Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Monday 9 March 2015

Mengenal fitur Activation Lock Pada iPhone

Mengenal fitur Activation Lock Pada iPhone Rating: 4.5 out of 5 1

Mengenal fitur Activation Lock Pada iPhone - Bukanya tanpa alasan iPhone selalu di gandrungi banyak penggemar gadget selain dari design iPhone juga kaya akan fitur-fitru canggih, salah satunya yaitu fitur Activation Lock.

Fitur Activation Lock adalah fitur keamanan pada iDevice yang mengharuskan setiap pengguna iDevice login menggunakan Apple ID miliknya setiap kali iDevice tersebut hendak direset atau direstore (di kutip dari laman www.appbuntu.com). Fitur ini berguna untuk mencegah pencuri atau pun orang yang menemukan iPhone yang hilang tapi tidak mengembalikan ke peliknya.

Mengenal fitur Activation Lock Pada iPhone

Fitur ini untuk menghindari tindakan yang sering terjadi untuk perangkat smartphone, yaitu dengan mudahnya di reset oleh orang lain yang bukan merupakan pemilik, dan kemudian dijualnya. Tetapi hal ini tidak dapat di lakukan pada perangkat iPhone karena setiap kali iPhone hendak di reset atau di restore maka secara otomatis akan muncul laman  yang meminta memasukkan Apple id dan password, tentu bagi yang bukan pemilik dari iPhone tersebut akan kesusahan. Untuk cara mengaktifkan fitur Activation Lock silahkan simak tutorial di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Fitur Activation Lock

Sebelum memulainya pastikan iPhone anda atau perangkat iDevice anda telah berjalan dengan iOS 7 ke atas dan memiliki koneksi jaringan internet.
  • Buka Menu Settings > iCloud 
  • Lalu adnda akn di minta untuk login dengan memasukan Apple ID serta Password 
  • Kemudian aktifkan Find My iPhone
[ !CATATAN ]
Apple ID ini juga dibutuhkan ketika anda hendak menonaktifkan fitur ini, jadi usahakan jangan sampai terlupa, atau sebaiknya anda catat Apple id dan password nya di buku kusus menyimpan data-data peting.
Anda yang mungkin pernah menemukan iPhone milik orang lain jika demikian sebaiknya jangan coba-coba mem-bypass atau melewati halaman login dari Activation Lock ini, karena ini tidak akan ada hasilnya. Karena hingga saat ini belum ada trik yang mampu mem-bypass iPhone device degan berhasil. Jadi jangan coba-coba, sebaiknya anda hubungi pemilik untuk megembalikanya.

Selain itu  fitur dari Activation lock juga dapat berfungsi sebagai remot jarak jauh untuk menghapus data dari iPhone dan melacak-nya dengan menggunakan Find My iPhone, Cara-nya?

Cara Menggunakan Fitur Activation Lock Jika iPhone Hilang Atau Di Curi

Jika iPhone anda hilang atau di curi gunakan fitur acktivation lock untuk melacaknya caranya sebagai berikut

Masuk atau login ke Find My iPhone melalui browser dengan membuka halaman icloud.com/find. Tapi kalau seandainya Anda punya iDevice lain dan punya aplikasi Find My iPhone di dalamnya lebih bagus lagi, Anda bisa dengan segera melacaknya tanpa harus bergantung pada komputer.

Jika sudah login maka anda akan di arahkan pada laman di mana di sana terdapat beberapa mode yang diberikan, yaitu
  • Play Sound yang berguna untuk membunyikan suara dari iPhone yang hilang
  • Lost Mode
  • Erase iPhone Hapus data iPhone
Untuk menggunakannya masuk All Devices kemudian pilih iPhone anda yang hilang yang ada pada daftar pelacakan, sampai disini tinggal anda ingin menggunakan fitur yang mana:

Cara Mengaktifkan Fitur Lost Mode

  • Klik Lost Mode
  • Ikuti petunjuk yang diberikan :
    • Jika iPhone yang hilang sebelumnya telah dipasangi passcode maka iDevice akan terkunci dengan passcode.
    • Jika iPhone yang hilang sebelumnya belum dipasangi passcode, Anda akan diminta untuk membuat passcode baru.
    • Anda juga akan diminta untuk memasukkan nomor telepon atau pesan singkat untuk ditampilkan pada layar iPhone yang hilang yang akan berguna seandainya ada orang yang menemukannya.
[ !CATATAN ]
Fitur di atas hanya akan berfungsi ketika iPhone anda dalam keadaan online atau terkoneksi dengan jaringan internet. Jika tidak demikian maka Fitur ini tidak akan ada gunanya.
Jika perangkat iPhone telah berhasil ditemukan kembali untuk menonaktifkan mode di atas caranya
  • Masuk atau login ke iCloud 
  • Kemudian matikan fitur Lost Mode dengan tap pada Stop Lost Mode.
Sebagai saran sebaiknya menggunakan Mode Erese atau hapus data hanya pada saat memang tidak ada kemungkinan iPhone untuk di temukan atau kembali. Pasalnya jika data-data yang telah terhapus maka tidak dapat di kembalikan lagi meskipun nantinya iphone telah ditemukan.

Demikan  artikel singkat mengenai mengenal fitur canggih activation lock pada iPhone Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengenal fitur Activation Lock Pada iPhone"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.