Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Friday 30 October 2015

Tips Cara Merawat Laptop Dengan Baik Agar Awet

Tips Cara Merawat Laptop Dengan Baik Agar Awet Rating: 4.5 out of 5 1

Tips  Cara Merawat Laptop Dengan Baik Agar Awet -  Agar laptop awet lebih lama kita perlu merawatnya dengan baik, sebetulnya bentuk perawatan laptop cukup hanya dengan menggunakannya secara baik dan Benar saja, menggunakan secara semestinya dan tidak memberatkan kerja laptop tersebut. Namun beberapa dari anda mungkin butuh penjelasan khusus tentang bagaimana cara merawat laptop yang baik dan kenapa harus di lakukan demikian.

Baik, pada dasarnya suatu laptop itu telah mempunyai standar kemampuan untuk melakukan sesuatu kerja, misalnya sebuah laptop yang hanya memiliki CPU Dual Core, RAM 512 dan tanpa GPU pasti akan berat atau malah tidak akan sanggup untuk menjalankan game dota yang notabene sebagai game yang membutuhkan spesifikasi tinggi untuk dapat menjalankannya.

Tips  Cara Merawat Laptop Dengan Baik Agar Awet

Jika anda telah tahu demikian maka sebaiknya anda tidak memaksakannya, dan sebaiknya perlakukan laptop anda dengan semestinya yang mampu laptop anda kerjakan. Hal tersebut merupakan Poin penting agar laptop anda dapat awet lebih lama.

Poin Penting Cara Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar

Agar lebih mudah untuk memahami tips cara merawat laptop dengan baik dan benar berikut ini saya akan coba memberikan beberapa poin yang perlu anda lakukan untuk menjaga laptop anda agar terus awet lebih lama.

#1. Instal Program/Aplikasi Seperlunya Saja

Menginstal aplikasi yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan laptop berkinerja tidak maksimal, kadang ada program yang berjalan di background secara terus menerus ketika laptop di hidupkan, alhasil proses program tersebut akan membebani RAM dan CPU sehingga keduanya bekerja lebih berat dari yang seharusnya
.
Nah untuk itu instal program atau aplikasi yang anda butuhkan saja misal jika anda hanya membutuhkan laptop untuk membuat laporan kerja instal saja  program yang berkaitan dengan kerja anda dan sedikit program untuk hiburan menurut saya tidak akan masalah.

#2. Instal Anti Virus Terbaik dan Ringan Untuk Laptop Anda

Menginstal anti virus memang mutlak perlu di lakukan, apalagi jika anda seorang mahasiswa yang kebiasaan nyolokin flasdisk di mana-mana, karena perlu di ketahui penyebaran virus yang paling  sering adalah melalui hard Drive ke hard Drive, nah untuk melindungi laptop anda dari virus yang kemungkinan anda bawa melalui flasdisk dari PC/laptop orang lain anda sangat di anjurkan untuk menginstal anti virus pada laptop anda. Jika tidak siap-siap saja jika file anda rusak karena terkena virus.

#3. Jangan Memaksakan Menginstal Program Aplikasi dan Game Berat Pada Laptop Anda

Seperti yang saya sampaikan di atas memaksakan laptop untuk menjalankan program yang bukan kapasitasnya merupakan tindakan yang kurang bijak, mungkin 1 atau dua kali tidak akan nampak efeknya, hingga sampai ke sekian kalinya mungkin laptop anda akan menurun performanya.

Dapat di ibaratkan seseorang dengan badan kurus secara logika tidak akan kuat lama untuk mengangkat beban berat, berbeda dengan seseorang yang memiliki badan besar dan kekar tentu akan kuat lebih lama untuk mengangkat beban yang berat. Hal tersebut hampir sama dengan laptop anda tentu dengan spesifikasi laptop anda yang pas-pasan akan cepat rusak jika di gunakan untuk menjalankan program berat. Nah untuk itu gunakan laptop anda dengan semestinya saja yang sesuai dengan kapasitasnya.

