Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Thursday, 26 March 2015

Tips Cara Merawat Power Bank Agar Awet dan Tidak Cepat Drop

Tips Cara Merawat Power Bank Agar Awet dan Tidak Cepat Drop Rating: 4.5 out of 5 1

Tips Cara Merawat Power Bank Agar Awet dan Tidak Cepat Drop - Mungkin beberapa dari anda pernah  mempunyai power bank yang baru beberapa bulan di pakai sudah mengalami drop alias penurunan kualitas dalam menyimpan daya, hal ini di tandai dengan cepatnya habis daya yang di simpan dalam baterai power bank. orang-orang indonesia lebih mengenal dengan sebutan drop, mungkin itu turunan dari kata "ngedrop" saya juga tidak begitu paham dengan kata-kata itu.

Cara Merawat Power Bank

Yang paling penting di sini bagaimana cara merawat power bank agar awet agar sobat TeknoPed.com dapat menghemat pengeluaran untuk membeli power bank, ada beberapa faktor yang menurut saya ini sangat berpengaruh besar pada umur Baterai power bank anda. silahkan di cermati poin-poin penting penyebab baterai powerbank cepat rusak.

Penyebab Power Bank Cepat Rusak dan Cara Penanganannya

1. Terlalu Sering di Charger 

Point pertama ini sangat berpengaruh besar untuk umur Baterai powerbank anda. saya kasih review beberapa baterai yang sering di gunakan pada power bank dan siklus hidupnya.
  • Baterai Li-Ion (Lithium-Ion).  
Jenis  baterai ini sering di jumpai  di kebanyakan powerbank dan juga di gunakan pada  baterai smartphone karna daya tahanya yang cukup baik. Tapi perlu diketahui jenis baterai Baterai Li-Ion (Lithium-Ion) ini mempunyai siklus charge sebanyak 500 kali charge jadi setelah power bank anda telah di  charge 500 kali maka akan mengalami penurunan kualitas untuk menyimpan daya listrik.

Nah jadi jangan heran jika power bank anda rusak mungkin salah satu faktornya terlalu sering di charger. coba anda baca di spesifikasi produk power bank milik anda tersebut jika ada tercantum 500 time nah itulah yang di maksud dengan 500 kali charge ya sobat.

  • Baterai Li-Po(Lithium-Polimer). 
Nah jika anda memiliki power bank dengan jenis  baterai ini anda tidak perlu banyak khawatir tetapi juga harus tetap menjaga perawatan-nya, karna  baterai jenis ini juga mempunyai siklus hidup tetapi jauh lebih lama 2kali lipat dari jenis lithium-ion,  jika  baterai lithium-ion  mempunyai siklus charge 500kali charge maka jenis Baterai Li-Po(Lithium-Polimer) mempunyai siklus charge 1000 kali charge, dan biasanya juga telah tercantum di kemasan produk.

2. Terlalu Sering di Gunakan Sampai Drop (Kosong)

Hal ini juga dapat menyebabkan power bank anda cepat rusak untuk alasan ilmiahnya saya belum begitu memahami secara pasti tapi menurut beberapa survey yang saya lakukan (kebetulan saya pernah menjadi salles powerbank), power bank yang sering di pakai hingga drop atau daya sampai habis  umurnya lebih pendek di banding dengan power bank yang di pakai tidak sampai habis, dan di charge kembali.

3. Kebisaan Buruk Mecharger Smartphon Sambil Mengunakannya 

Duh kata-katanya sulit di pahami yak, begini maksudnya sobat,  jika pada saat anda mencharger hp/device apapun itu sebaiknya jangan sambil menggunakannya itu dapat menyebabkan ketidak stabilan arus yang di keluarkan powerbank ke device anda. hal ini juga akan berdampak buruk untuk device anda.

4. Kebiasaan Mecharger Powerbank Hingga Secara Berlebihan/Over Charging

Nah perilaku ini perlu di hindari bagi anda yang mempunyai powerbank murahan yang belum memiliki fitur “Over Charging protection”.  hal tersebut juga berlaku untuk baterai hp/device anda. over charging itu sangat berpengaruh untuk merusak batre anda, kembali lagi lagi meskipun belum ada penjelasan ilmiah yang bisa saya jelaskan, tetapi  di manual book di sarankan jangan mecharger sampai ambang waktu yang berlebihan.

