+ kami dan dapatkan updatan artikel dari TeknoPed.com.

0 Response to "Kenali Perbedaan iPhone Asli dan iPhone Palsu (Replika)"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.