Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Saturday 14 March 2015

Cara Memasang Plugin Google Map di Blog Yang Responsive

Cara Memasang Plugin Google Map di Blog Yang Responsive Rating: 4.5 out of 5 1

Cara Memasang Plugin Google Map di Blog Yang Responsive - Google map merupakan peta digital yang memudahkan user untuk mengetahui lokasi / tempat tertentu, di jaman yang hampir setiap orang memiliki gadget pribadinya ini juga di ikuti dengan pesatnya kemajuan pengembangan software dalam hal ini kususnya Map digital atu Peta, gadget saat ini tidak hanya dapat di gunakan untuk menelphone namun juga dapat menjadi penunjuk arah atau GPS yag membantu user menemukan lokasi tertentu. Nah kita dalam hal ini akan memanfaatka google map plugin tersebut dan menerapkanya pada website di rekomendasikan untuk website pariwisata dan dll. sebagai penyedia layanan informasi kususnya website pariwisata tentunya ingin membuat kontent yang lengkap dan memudahkan pengunjung.

Cara Memasang Plugin Google Map

Nah dalam hal ini saya akan membahas Pentingnya informasi lokasi untuk konten yang di bahas pada sebuah website pariwisata khususnya, konten yang di maksud di sini adalah konten yang membutuhkan informasi lokasi contohnya konten yang mereview tempat wisata atau kuliner dsb.

oleh karena itu anda perlu memasang plugin google map sebagai rujukan lokasi tempat wisata tersebut yang di bahas, misalnya anda membahas mengenai wisata candi, nah tentu anda harus berfikir kira-kira apa yang pengunjung butuhkan  selain cerita-cerita menarik yang di tuliskan, pastinya lokasi ya, di mana setelah pengunjung tertarik dengan wisata yang anda bahas tersebut, tentu yang mereka pikirkan selanjutnya adalah di mana lokasi tempat tersebut, harga, masuk dll, untuk itu anda sebagai penyedia informasi jangan biarkan pengunjung anda lari untuk mencari informasi tentang lokasi tempat wisata tersebut, bagaimana caranya?? ya tentunya dengan memberikan keterangan lengkap tentang lokasi dan menerapkan plugin google map ini.

Bagaimana cara menerakan plugin google map??  untuk itu silahkan ikuti langkah-langkah memasang berikut. silahkan lihat intruksi di bawah ini.

Cara Memasang Plugin Google Map di Blog

1. Buka google map, kemudian cari lokasi yang sobat inginkan atau memang sebelumnya sudah menandai lokasi yang sobat inginkan.

cara masang google map di blog 1

2. Klik kanan pada lokasi tersebut plih "what here?"

cara masang google map di blog 2

3. Kemudian klik kanan lagi pada lokasi tadi kemudian pilih "embede lokasi"

cara masang google map di blog 3

4. Kemudian nanti muncul jendela popup pilih saja ukuran yang di inginkan.

cara masang google map di blog 4

5. Setelah selesai setting Copy scrip yang ada di kolom dan paste ke dalam halaman blog anda yang ingin di beri Plugin google map.

cara masang google map di blog 5

6. Masukan script yang telah di copy tadi ke dalam tag <div id="gm">...</div> sehingga membentuk  seperti di bawah ini. tujuanya memberi tag  dengan id gm adalah untuk membuat CSS agar tampilan Google map responsive.


<div id="gm">
<iframe src="https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m18!1m12!1m3!1d3952.9676584301355!2d110.36572999999997!3d-7.793248999999996!2m3!1f0!2f0!3f0!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!3m3!1m2!1s0x2e7a5825fa6106c5%3A0x3ea4c521a5ed1133!2sJl.+Malioboro%2C+Gedong+Tengen%2C+Kota+Yogyakarta%2C+Daerah+Istimewa+Yogyakarta+55271%2C+Indonesia!5e0!3m2!1sen!2s!4v1428946613570" width="400" height="300" frameborder="0" style="border:0">
</iframe>
</div>

Cara Membuat Agar Tampilan Google Map di Blog Responsive

1. Buka template > Buka Edit HTML
2. Tambahkan kode CSS di bawah ini di dalam tag skin, caranya cari kode </skin>. kemudian letakan kode di bawah ini tepat di atas kode tadi.


#gm {
  position: relative;
  left: 0px;
  Bottom: 0px;
  overflow: hidden;
  width: 100%;
  height: 100%;
  z-index: 0;
  text-align: center;
}


3. Simpan/Save. Selesai

Dengan menambahkan Plugin Google Map Di Blog  ini di harapkan akan memudahkan pengunjung memperoleh informasi lokasi tempat wisata atau tempat lain seperti yang anda bahas dalam artikel anda.

Demikian tutorial dari saya mengenai cara memasang plugin Google map di blog, semoga bermanfat dan menambah pengetahuan anda.

3 Responses to "Cara Memasang Plugin Google Map di Blog Yang Responsive"

  1. Memang map sangat cocok untuk web pariwisata agar pengunjung bisa langsung menemukan lokasi yang di maksud dalam artikel tentang lokasi wisata tertentu.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.