Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Sunday 18 October 2015

Cara Menghemat Kuota Data Internet Di Android

Cara Menghemat Kuota Data Internet Di Android Rating: 4.5 out of 5 1

Cara Menghemat Kuota Data Internet Di Android - Apalah artinya smartphone tanpa kuota data, kalimat itu mungkin dapat di ucapkan jika kamu punya smartphone tapi sedang tidak memiliki paket kuota data, memang dari sekian kecanggihan smartphone fitur yang di usung harus di dukung dengan data seluler/akses internet, tanpa itu smartphone tidak bisa menunjukkan tajinya. Kamu yang sedang membaca artikel ini mungkin sedang mencari solusi untuk cara menghemat kuota data internet untuk smartphone, memang kuota data internet di smartphone android akan lebih cepat habis jika tidak di gunakan secara efisien dan benar itu juga merupakan hal yang sangat wajar, Nah tapi sebetulnya seperti yang saya katakan di atas kita masih dapat menghemat-nya dengan beberapa trik simpel kita sudah dapat menghemat kuota data internet secara efektif.

Cara Menghemat Kuota Data Internet Android

Tidak perlu software atau aplikasi khusus untuk dapat menghemat kuota data internet agar tidak semakin membebani kerja RAM dan prosesor smartphone android. Langsung saja berikut cara menghemat kuota data internet di Android.

# Nonaktifkan Fitur Auto Sync /Sinkronisasi

Fitur sinkronisasi pada Android merupakan fitur yang memperbolehkan aplikasi-aplikasi pada smartphone mu untuk dapat terus mengakses internet di background, tujuannya agar secara real time terus mendapatkan pembaruan konten dari aplikasi tersebut contohnya facebook, facebook akan terus mengakses internet di background guna bisa mendapatkan update notifikasi/pemberitahuan.

Nonaktifkan Fitur Auto Sync /Sinkronisasi

Hal ini tentu merupakan pemborosan kuota data, apalagi jika banyak sekali aplikasi yang dapat mengakses internet di background secara terus menerus. Aplikasi sejenis yang sering melakukan sinkronisasi  adalah twitter, facebook, flipboard, BBM, google Play sore dan masih banyak lagi. Perlu di ketahui setelah kamu menonaktifkan fitur sync/sinkronisasi mungkin aplikasi tidak akan memberi notifikasi jika agan tidak membukanya.

Untuk cara nenonaktifkan Fitur sync/sinkronisasi swipe ke bawah notifikasi panel >> tap Off atau dengan cara manual dengan memilih aplikasi yang akan di nonaktifkan fitur sinkronisasinya caranya masuk menu setting >> pilih tap accounts >> pilih aplikasi kemudian hilangkan ceklist pada sync/sinkronisasi.

# Gunakan Browser Yang hemat Data Internet (Google Chrome, Opera mini )

Browsing merupakan satu kegiatan yang cukup penting, apalagi untuk kamu mahasiswa browsing merupakan satu kebutuhan yang harus di lakukan untuk dapat selalu update informasi, mencari referensi untuk menyelesaikan tugas, atau juga hanya sekedar mencari hiburan dengan membaca-baca konten satu website.

Gunakan Browser Yang hemat Data Internet

Namun browsing juga dapat menghabiskan kuota data nah untuk itu kita perlu menghematnya dengan menggunakan browser yang hemat data, browser hemat kuota data internet yang dapat mengompres halaman Web menjadi lebih kecil agar tidak terlalu menghabiskan kuota data saat menjelajah di internet, selain itu juga tujuan lain adalah untuk mempercepat loading dan rendering halaman Web .

Beberapa browser yang saya rekomendasikan pada artikel ini adalah Google chrome dan Opera mini dalam browser tersebut memiliki mode untuk menghemat data, contohnya pada browser google chrome kamu dapat mengaktifkan mode hemat data dengan  cara buka aplikasi google chrome >> pilih setelan >>  Penghemat data >> Philip/Swipe On.

