Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Saturday, 6 June 2015

Tips Merawat Baterai iPhone Agar Tetap Awet Tidak Cepat Drop

Tips Merawat Baterai iPhone Agar Tetap Awet Tidak Cepat Drop Rating: 4.5 out of 5 1

Tips Merawat Baterai iPhone Agar Tetap Awet Tidak Cepat Drop - Seperti smartphone pada umumnya  iPhone juga memiliki kelemahan pada daya tahan baterai yang masih tergolong boros, apa lagi jika di gunakan dalam mode jaringan 3G kebanyakan user mengatakan iPhone-nya hanya dapat bertahan hingga sampai 2-5 jaman dalam posisi data seluler hidup, biasanya baterai iPhone pada waktu pertama membeli baik-baik saja dan normal pas, tetapi berangsur-angsur akan menjadi menurun ketahanan dayanya, sebenarnya apa si yang membuat baterai iPhone itu menurun ketahanan-nya, ya tentu saja hal tersebut dikarenakan penggunaan yang asal-asalan tanpa memperhatikan keawetan, di sini saya akan share tips cara merawat baterai iPhon agar tetap awet, berikut tipsnya.

 Merawat Baterai iPhone Agar Tetap Awet

Tips Merawat Baterai iPhone agar Tetap Awet Tidak Cepat Drop

  • Gunakan Kabel Data dan Charger original dari apple yang telah Paten kualitas dan ukuranya. 
    Usahakan jangan menggunakan charger dan kabel lain device atau malah menggunakan charger yang tidak ori , hal tersebut akan sangat berbahaya untuk baterai iPhone anda.

  • Terapkan Mode penerbangan pada saat mencharger iPhone. 
    Selain mempercepat proses pengisian daya ke baterai iPhone mencharger pada saat mode penerbangan ini juga dapat menjaga kesetabilan arus sehingga baterai tidak bekerja lebih berat.

  • Jangan Gunakan iPhone pada saat di charger apalagi untuk bermain game. 
    Berikut juga  sangat penting usakan pada saat mencharger tidak ada arus yang keluar, hal tersebut di maksudkan untuk mengurangi kerja baterai agar pada saat proses charger berjalan baik.

  • Gunakan Power bank Berkualitas.
    Jika anda menggunakan power bank, gunakan lah power bank yang berkualitas bagus dan terpercaya.
    Selain itu jangan terlalu sering mencharger menggunakan power bank, gunakan power bank hanya pada saat di perlukan saja.

  • Charge iPhone ketika telah mendekati drop (Presentase baterai 20%).
    Biasanya baterai yang telah drop atau daya dalam baterai iphone telah pernah kosong akan sangat cepat sekali menurun kualitasnya jadi usahakan iPhone anda jangan sampai drop.

  • Cabut charger saat baterai penuh (Presentase 100%). 
    Jangan tinggalkan iphone anda pada saat mencarge hingga penuh tanpa di cabut hal tersebut akan mengakibatkan "over charging" ini berbahaya, baterai yang sering over charging biasanya akan cepat sekali habis.

  • Jangan terlalu sering di charger.
    Hal ini cukup penting semua baterai memiliki masa waktu yang di tentukan, dan masa waktu tersebut tergantung seberapa sering baterai tersebut di charger, nah ini sering sekali terjadi di pada pengguna iPhone mereka mencharger sebelum mendekati habis dan mencabutnya sebelum penuh, hal ini akan mengakibatkan terlalu seringnya mencharge karena baterai cepat habis, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut.
Nah  di atas merupakan langkah pencegahan tetapi ada juga di beberapa user pernah mengalami penurunan ketahanan yang abnormal pasalnya penurunan ketahanan tersebut sangat siknifikan dalam kurun waktu yang cepat  padahal  mereka sudah merawat dengan baik-baik iPhonya, untuk itu perlunya cara untuk menormalkan kembali baterai iPhone tersebut, bagaimana cara menormalkan kembali baterai iphone?? salah satu caranya dengan kalibrasi.


Cara kalibrasi sebetulnya sudah sangat populer di gunakan untuk menormalkan kembali baterai iPhone,  tetapi sejatinya bukan begitu, pada dasarnya kalibrasi ini hanya berguna sebagai menormalkan kembali ukuran seperti sediakala. atau mengembalikan lagi ukuran seperti pada semula bukan mengembalikan performa baterai seperti pada saat baru lagi, dengan cara apapun juga baterai yang telah di gunakan tidak akan bisa seperti baru lagi performanya. untuk itu sebaiknya anda merawat baik-baik iDevice anda. langsung saja berikut cara kalibrasi baterai iPhone.

