Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Saturday 6 August 2016

Spesifikasi Yang Harus di Perhatikan Ketika Membeli Smartphone Baru

Spesifikasi Yang Harus di Perhatikan Ketika Membeli Smartphone Baru Rating: 4.5 out of 5 1

Spesifikasi Yang Harus di Perhatikan Saat Membeli Hp Baru - Membeli smartphone baru sering sekali di bingungkan dengan 2 hal pertama soal harga/budget dan masalah spesifikasi, dua hal ini selalu berkaitan dan akan menentukan smartphone seperti apa yang akan kalian miliki.

Memilih smartphone dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan kalian adalah yang paling penting, tujuannya jelas agar kebutuhan pada smartphone dapat di terpenuhi dan harga yang di bayar sepadan.

Memilih smartphone dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan tidak semudah membeli cabai rawit di pasar, setidaknya kalian butuh sedikit pengetahuan tentang hardware dan software serta tahu komponen spesifikasi apa saja yang paling berpengaruh pada kinerja smartphone, sehingga kalian bisa menemukan smartphone yang sesuai dengan kebutuhan.

Spesifikasi Yang Harus di Perhatikan Ketika Membeli Smartphone Baru

Lalu apa saja spesifikasi yang harus di cek dan perhatikan ketika membeli hp baru?, untuk mengetahui lebih dalam yuk simak ulasan tips berikut.

Spesifikasi Yang Harus di Perhatikan Saat Membeli Hp Baru

#1. Perhatikan Kecepatan Processor

Processor merupakan komponen paling penting pada smartphone, perannya sangat berpengaruh bagi kinerja smartphone lebih tinggi kecepatan suatu processor (clock speed) makan akan semakin bagus juga peformanya, kecepatan processor di ukur dalam satuan Hertz (Hz). Untuk memilih smartphone dengan performa baik tim teknoped sarankan setidaknya processor yang di usung memiliki kecepatan 1GHz atau lebih tinggi.


Selain kecepatan processor hal lain yang juga di perhatikan adalah inti core yang ada pada processor semakin banyak inti core yang terdapat pada processor maka akan semakin bagus performa untuk multitasking. Biasanya inti core di hitung dari kelipatan 2 yaitu dual (dua) core, quad (empat) dan octa (delapan) core.

#2. Perhatikan Besaran Kapasitas RAM

RAM (Random Acces Memory) fungsinya sebagai pendukung kinerja processor, RAM di sini bertugas sebagai memori sementara untuk menampung tugas yang akan di berikan kepada processor, tugas-tugas tersebut akan membentuk suatu antrean untuk menunggu di eksekusi oleh processor, oleh karena itu semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin banyak tugas yang bisa di tampung untuk kemudian di jalankan secara bersamaan atau yang biasa kita sebut dengan Multitasking.


Kapasitas RAM di ukur dalam satuan Byte semakin besar kapasitas ram semakin bagus, untuk mengimbangi kecepatan processor RAM pada smartphone sebaiknya harus lebih dari 1GB (Giga Byte).

#3. Perhatikan Besaran Kapsitas Memori Penyimpanan Internal

Memori penyimpanan internal berfungsi sebagai media penyimpanan file-file di smartphone anda, file-file tersebut dapat berupa gambar, video atau music. Jika anda tipe orang yang suka menyimpan file apa saja di smartphone alangkah baiknya memilih smartphone dengan kapasitas memori yang besar, memilih kapasitas memori yang besar juga sangat di sarankan untuk kalian yang gemar berfoto.

Perhatikan Besaran Kapsitas Memori Penyimpanan Internal

Karena bisanya foto-foto yang paling sering membuat memori cepat penuh, karena memang ukuran foto-foto tersebut juga besar, apalagi jika pixcel kamera smartphone anda juga besar hingga dapat menangkap gambar HD.

Memori internal juga nantinya di gunakan untuk menyimpan data aplikasi yang kalian instal, jika kalian suka meng-instal game besar di smartphone, sebaiknya pilih smartphone dengan kapasitas yang lebih besar, kapasitas memori penyimpanan smartphone di ukur dalam satuan byte dan sebaiknya ukuran kapasitas penyimpanan smartphone yang akan kalian pilih sekurang-kurangnya 8GB (Giga Byte).

#4. Perhatikan Kapasitas Daya Pada Baterai Smartphone

Kapasitas daya baterai di ukur dalam satuan Mah, Kapasitas baterai nantinya akan berhubungan seberapa kuat smartphone anda bertahan, dan hal ini akan berhubungan dengan komponen processor dimana semakin banyak inti core built-in processor maka semakin banyak mengkonsumsi daya.

Perhatikan Kapasitas Daya Pada Baterai Smartphone

Untuk memilih smartphone yang berdaya baterai dapat bertahan hingga sekurang-kurangnya 12 jam dalam posisi standby kalian harus membutuhkan sekurang-kurangnya kapasitas baterai lebih dari 1900Mah. Meskipun nantinya juga banyak faktor yang dapat mengurangi daya baterai.

#5. Status Baterai Removeble Atau Non-removeble

Status baterai non-removeble adalah baterai built-in smartphone tidak bisa di ganti dengan mudah karena pada dasarnya telah di setting untuk tidak di ganti oleh konsumen, jenis baterai seperti ini biasanya ada pada smartphone hight-end seperti perangkat mobile iPhone kebanyakan akan mengadopsi baterai non-removeble, dan juga perangkat Samsung terbaru seperti Samsung galaxy A edition kebanyakan telah mengadopsi baterai non-removeble.

