Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Saturday, 23 January 2016

Cara Mempercepat Kinerja iPhone dan iPad Yang Lambat

Cara Mempercepat Kinerja iPhone dan iPad Yang Lambat Rating: 4.5 out of 5 1

Cara Mempercepat Kinerja iPhone dan iPad Yang Lambat - iPhone mengalami penurunan kecepatan itu merupakan hal yang sangat biasa, apalagi jika iPhone anda termasuk dalam iPhone versi lama, di tambah lagi updatan iOS yang terus saja di bumbui dengan fitur-fitur baru yang keren. Mungkin fitur-fitur tersebut akan terlihat sangat baik untuk iPhone dengan versi terbaru namun tidak pada iPhone atau iPad dengan versi lama, karena dengan semakin bertambahnya fitur baru maka iPhone akan semakin di bebani dengan kinerja-kinerja yang sebenarnya tidak terlalu di butuhkan.

Faktor lain yang bisa menyebabkan iPhone dan iPad menjadi lemot dan lambat adalah caching. Setelah beberapa tahun anda pakai pastinya anda sering sekali instal dan uninstal aplikasi, tanpa di sadari hal tersebut akan meninggalkan cache yang berangsur-angsur akan menumpuk dan memperlambat kinerja dari iPhone.

Cara mempercepat kinerja iPhone dan iPad Yang Lambat

Dari permasalahan di atas, untuk mengatasi iPhone yang lambat mungkin anda bisa mencoba trik ini, yang hampir 95% berhasil mengembalikan performa iPhone seperti baru lagi, meskipun tidak sesempurna ketika baru. Namun saya rasa trik ini sangat patut di coba.

Cara mempercepat kinerja iPhone dan iPad Yang Lambat

# 1. Restart iPhone Secara Teratur
iPhone adalah mesin yang dengan berbagai kode perintah, jika iPhone terus di gunakan pastinya ada beberapa kesalahan dalam sistem yang bisa saja mengakibatkan interupt dan menyebabkan iPhone mengalami penurunan performa.


Nah untuk menyegarkan dan melegakan kembali sistem salah satu caranya adalah dengan merestart iPhone tersebt. Dengan merestart iPhone berarti membebaskan interupt dan melegakan kembali sistem yang ada.

# 2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Terlalu di Butuhkan
Aplikasi adalah salah satu penyebab menurunnya kecepatan iPhone karena banyak memakan ruang penyimpanan maupun ram pada iPhone. Untuk itu sebaiknya anda uninstall aplikasi yang jarang anda digunakan, karena hal tersebut akan membebaskan ruang penyimpanan iPhone anda, dengan lebih sedikit aplikasi maka kan membutuhkan lebih sedikit pengolahan, sehingga kinerja iPhone anda tidak akan begitu lambat. 

Selain itu Aplikasi yang juga banyak memakan space RAM iPhone Anda tentu ini akan membuat iPhone anda menjadi lambat. Terkadang pula ada beberapa aplikasi yang berjalan di background dan mengkonsumsi banyak sekali space ram tanpa anda sadari, untuk itu sebaiknya anda gunakan aplikasi yang anda butuhkan saja dan uninstal aplikasi yang tidak terlalu anda butuhkan agar iPhone tidak lambat.

# 3. Tutup Aplikasi Yang Sedang Berjalan Dengan Sempurna
iPhone memiliki manajemen memori yang solid. Bahkan ketika Anda membiarkan banyak aplikasi yang tidak anda tutup dengan sempurna, perlu di sadari hal tersebut merupakan faktor yang membuat iPhone anda lemot, dengan berpindah-pindah membuka aplikasi tanpa menutupnya tidak akan menghilangkan proses dan konsumsi ram dari aplikasi tersebut, untuk itu jika anda  tidak lagi menggunakannya sebaiknya tutup aplikasi dengan sempurna. 

Caranya klik tombol Home 2 kali secara cepat kemudian muncul daftar aplikasi yang belum anda tutup, kemudian geser ke atas untuk menutup aplikasi.

# 4. Nonaktifkan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang
Seperti yang saya utarakan di atas, beberapa aplikasi di setting untuk berjalan di latar belakang, dengan cara restart iPhone Anda secara teratur kadang tidak akan terlalu berpengaruh jika masih ada aplikasi yang terus-terusan mengkonsumsi ram dan cpu anda di latar belakang. Kecuali jika anda menghapusnya atau menonaktifkan service aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang tidak akan berhenti walaupun anda telah merestart atau menutup aplikasi tersebut. Salah satu cara untuk menghentikannya adalah dengan unsinstal aplikasi tersebut atau matikan proses aplikasi latar belakang dari menu apliksi setting iPhone anda. 

Dengan begitu, setelah Anda keluar dan menutup aplikasi, maka  aplikasi tersebut tidak akan lagi melanjutkan proses di latar belakang. Hal tersebut akan membebaskan pengolahan CPU dan juga membebaskan penggunaan RAM iPhone Anda.