#4. Hindari Melakukan Multi Tasking Yang Berlebihan

Multi tasking merupakan fitur di mana laptop dapat mengerjakan lebih dari 1 pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Memang Multi tasking sangat membantu menyelesaikan pekerjaan kita dengan lebih cepat namun jika terlalu sering dan terlalu berlebihan melakukan Multi tasking hingga batas kemampuan laptop, laptop dapat mengalami macet sehingga terjadi bluescreen. 

Cara merawat RAM Laptop

Untuk itu Sebaiknya gunakan Multi tasking  sewajarnya saja. Mungkin mengerjakan 2-3 program secara bersamaan dengan ram 2 GB sudah cukup dan tidak terlalu berat untuk laptop anda.

#5. Pastikan Bahwa Saat Anda Mendownload Hal-Hal di Internet Tidak Di Sertai Dengan Program Instaler

Ini sering sekali terjadi, ketika anda hendak mendownload video atau file dari internet anda sering sekali di anjurkan untuk mendownload installer atau program downloader untuk alat mendownload file yang anda inginkan, program freeware tersebut selain akan memenuhi sisa kapasitas Hard Disk di laptop anda juga sering sekali Berjalan di backgroud tanpa sepengetahuan anda dan hal tersebut tentu akan menggunakan Space Ram laptop anda, akibatnya Beban pada ram akan bertambah dari yang semestinya.

#6. Jika Di Perlukan Instal Juga Program Aplikasi Pembersih Sampah Seperti C Cleaner dll.

Menginstal  program pembersih sampah menurut saya pribadi antara penting dan tidak penting, apalagi jika laptop anda di lengkapi dengan RAM yang kecil,  karena program seperti C Cleaner akan berjalan secara terus menerus untuk memindai data dan hal tersebut tentu menggunakan akan space RAM laptop anda, jika anda gunakan program tersebut tentu anda hanya akan mendapatkan sedikit sisa space RAM untuk aplikasi utama. Untuk itu jika di rasa penting boleh di instal jika tidak juga tidak akan bermasalah terhadap apapun.

#7. Hindari Menaruh Makanan dan Minuman Di Dekat Laptop

Untuk menghindari kecelakaan yang tidak di inginkan seperti laptop tertumpahi oleh air, kopi atau makanan sebaiknya jangan meletakkan makanan atau minuman dekat dengan laptop anda, jika laptop sampai tertumpahi cairan langsung di pada komponen dalam hardware nya dalam keadaan hidup kemungkinan besar laptop anda akan langsung rusak karena terjadi koresleting.

Sekedar saran saja untuk pertolongan pertama jika laptop anda tertumpahi air sebaiknya sesegeralah cabut aliran listrik yang terhubung ke laptop anda bisa dari charger ataupun baterai sebelum air terkena aliran listrik pada komponen hardware.

#8. Bersihkan Keyboard dan Komponen Laptop Lainnya Secara Berkala

Membersihkan keyboard secara rutin juga dapat menjaga performa laptop dalam keadaan baik, tidak hanya keyboard saja komponen lainnya di dalam laptop juga  perlu anda bersihkan, debu yang menempel pada komponen hardware di dalam laptop dapat menyumbat panas, sehingga sirkulasi panas pada komponen laptop tidak baik, hal tersebut dapat menimbulkan komponen laptop jadi cepat panas.

Selain itu pula debu yang menempel pada komponen hardware laptop juga dapat mengganggu aliran listrik, nah untuk itu selalu bersihkan komponen laptop anda secara berkala.

#9. Gunakan Cooling Pad/Kipas Pendingin Laptop dan Jangan Gunakan Laptop dengan Alas Yang Kedap Udara

Menggunakan cooling pad merupakan langkah untuk mencegah laptop lebih cepat panas, keadaan suhu laptop yang panas dapat memicu terjadinya overheat pada laptop. Nah untuk itu gunakan lah cooling pad selalu saat anda menggunakan laptop untuk menjaga suhu pada laptop tetap normal

Selain itu faktor lain yang dapat memicu suhu laptop cepat panas adalah sirkulasi udara yang kurang baik, seperti saat anda menggunakan laptop dengan alas kasur, bantal dan lain sebagainya hal tersebut akan membuat sirkulasi udara pada laptop menjadi tidak lancar akibatnya udara panas akan terus terkumpul dalam laptop anda hingga laptop menjadi lebih cepat panas.