Berikut adalah poin-pon yang menyebabkan powerbank anda cepat rusak ,lalu bagaimana caranya mencegah agar powerbank tidak cepat rusak, jawabannya  ya jangan lakukan keempat poin di atas. dan beberapa tips yang perlu anda lakukan.

Tips Merawat Power Bank Agar Awet dan Tidak Cepat Drop

  1. Charging powerbank ketika telah low daya (daya hampir habis ) dan cabut charger tepat pada saat led (lampu) indikator telah menyala semua, yang menandakan  baterai powerbank telah terisi penuh.
  2. Hindari mencharge hp/device dengan powerbank sambil menggunakannya, apalagi di gunakan untuk gaming.
  3. Jangan terlalu sering mencharger Powerbank, Charging seperlunya saja ketika telah hampir habis.
Nah itulah poin-poin penting yang perlu anda perhatikan untuk merawat power bank agar tetap awet, hanya dengan menggunakannya dengan bijak maka anda tidak akan terlalu cepat mengeluarkan uang lagi untuk membeli power bank baru.

Jika anda belum mempunyai power bank dan ingin membeli power bank sebaiknya baca dulu ulasan tips cara memilih power bank yang berkualitas.


Demikian ulasan dari saya mengenai cara merawat power bank agar awet dan tidak cepat drop, sekiranya artikel diatas ada kesalahan penulisan kata mohon di maklumi. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa Follow Google+ Teknoped.com dan dapatkan updatannya.

12 Responses to "Tips Cara Merawat Power Bank Agar Awet dan Tidak Cepat Drop"

  1. Replies
    1. Sama-sama gan, trimakasi udah mampir ke blog saya.

      Delete
  2. Saya punya powerbank tapi ketika di buat charge hp cepat panas hpnya..apakah ada komponen yang rusak di dalam powerbank tersebut..Mampir blog saya juga om..Sindoglamor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hp dicharger umumnya memang akan panas gan, supaya tidak terlalu panas usahakan menchager hp dengan power bank tidak sambil menggunakanya, dan usahakan power bank yang di gunakan juga berkualitas di mana daya yang masuk ke baterai hp stabil.
      Jika panasnya terlalu berlebihan kemungkinan juga ada komponen yang rusak pada powerbank.

      Terimakasih telah berkunjung di blog saya gan, pasti saya akan mampir.

      Delete
  3. Bagaimana cara merawat powerbank yang baru beli?
    Kata penjualnya di charge minimal selama 10 jam. Dan di diamkan sekitar 2 jam baru dipakai. Bagaimana pendapat anda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara merawat powerbank yang baru beli, Charger Sampai penuh kalo penuh copot, kalo abis di isi lagi, jangan biarkan Power bank ngedrop dan overcharging pakailah powerbank di saat-saat yang di perlukan saja.

      Menurut saya anggapan mencarger baterai dengan waktu yang di tentukan misal 10 jam itu trik lama, sudah tidak cocok dengan jenis baterai Li-ion dan li-po, dan sekarang untuk powerbank dan smartphone terbaru rata-rata telah menggunakan jenis baterai tersebut.

      Semoga bermanfaat

      Delete
  4. gan ane baru beli power bank eh ternyata isinya Li-Po sedangkan HP ane make batreai Li-ion apakah tidak apa2 jika di charge?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak papa gan, output yang di hasilkan juga sama saja, kalo 2A ya sama-sama 2A.

      Delete
  5. Barmanfaat sekali.. dan hal ini juga bener menurut pemikiran saya hehehehe . Thanks

    ReplyDelete
  6. Gan saya baru kemarin beli power bank yg bisa cas pake listrik dan bs jg cas pake matahari yg kapasitas tertulis ny 88000 mah, apkah it benar kapasitas bgitu? Dan pdhal bru kmrin beli ny kok cpat habis penyimpanannya pdhal cm sekali d pake nge cas. Kmrin d cas full trs hr ini d pake cas tiba2 habis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 88000 mah, kayaknya untuk saat ini belum ada deh gan, power bank dengan kapasitas daya segitu. kalo boleh tau merk apa ya?

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.