# 5. Update iOS Terbaru
Setiap update iOS baru difokuskan untuk memperbaiki bug dan masalah iOS sebelumnya. Jika pada iOS sebelumnya anda mengalami bung dan terdapat masalah lagging,  maka dengan update iOS Anda ke versi terbaru adalah langkah terbaiknya. Pada iOS 9 diklaim merupakan update iOS terbaik dari Apple sejauh ini.

Namun juga beberapa persoalan muncul dari updatan iOS terbaru, karena berbagai fitur yang  baru mungkin itu akan sedikit memberatkan sistem dan ram untuk iPhone versi lawas. Nah untuk itu sebelum anda melakukan update iOS pastikan anda mencari kabar dan referensi terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangan dari iOS terbaru tersebut apakah terdapat banyak bung atau tidak.

# 6. Downgrade ke iOS Sebelumnya
Seperti yang saya katakan di atas beberapa perangkat iDevice lawas yang kompatibel dengan iOS terbaru 9 mungkin saya rasa tidak di ajurkan untuk memperbarui iOS yang lebih baru. iOS terbaru 9 memiliki banyak fitur yang di targetkan untuk hardware perangkat terbaru yaitu versi iPhone 6 dan 6s.

Jika iPhone anda termasuk versi lawas sebaiknya urungkan untuk mengupdate iOS, dan jika telah terlanjur lakukan Downgrade iOS iPhone Anda ke versi iOS yang lebih rendah dan ringan.

# 7. Reduce Motion / Kurangi Gerakan
iPhone terbaru Apple memilki hardware terbaik di kelasnya yang mampu untuk membuat animasi berkinerja sangat bagus dan smooth. 

Tapi itu tidak akan terjadi jika iPhone Anda merupakan iPhone lawas. Anda pengguna iPhone lawas sebaiknya aktifkan reduce motion untuk mngurangi  motion animasi, caranya masuk  Pengaturan → Umum → Aksesibilitas → Reduce Motion (beralih ON).

# 8. Nonaktifkan layanan Lokasi, Wi-Fi, 3G atau 4G Jika di Perlukan
Layanan Lokasi dan konektivitas internet, Wi-Fi atau jaringan data akan tetap mengkonsumsi RAM dan CPU. App Store pada iPhone anda akan terus memeriksa dan memindai aplikasi di iPhone Anda apakah ada pembaruan yang tersedia atau tidak. 

Selain itu, aplikasi Social media seperti seperti Facebook, Twitter, dan Instagram terus yang terhubung dengan internat akan terus menerus mengonsumsi ram dan jaringan untuk memeriksa pembaruan berita apakah ada pemberitahuan atau tidak. Tentu hal ini akan nggunakan banyak sumber daya ram cpu dan paket data di latar belakang, meskipun anda telah menutup aplikasi tersebut.

# 9. Menghapus Histori dan Cache Safari, Lagu Yang Tidak Penting, Gambar Dan Video
Semakin leganya kapasitas ram maupun internal maka performa iPhone akan lebih baik dan cepat. Jika internal anda memiliki banyak sekali data yang tidak terlalu penting sebaiknya hapus atau pindahkan saja ke External storage seperti harddisk dan lain lain. 

Dengan menyimpan banyak gambar, lagu dan video, dan mengunjungi banyak situs di iPhone tanpa menghapus histori dan cache  hingga penyimpanan di iPhne anda padat akan membuat iPhone sangat lambat untuk mengerjakan sesuatu perintah yang anda berikan. 

Untuk itu sebaiknya hindari membiarkan storage iPhone hingga penuh. Untuk menghapus histori dan chache data Safari caranya masuk Pengaturan → Safari → Clear History dan Data Situs Web.

# 10. Reset Ke-Pengaturan Pabrik
Reset iPhone ke pengaturan pabrik sesekali memang perlu. Dengan hanya mereset tidak akan menghapus data pribadi Anda yang ada di iPhone tersebut. Hal ini hanya akan mengembalikan pengaturan ke posisi default atau standar pabrik. Untuk melakukan reset buka menu setting/pengaturan → Umum → Atur ulang → Reset All Settings.

# 11. Hapus Semua Konten dan Mengatur iPhone Seperti Baru Lagi
Cara terakhir yaitu dengan mengatur iPhone anda seperti baru lagi, langkah ini mungkin akan membuat iPhone anda kembali seperti baru lagi, namun resikonnya data-data anda akan terhapus semua untuk itu sebaiknya anda beckup terlebih dahulu data-data penting anda di iTunes.

Kemudian anda bisa merestore kembali data-data anda ke iPhone setelah melakukan reset, namun hal ini sangat tidak di sarankan, di khawatirkan beberapa file penyebab iPhone lelet mungkin akan kembali lagi jika anda melakukan restore, untuk itu restore iPhone dengan cara manual yaitu memindahkan data foto lagu seperti dulu saat anda pertama menggunakan iPhone.

0 Response to "Cara Mempercepat Kinerja iPhone dan iPad Yang Lambat "

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.