Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Tuesday, 26 May 2015

Cara Menghemat Baterai dan Memperpanjang Daya Tahan Baterai iPhone Agar Tetap Awet

Cara Menghemat Baterai dan Memperpanjang Daya Tahan Baterai iPhone Agar Tetap Awet Rating: 4.5 out of 5 1

Cara Menghemat Baterai dan Memperpanjang Daya Tahan Baterai iPhone Agar Tetap Awet - Seperti yang kita ketahui iPhone selalu Release dengan kapasitas baterai yang relatif kecil di banding kompetitornya yang selalu menambah kapasitas baterai semakin besar. Tapi Apple telah mengklaim bahwa baterai yang di benamkan di tiap unit iPhone telah sesuai dan cukup besar, pasalnya kata mereka dengan menggunakan teknologi prosesor Chip A dan di jalankan dengan iOS daya baterai akan secara baik di alokasi kan pada sistem kerja iPhone, alhasil baterai iPhone jadi lebih hemat dan tahan lebih lama meskipun menggunakan kapasitas baterai yang kecil.

9 Tips Cara Memperbaiki dan Memperpanjang Daya Tahan Baterai iPhone Agar Tetap Awet

Bahkan beberapa alasan menyebutkan kenapa iPhone selalu di menggunakan kapasitas baterai yang kecil, menurut mereka sistem operasi iOS dan hardware dari iPhone bekerja secara baik dan harmonis, alhasil alokasi daya baterai di lakukan dengan sangat sempurna, sehingga penggunaan daya baterai menjadi lebih hemat.

Meskipun begitu tetap saja para Apple Fansboy (sebutan untuk fans Apple) tidak puas dengan kapasitas baterai yang kecil, bagi mereka mungkin jika apple menambah kapasitas baterai yang lebih besar maka iPhone akan menjadi satu-satunya smartphone yang sangat sempurna, di tengah kegundahan para penggemar gadget yang selalu mempersoalkan daya tahan baterai smartphone yang jauh dari kata memuaskan. Ya kita hanya bisa berharap suatu saat akan di temukan teknologi baru untuk baterai yang mempunyai daya tahan yang lebih lama.

Mungkin beberapa tips dari saya dapat membantu persoalan anda dengan boros nya baterai iPhone, Tips berikut mungkin dapat membantu menghemat baterai iPhone anda agar daya baterai iPhone dapat lebih awet.

Menghemat Penggunaan Daya Baterai iPhone

Pada dasarnya daya tahan baterai iPhone itu bervariasi sesuai dengan penggunaan user,baterai akan lebih cepat habis jika anda menggunakan iPhone untuk aplikasi-aplikasi yang membutuhkan daya baterai yang tinggi seperti streaming  dengan menggunakan koneksi internet 3g/LTE menggunakan kamera dan masih banyak lagi.

Untuk mengetahui daya tahan baterai iPhone anda dapat mengecek ke menu Pengaturan >> Battery. Sebaikya untuk memperoleh data yang sebenarnya charge dulu iPhone anda hingga penuh atau charger iPhone dalam keadaan mati hingga penuh kemudian hidupkan kembali dan gunakan seperti biasa dan lihat daya tahan baterai iPhone anda pada mode Usage dan Stanby

Agar memonitor daya baterai lebih mudah aktifkan juga tampilan presentase baterai caranya buka menu Settings >> Battery dan tekan pada Persentase Baterai kemudian aktifkan.

Cara Menghemat Baterai iPhone

1. Indentifikasi Penggunaan Daya Baterai iPhone

Dengan cara mengidentifikasi penggunaan daya baterai anda dapat mengetahui aplikasi dan tugas apa saja yang banyak menyedot daya baterai iPhone. Setelah itu jika ada beberapa aplikasi/layanan mungkin tidak anda perlukan anda bisa menonaktif/menghapusnya suatu saat.

Untuk melihat penggunaan daya baterai iPhone anda dapat masuk ke menu setting >> Baterai, gulir kan kebawah nah di situ terdapat detail penggunaan daya baterai iPhone anda.