Sedangkan sebaliknya status baterai removable baterai yang built-in dalam smartphone dapat dengan mudah di ganti tanpa harus bongkar baut dsb.

#6. Besaran Dimensi Layar

Besaran layar smartphone di ukur dengan satuan Inch (‘), ini menentukan lebar dan panjang smartphone kalian. 


Dimensi layar besar atau kecil sebetulnya menyangkut dengan selera anda masing-masing untuk anda yang suka smartphone berukuran kecil/medium mungkin ada akan lebih suka dengan ukuran dimensi layar 4 Inch dan sebaliknya jika anda lebih suka smartphone berlayar besar mungkin anda akan lebih suka smartphone dengan ukuran 5 Inch atau lebih besar.

#7. Perhatikan Kerapatan Pixcel Screen Smartphone dan Jenis Panel Screen

Kerapatan pixcel nantinya akan mempengaruhi ketajaman suatu layar smartphone, tajam dalam hal ini bukan tajam layaknya mata pisau, namun kejelasan objek yang tampak pada layar smartphone, kerapatan pixcel suatu layar smartphone di ukur dalam satuan ppi (Pixcel per inch), artinya kalkulasi jumlah pixcel di setiap per Inch h i nya. Semakin tinggi jumlah pixcel maka akan smakin tajam layar smartphone untuk menampilkan objek.


Kita mengenal beberapa jenis panel layar semisal LCD, TFT, IPS LCD, AMOLED dan S-AMOLED, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun menurut tim teknoped 2 panel layar smartphone yang paling bagus di antaranya IPS lcd dan super amoled. Nah jika anda memilkiki budget yang cukup sebaiknya pilih smartphone dangan spesifikasi layar antara 2 jenis panel layar di atas.


#8. Screen Protector/Pelindung Layar (opsional)

Screen protector berfungsi sebagai pelindung layar smartphone, semakin bagus proteksi layarnya semakin bagus pula ketahanan terhadapat benturan dan goresan yang terjadi pada layar smartphone.

Screen Protector/Pelindung Layar (opsional)

Ada beberapa jenis proteksi layar Corning Gorilla Glass > tahan terhadap goresan dan benturan berat, Dragontrail Glass > tahan terhadap goresan dan benturan berat, Scratch Resistant Glass > tahan terhadap goresan dan benturan ringan, Oleophobic Coating > tahan terhadap goresan dan benturan ringan, Rhino Glass > Tahan terhadap goresan dan benturan berat, Turtle Glass > Tahan terhadap goresan dan benturan berat.

Jika kalian memilih smartphone dengan protector layar yang sudah bagus keuntungannya kalian tidak perlu lagi memasang screen protector pendukung.

#9. Sistem Operasi Yang di Gunakan

Banyak system operasi untuk smartphone namun beberapa yang paling terkenal dan paling banyak di gunakan di antaranya iOS, Android, Windows Phone dan Black Berry. Jenis system operasi nantinya akan berpengaruh terhadap dukungan dan ketersediaan software aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi social media facebook, whatsapp atau aplikasi gamming. Dan masing-masing system operasi memiliki kelebihan dan kekurannya. Jadi silahkan kalian pilih sendiri system operasi untuk smartphone yang anda inginkan.

#10. Konektivitas Jaringan Pada Smartphone

Konektivitas jaringan nantinya akan mempengaruhi kecepatan internet pada smartphone. Saat ini ada beberapa tingkatan konektivitas smartphone urutannya sebagai berikut untuk jaringan GSM : 2G, 2.5G, 3G ,3.5 G dan 4G semakin tinggi konektivitas jaringan pada smartphone maka akan semakin kencang kecepatan internet smartphone.

#11. Perhatikan Besar Pixcel Kamera Serta Teknologi Dan Fiturnya

Besar pixcel suatu kamera smartphone nantinya akan berpengaruh pada kejernihan gambar yang di tangkap, semakin besar pixcel pada kamera semakin bagus dan jelas hasil fotonya. Namun tidak mutlak hanya bertumpu pada besarnya pixcel nya saja namun juga ada beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu teknologi dan fitur-fiturnya.

Perhatikan Besar Pixcel Kamera Serta Teknologi Dan Fiturnya

Untuk mengulas teknologi dan fitur-fitur kamera tim teknoped akan mengulasnya secara mendalam di sesi ulasan yang lain jadi stay di terus disini.

#12. Desain dan Material Bahan Pembuatan Smartphone (Opsional)

Ini opsional jika anda tidak terlalu mementingkan desain dan material pembuatan smartphone anda bisa lewati poin ini.

Desain yang bagus tentunya akan enak untuk di lihat dan di gunakan begitupun sebaliknya untuk urusan yang satu ini menyangkut pada selera kalian masing-masing.

Material pembuatan akan berpengaruh pada ketahanan smartphone saat terjadi benturan, kebanyakan smartphone saat ini sudah banyak mengadopsi bahan metal karena di nilai sangat kuat dan tahan terhadap benturan, selain itu juga terlihat elegan dan mewah.

Dari 12 poin di atas tentu keputusan di kembalikan lagi pada budget kalian. sekian untuk tips dari kami tentang spesifikasi yang harus di perhatikan ketika membeli smartphone baru. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Spesifikasi Yang Harus di Perhatikan Ketika Membeli Smartphone Baru"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.