Jika laptop anda telah mencapai panas yang tidak wajar sebaiknya segera matikan laptop anda kemudian dan tunggu hingga suhu normal kembali, hal tersebut bertujuan menghindari terjadinya overheat pada laptop.

#10. Tips Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet Lebih Lama

Untuk merawat baterai laptop agar awet dan tahan lebih lama, sebaiknya jangan terlalu sering melakukan charger karena semua jenis baterai memiliki umur bukan menurut tahun atau waktu melainkan seberapa sering baterai tersebut di charger, nah untuk itu sebaiknya hindari terlalu sering mencharger baterai laptop.

Charging baterai laptop saat daya baterai laptop mendekati habis ya kira-kira 30%, kemudian langsung cabut ketika baterai telah penuh. Jangan pula mencharger baterai laptop sambil menggunakannya hal tersebut akan memperlama proses pengisian karena proses pengisian daya dan pengeluaran daya baterai di lakukan secara bersamaan.

#11. Jangan Menggunakan Laptop dengan Posisi Alas yang Tidak Stabil (Hindari Mengguncang Laptop Dalam Keadaan Hidup)

Cara Merawat Harddisk Laptop

Menggunakan laptop dengan alas yang tidak stabil sehingga laptop mudah terguncang akan memungkinkan head menggores cylinder  pada Hard Disk  laptop anda jika sudah demikian maka siap-siaplah untuk membeli Hard Disk baru untuk laptop anda karena Hard Disk yang lama sudah di pastikan tidak lagi dapat di gunakan karena rusak.

#12. Saat Menggunakan Laptop Tanpa Baterai Usahakan Batasi dengan UPS dan Stavol

Stavol berfungsi sebagai penyetabil tegangan listrik yang mengalir pada laptop anda, faktor yang paling sering merusak laptop atau komputer anda adalah tegangan listrik yang tidak stabil, untuk itu gunakan stavol sebagai penyetabil tegangan listrik, apalagi jika sumber listrik anda berasal dari generator yang kecil dan cenderung tidak stabil, maka sangat di anjurkan  anda menggunakan stavol.

Selain stavol saat anda menggunakan laptop tanpa baterai di anjurkan sekali anda juga menggunakan UPS sebagai mebatas jika terjadi pemadaman secara tiba-tiba, UPS bisa digunakan untuk menyimpan cadangan listrik, sehingga laptop anda akan tetap menyala untuk beberapa menit ketika listrik padam, hal tersebut bertujuan menghindari laptop anda mati  secara tiba-tiba. loncatan listrik (power surge) atau listrik mati secara tiba-tiba akan berpotensi merusak Hard Disk laptop Anda karena Hard Disk membutuhkan waktu untuk mengatur kembali posisi head di dalamnya dari posisi bekerja ke posisi diam.

Dengan kata lain, loncatan listrik secara mendadak dapat mengganggu kinerja Hard Disk. Bayangkan saja, ketika Hard Disk sedang bekerja memproses data seperti mengopi, memindahkan, atau menghapus file, tiba-tiba saja harus dimatikan secara paksa (force shut down), otomatis akan menyebabkan file yang bersangkutan tadi rusak (corrupted) sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Bahkan, sistem operasi yang bekerja pada komputer Anda dapat pula mengalami kerusakan (corrupted), sehingga Anda harus menginstall ulang kembali “Sistem Operasi” untuk laptop anda.
Nah demikian tips cara merawat laptop dengan baik agar awet Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda untuk merawat laptop, jika anda ingin menambahkan atau berpendapat berbeda tentang tips di atas bisa anda tuliskan di kolom komentar di bawah.

0 Response to "Tips Cara Merawat Laptop Dengan Baik Agar Awet"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.