Selanjutnya Setelah anda mengidentifikasi aplikasi atau layanan yang sering menghabiskan daya baterai anda adalah menghapusnya atau menonaktifkanya.
  • Jika anda merasa aplikasi tersebut tidak terlalu di butuhkan sebaiknya di hapus saja.
  • Tutuplah aplikasi yang telah selesai anda gunakan dengan sempurna, sering sekali menutup aplikasi dengan cara langsung menekan tombol home, sejatinya hal tersebut tidak secara sempurna menutup aplikasi dan malah masih berjalan di background. Untuk menutupnya secara sempurna tekan tombol back kemudian terakhir tutup dengan menekan tombol home, selanjutnya swipe ke atas.

2. Matikan Layanan Lokasi

Sering sekali ketika kita hendak menginstal aplikasi kita di minta untuk memberikan akses lokasi ke apliksi tersebut, dan kabanyakan dari kita tidak mau repot dan mengiyakan untuk menyelesaikan proses penginstalan, hal tersebut tidak di sadari akan memperbanyak layanan yang di jalankan ketika aplikasi di jalankan, atau juga malah secara realtime aplikasi akan menjalankan aplikasi tersebut di background.

Hal tersebut akan menambah penggunaan daya baterai, nah untuk itu sebaiknya gunakan secara bijak, dan jangan asal.

Tapi jika telah terlanjur begitu tidak apa, anda bisa juga mengakalinya dengan secara langsung menonaktifkan layanan Lokasi, tapi efeknya semua aplikasi tidak akan bisa menggunakan layanan lokasi tersebut seperti map, navigasi dll, untuk itu jika anda hendak menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut anda bisa menghidupkan kembali dan menonaktifkan kembali ketika anda tidak membutuhkanya.

Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan layanan lokasi/Gps masuk ke menu setting >> Privasi >> Lokasi Layanan

3. Background App Refresh

Sejak iOS 7 di luncurkan apple meningkatkan performa multitasking yang memungkinkan aplikasi dapat mengambil konten di latar belakang, sebetulnya ini merupakan kemajuan yang bagus tetapi tidak untuk penggunaan daya baterai, aplikasi yang berjalan di background akan menggunakan daya, meskipun sedikit tetapi hal tersebut di lakukan secara terus menerus sehingga cukup menyedot banyak daya. apalagi aplikasi facebook.

Menurut beberapa sumber yang kabarnya mantan teknisi dari apple, dia menyebutkan bahwa salah satu aplikasi yang menguras banyak daya baterai adalah facebook, dia juga menyarankan agar menonaktifkan layanan lokasi dan app refresh untuk aplikasi facebook ini.

Untuk menonaktifkan Background App Refresh masuk ke menu Settings >> General >> Background App Refresh >> dan nonaktifkan, anda juga bisa memilih aplikasi mana yang ingin di nonaktifkan Background App Refresh nya di menu setting tersebut.

4. Pilih Mode Push Email

Push email juga menjadi layanan yang paling banyak menyedot daya baterai iPhone. Push email akan secara otomatis menyegarkan pembaruan dari email tersebut tergantung pada mode yang di berikan, tetapi secara default Push email akan berada pada mode Fetch, pada mode tersebut Push email akan menyegarkan secara otomatis untuk mengambil konten di latar belakang setiap 15 menit.

Jika di rasa anda tidak terlalu membutuhkan pembaruan kabar dari email secara terus menerus sebaiknya ubah ke mode Push, dalam mode tersebut nantinya anda hanya akan mendapatkan pembaruan dari email hanya ketika anda membuka aplikasi email saja.

Untuk cara setting Push email buka menu Setting >> Email, Kontak dan Kalender >> Kemudian pilih Push
.

5. Periksa Signal Jaringan seluler

Jika anda berada di daerah dengan signal yang kurang stabil, sebaiknya anda cek jaringan apa yang paling stabil di daerah tersebut, kemudian beralih lah ke mode penetapan ke jaringan yang lebih stabil tersebut,  jaringan yang kurang baik juga dapat menguras banyak daya baterai, untuk beralih mode cara nya masuk menu Settings >> Umum >> Seluler / Mobile >> Eneble LTE / Eneble 4G / pilihan jaringan lain, pilih saja Off, dan sisakan hanya pada jaringan yang lebih stabil.

