Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Wednesday 28 October 2015

Tips Cara Memilih Laptop Yang Bagus Dan Sesuai Dengan Kebutuhan

Tips Cara Memilih Laptop Yang Bagus Dan Sesuai Dengan Kebutuhan Rating: 4.5 out of 5 1

Tips Cara Memilih Laptop Yang Bagus Dan Sesuai Dengan Kebutuhan - Memilih Laptop yang pas dan sesuai kebutuhan memang penting di lakukan, tujuannya agar laptop nantinya dapat di gunakan secara maksimal dan sesuai kapasitas nya, selain itu fitur dan keunggulan yang ada tidak mubazir karena tidak di gunakan dengan maksimal, dan jika ada sisa budget masih dapat kita alokasi kan untuk kebutuhan lainnya.

Banyak sekali pilihan laptop di pasaran yang hampir semuanya bagus dan memiliki standar kekuatan yang telah di tetapkan, soal keawetan saya rasa 90% itu tergantung pemakaian user, 10% nya faktor produksi. 

Tips Cara Memilih Laptop Yang Bagus Dan Sesuai Dengan Kebutuhan

Nah untuk mendapatkan laptop yang bagus dan sesuai kebutuhan kita perlu memaksimalkan 90% dari faktor keawetan laptop tersebut yang nantinya akan berkaitan dengan cara memilih laptop degan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan agar pemakaian laptop juga dapat sesuai dengan apa yang seharusnya dapat di lakukan dengan laptop tersebut, tidak terlalu memberatkan dan tidak terlalu melegakan.

Tips Cara Memilih Laptop Yang Bagus Dan Sesuai Dengan Kebutuhan

Memilih laptop yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kita perlu mengacu kepada beberapa faktor, pertama kerja apa yang akan ada lakukan dengan laptop tersebut dan berapa budget yang anda punya. Berikut Poin-poin yang untuk memilih laptop yang bagus yang akan berkaitan dengan 2 faktor di atas.

Point #1. Identifikasi Spesifikasi Laptop Yang Anda Butuhkan

Mengindentifikasi spesifikasi laptop yang di butuhkan ini gampang-gampang susah,  pertama kita identifikasi dahulu kerja apa yang akan anda lakukan dengan laptop anda. Jika anda membutuhkan laptop yang mempunyai performa baik untuk ganding dan olah data anda perlu mengamati poin spesifikasi pada komponen multimedia dari laptop yang ingin anda pilih,

# Spesifikasi Laptop Multimedia

Jika anda menginginkan laptop yang memiliki performa multimedia yang bagus sebaiknya pilih laptop dengan clock Speed CPU yang lebih cepat dan core yang lebih banyak contoh untuk CPU minimum sebaiknya menggunakan intel core i3 yang memilki core sebanyak 4(Quad Core) dengan Clock Seed tertentu di masing-masing core, selain itu perhatikan pula pada GPU (Graphic Processing Unit) sebaiknya pilih GPU laptop dengan GPU terpisah dari CPU, bisa dari Nvidia Geforce atau yang lain-nya dengan kapasitas minimal 1gb, dengan GPU tersebut laptop anda sudah dapat  menampilkan grafis yang cukup baik dan jauh dari lag.

memilih ram yang baik untuk laptop multimedia

Kemudian jika komponen di Atas telah terpenuhi lihat space ram yang di gunakan, sebaiknya pilih saja ram dengan space di atas 2 GB, karena dengan space tersebut sudah sangat cukup baik melakukan Multi tasking dan menjalankan program medium - berat. Poin spesifikasi yang pertama ini bisa kita golongkan sebagai laptop dengan performa multimedia yang baik.

# Spesifikasi Laptop Gaming Atau Untuk Kebutuhan Desain

Jika Anda membutuhkan laptop untuk gaming atau olah desain grafis yang baik sebaiknya pilih laptop yang memiliki CPU standar saja dan melebihkan untuk kebutuhan GPU (Graphic Processing Unit) yang lebih besar, karena CPU dengan clock yang lebih cepat dan core yang lebih banyak hanya jauh lebih powerfull jika digunakan untuk encoding video, desain animasi, editing foto saja yang lebih ditujukan untuk produktivitas dan aktivitas kerja.


Nah untuk itu sebaiknya anda maksimalkan di GPU saja, ada dua manufaktur yang sudah sangat di percaya GPU buatannya sangat bagus untuk laptop gaming yaitu Nvidia Geforce dan Amd Radeon.

RAM, Berkaitan dengan Ram, Pilih ram secukupnya saja untuk standar minimum gunakan ram 4 GB, dengan kapasitas ram tersebut anda sudah dapat menjalankan game dengan sangat lancar.

# Spesifikasi Laptop Untuk Produktivitas dan Aktivitas Kerja

Untuk memilih laptop yang yang bagus untuk aktivitas kerja, seperti pengolahan data, yang tidak terlalu berhubungan dengan grafis anda dapat memilihnya dengan memperhatikan beberapa komponen, yang pertama perhatikan pada CPU yang di gunakan, untuk kegiatan kerja seperti mengolah data dengan aplikasi Microsoft Office atau untuk kegiatan develop aplikasi anda membutuhkan CPU yang lebih cepat sebaiknya pilih yang memiliki core lebih banyak agar proses kerja dapat lebih cepat di lakukan, untuk spesifikasi minimal anda bisa gunakan intel cor i5 quad core itu sudah lebih dari cukup.

Untuk RAM agar performa CPU di gunakan secara maksimal sebaiknya gunakan RAM dengan space yang lebih besar, dengan clock Seed 21GHz sangat cocok jika anda gunakan RAM dengan Space minimal 2GB, Dengan space RAM tersebut kerja anda akan lebih maksimal dengan Multi Task yang baik.

Point #2. Identifikasi Budget anda

Budget bisa menjadi faktor utama untuk anda, tanpa budget buat apa anda memilih laptop yang bagus, jika anda memiliki budget pas-pasan  sebaiknya ambil laptop dengan spesifikasi minimal dari poin #1, atau anda juga bisa menurunkannya dari spesifikasi minimal tersebut jika di rasa laptop tersebut terlalu bagus untuk kerja anda.

Contohnya jika ruang lingkup kerja anda membutuhkan laptop untuk membuat document, mengolah data dengan Ms Excel  anda cukup menurunkan spesifikasi minimal dari poin #1, misal menurunkan spesifikasi CPU dari Intel core i5 ke core i3 atau ke intel pentium,  dengan 2 core saja itu sudah sangat cukup. Untuk ram 2 GB sudah sangat membantu sekali untuk proses kerja CPU tersebut.

Pilih Merk yang memiliki layanan Service di daerah anda, dan pastikan laptop yang anda beli di sertai dengan garansi minimal 1 tahun. Adapun daftar Merk laptop yang dapat menjadi acuan anda untuk memilih laptop yang bagus di antaranya adalah Asus, Lenovo, Toshiba, Acer, Dell, Samsung dan MSI(untuk gaming) , namun Merk bukan merupakan acuan yang mutlak untuk mendapatkan laptop yang bagus, Merk hanya berkaitan dengan layanan Service yang saja.
Nah itulah tips cara memilih Laptop yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan, semoga tips ini dapat membantu anda lebih bijak untuk memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan anda.

0 Response to "Tips Cara Memilih Laptop Yang Bagus Dan Sesuai Dengan Kebutuhan"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.