Cara kalibrasi baterai iPhone yang rusak

  1. Pakai sampai habis daya pada baterai iPhone hingga sampai mendekati 5% matikan data seluler dan tunggu hingga iPhone mati dengan sendirinya.
  2. Charger  iPhone anda dan ketika telah menyala, nyalakan jaringan data selulernya tunggu hingga presentase baterai sampai 100% yang mengindikasikan baterai telah penuh dan jangan di gunakan.
  3. Setelah sampai 100% jangan cabut charger biarkan selama +-1 jam terlebih dahulu.
  4. Kemudian cabut dan lakukan hard reset.
  5. selesai. setelah menyala gunakan seperti biasa. 
Jika cara di atas belum berhasil juga sebaiknya bawa saja ke service center untuk iPhone, untuk mengganti baterai yang baru. Demikian ulasan dari saya mengenai cara merawat baterai iPhone dan cara kalibrasi baterai iPhone yang rusak, semoga bermanfaat.

18 Responses to "Tips Merawat Baterai iPhone Agar Tetap Awet Tidak Cepat Drop"

  1. Hard reset itu gimana ya maksudnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. me-reset dengan menggunakan tombol gan, caranya tekan power button+home button secara bersamaan hingga layar mati dan kemudian muncul logo apple lalu lepaskan tombolnya. sampai hidup dengan sempurna.

      Delete
    2. sampai hidup dan sempurna? udah layarnya udah mati dan mucul logo apple lalu lepaskan tombolna. itu tanpa di tekan pow butt + home butt atau gmn gan.. soalnya saya tunggu2 ga nyala2 lagi iphone saya

      Delete
    3. kalo udah muncul logo apple lepaskan power button dan home button yang tadi di tekan secara bersamaan lalu biarkan saja hingga menyala dengan sempurna, nggak usah di otak atik

      Delete
  2. trmkasih gan sangat membantu.,.,
    knapa gan ketka sosmedtan saja. iphone 4s sya cpet panas gan.,., padahal gak buat game .,.,
    untuk ukuran iphone 4s sendiri bertahan brpa jam gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak faktor yang mempengaruhi gan, bisa dari jaringan yang nggak stabil, mengisi daya sambil menggunakannya juga bisa bikin iphone panas.

      sumber gsmarena
      Stand-by Up to 200 h (2G) / Up to 200 h (3G)
      Talk time Up to 14 h (2G) / Up to 8 h (3G)
      Music play Up to 40 h

      Delete
  3. Di kalibrasi di jelaskan bahwa apabila batrei telah 100% jangan dicabut dulu tetapi harus didiamkan selama 1 jam,akan tetapi apabila didiamkan nya melebihi 1 jam gmn itu?apakah baik atau tidak?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya 1 jam gan, kalo lebih jgn smpe yang berjam-jam, saya ngasih tutorial sebelumnya saya coba terlebih dahulu sebelum saya tulis di blog ini.

      saya juga nggak tahu efek yang muncul itu bagaimana jika lebih dari berjam jam, di diamkan dulu 1 jam aja itu juga pengecualian untuk kalibrasi aja. bukan untuk di lakukan tiap hari.

      Delete
  4. artikel ini sangat membatu gan dulu saya pemakai aiphon 4 lanjud ke aipho 5s tapi belum paham masalah cara memasang Fungsi di Triple-click Home

    ReplyDelete
  5. Gan mau OOT dikit, saya ada ip4 yang ga kepake, katanya batre hp kalo ga dipake dalam jangka lama mending dicopot aja ya?, kalo iphone apa perlu digituin juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gakperlu gan,,, lagian baterai iPhone itu tipenya non-removable, agak susah kalo mau di copot, harus bongkar dulu

      Delete
  6. mantab artikelnya gan,,mau nanya juga nihh..
    a. terkait poin 2 yg anda tulis,,apakah anda menyarankan selama proses charging berlangsung hingga 100%,,iDevice dalam keadaan ON (nyala) dan cellular data pun dalam keadaan ON (nyala) ??
    b. saya bingung ketika membaca poin ke-4 yg anda tulis "kembali hidupkan jaringan data selulernya",,tp poin sebelumnya tidak ada info dr anda untuk menonaktifkan (off) cellular data setelah pada poin 2 anda menulis "nyalakan jaringan celluular data".
    terima kasihh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. a. iya bener, setelah iPhone nyala dengan sendirinya setelah di charger kemudian hidupkan data seluler sampai baterai tersisi 100% kemudian ikuti langkah selanjutnya.

      b. terimaksi atas koreksinya, untuk poin-4 abaikan perintah untuk aktifkan lagi data selulernya.

      Delete
  7. Kak klo misalnya kyak baterainya msih ada 50 pesenan kok tiba tiba mati sendiri sperti kalau lowbaterry?tolong d jelaskan kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bawa ke service center, itu baterainya.

      Delete
  8. Setelah mati iphone 5. saya ces kok lama gan ngk nyala2 ni.knp ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang lama gan kalo baterai kosong, di situ akan muncul indikator baterai yang menunjukan baterai sedang di charge.

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.