6. Gunakan Low Power Mode

Fitur baru dari iOS 9 yaitu Low power mode, fitur ini di khususkan pada saat darurat ketika baterai telah hampir habis, dengan mode ini anda dapat mengurangi konsumsi daya baterai hingga baterai dapat tahan lebih lama, hingga 3 jam, dalam waktu tersebut sebaiknya cari sumber listrik terdekat untuk melakukan charging.


7. Tips Lain-Lain

#Atur Notification Center Widgets
Menghapus Notification center widgate juga cukup ampuh untuk mengurangi penggunaan daya baterai agar lebih awet caranya >> Notification center


Gulir kan kebawah, dari tepi atas layar yang biasanya anda gunakan untuk mengakses Notification Center. Kemudian tekan pada Tab Hari, gulir ke bawah dan tekan pada tombol Edit. Tekan pada icon strip merah untuk menghapus widget dari Notification Center.

#Matikan Dynamic Wallpapers
Menonaktifkan Dynamic Wallpapers juga cukup baik memperirit penggunaan daya baterai, pasalnya Dynamic Wallpapers ini juga menguras baterai yang cukup banyak.

#Menonaktifkan efek Gerak, paralaks
Apple menambahkan sejumlah animasi dan efek fisika berbasis pada antarmuka di iOS 7. Beberapa dari efek ini bahkan mengakses data gyroscopic, yang memberikan kontribusi lebih lanjut untuk menguras baterai. Anda dapat menonaktifkan efek gerakan ini dengan masuk ke Menu Settings >> General >> Accessibility >> Reduce Motion and turn on the switch

#Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis pada App Store
Secara default App Store akan secara otomatis melakukan update aplikasi jika ada pembaruan dari aplikasi terkait, Untuk menonaktifkanya Masuk ke menu Settings >> iTunes dan App Store >> gulir ke bawah pada "Automatic Download" switch of pada "Update".

8. Menormalkan Kembali Ukuran Presentase Baterai agar Lebih Akurat

#Kalibrasi Baterai iPhone
Dengan melakukan kalibrasi atau penormalan kembali ukuran presentase baterai iPhone anda akan memperoleh data yang lebih akurat setidaknya lakukan ini setiap sebulan sekali.


#Restart / Reset iPhone Anda
Tahan tombol Sleep / Wake dan tombol Home pada saat yang bersamaan selama sedikitnya sepuluh detik, sampai muncul logo Apple.

#Reset Network Settings
Atur ulang pengaturan jaringan dengan menekan  Settings >> Umum >> Reset >> Reset Network Settings. Ini akan mengatur ulang semua pengaturan jaringan, termasuk password, VPN, dan pengaturan APN.

9. Kembalikan Kepengaturan Awal

Cobalah untuk mengembalikan iPhone ke pengaturan awal dan mengaturnya sebagai iPhone baru ( perlu diketahui ini akan menghapus semua data ), cara reset masuk ke menu Settings >> Umum >> Reset >> Menghapus Semua Konten Dan Pengaturan dan mengaturnya sebagai iPhone baru ( bukan dari cadangan ). Tapi sebelum Anda menghapus semua isi dan pengaturan, Beckup dahulu data dari iPhone Anda menggunakan iTunes atau iCloud, atau secara selektif mengambil cadangan dari foto dan video menggunakan Dropbox atau yang lainnya.

Seperti yang saya jelaskan di atas apple memang memberikan kapasitas baterai yang kecil untuk iPhone, nah untuk itu kita perlu sekali melakukan optimasi agar daya baterai di gunakan sebaik mungkin dan tidak terbuang secara percuma.

Demikian  Cara Menghemat Baterai dan Memperpanjang Daya Tahan Baterai iPhone Agar Tetap Awet, semoga dapat bermanfaat.

Sampaikan pendapat anda di kolom komentar, tentang penggunaan daya baterai iPhone. Jangan lupa juga Follow dan like Fans Page kami.

0 Response to "Cara Menghemat Baterai dan Memperpanjang Daya Tahan Baterai iPhone Agar Tetap Awet"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.