# Batasi Penggunaan Data Pada Aplikasi Di Background

Sering sekali aplikasi seperti facebook berjalan menggunakan data di background secara terus menerus, hal ini tentu akan membuat paket kuota internet mu akan lebih cepat habis, meskipun data yang di gunakan hanya beberapa kb saja namun jika aplikasi yang mengakses internet itu banyak tentu juga akan banyak pula kuota data internet yang di habiskan.

Batasi Penggunaan Data Pada Aplikasi Di Background

Untuk itu kamu perlu memilih aplikasi mana yang sering menggunakan data di backgrund dengan cara masuk ke menu setting kemudian >> data Usage >> kemudian scrol ke bawah nah di situ ada banyak aplikasi yang  dapat mengakses data di background, kemudian pilih aplikasinya lalu scrol ke bawah kemudian hilangkan ceklist “Batasi data Latar Belakang” atau jika hanphone mu dalam bahasa Inggris “Restrict Background Data”.

# Update Aplikasi Hanya Saat Tersambung Hostpot/Wi-fi

Sewaktu mengupdate aplikasi di playstore akan banyak membutuhkan kuota data, untuk itu manfaatkan wifi yang ada di sekitarmu seperti wifi kampus, tempat kerja, atau mampir dulu ke area wifi untuk sekedar mengupdate aplikasi.

Update Aplikasi Hanya Saat Tersambung Hostpot/Wi-fi

Aplikasi yang tidak kunjung di update juga akan membebani ram Hanphonemu, untuk kamu pengguna android kamu bisa mengatur mengupdate aplikasi hanya saat tersambung dengan wifi /hotspot caranya buka toko aplikasi google play store >> Setting >> Pilih “Perbarui Aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-FI”.

Dengan memanfaatkan wifi selain dapat menghemat data kamu juga dapat menghemat baterai, pasalnya pada jaringan yang lebih stabil, sehingga konsumsi baterai akan lebih minim, berbeda dengan saat kamu tersambung dengan jaringan data seluler 3g.


# Gunakan Aplikasi Hemat Kuota Data Facebook Lite

Kamu yang masih suka Facebookan dan Gak bisa hidup tanpa facebook , belum lama ini facebook meluncurkan aplikasi facebook dengan versi Lite, aplikasi ini memungkinkan kamu tetap terhubung dan mendapat notifikasi facebook tetapi tetap hemat kuota data.

Gunakan Aplikasi Hemat Kuota Data Facebook Lite

Nah aplikasi ini dapat menjadi alternatif jitu untuk menghemat kuota data internet kamu, tapi mungkin tampilan tidak akan sebagus dengan versi  standar tai, untuk sekedar cek Time line dan update status di facebook sudah sangat bagus sekali.

Aplikasi facebook lite ini telah mendukung untuk sistem operasi Mobile android, kamu langsung dapat medownload secara gratis di google play store.

# Log out Aplikasi Media Sosial Setelah Menggunakannya

Langkah terakhir kiat menghemat kota data internet adalah me-logout aplikasi media sosial, mungkin ini akan sedikit merepotkan untuk kamu, pasalnya kamu harus me-logout dan login setiap akan menggunakan aplikasi media sosial seperti twitter, intagram, facebook dll.

Trik ini cukup jika untuk dapat menghemat kuota data internet kamu pasalnya aplikasi hanya akan terhubung ke-internet ketika kamu sedang menggunakannya dan for ketika kamu sedang tidak menggunakannya, tapi perlu di ketahui nantinya kamu tidak akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan. Tapi jika kamu benar-benar sangat terdesak alias kepepet cara ini paing manjur menghemat kuota data internet untuk tetap bisa membuka media sosial.

Oh iya 1 lagi tips dari saya,  Jika kamu tidak ingin kuotamu cepat habis jangan coba-coba buka aplikasi media sosial yang memiliki fitur auto play video contohnya instagram, facebook dll.  Jika memungkinkan kamu dapat menonaktifkan fitur auto play video di facebook atau di instagram.
Nah itulah trik dan tips cara menghemat kuota data internet di android kamu Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menghemat Kuota Data Internet Di Android"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.