Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Monday 18 January 2016

7 Daftar Pekerjaan Pelarian dan Peluang Bisnis Kreatif Untuk Sarjana IT

7 Daftar Pekerjaan Pelarian dan Peluang Bisnis Kreatif Untuk Sarjana IT Rating: 4.5 out of 5 1

TeknoPed.com - Opini ini berawal dari kekhawatiran saya pribadi sebagai lulusan IT. Semakin membludaknya Sarajana IT muda sekarang ini membuat membuat persaingan kerja di bidang IT menjadi lebih berat, beruntung mereka yang telah mendapatkan pekerjaan kantoran yang mapan, mereka hanya perlu bekerja yang baik untuk mempertahankan posisinya, namun di sisi lain bagaimana dengan nasib jutaan sarjana IT lainnya, yang tidak seberuntung mereka yang telah mendapatkan pekerjaan mapan, entahlah bagaimana ke-depannya, yang penting selaku orang yang ahli di bidang IT kita telah di ajarkan untuk memiliki pola pikir kreatif dan menguasai banyak hal.


Dari hasil 4 tahun mengenyam dan mendalami ilmu di bidang IT, tentu kita telah menguasai banyak keahlian di bidang tersebut, tinggal bagaimana kita menggunakannya apakah anda hanya akan mengandalkan dan bersikukuh untuk bekerja di perusahaan, jika anda berfikir begitu saya rasa anda memiliki pola pikir yang kurang tepat, sebab kita sebagai sarjana IT bisa lebih dari itu. Banyak sekali usaha di bidang IT yang bisa anda kerjakan dari yang mulai untung kecil sampai untuk besar pun ada. asalkan masih dalam konteks wajar dan tidak melanggar hukum.

Kembali lagi jika anda masih memiliki prinsip bekerja harus menjadi kariawan di perusahaan cobalah rubah prinsip tersebut, percayalah banyak sekali yang bisa anda lakukan, kecuali jika anda pada masa kuliah hanya main-main saja hingga lulus tidak mendapat kemampuan apapun.

Sekarang yang perlu anda lakukan adalah merubah prinsip dan pola pikir bekerja harus menjadi karyawan perusahaan ternama dan kemudian coba buka peluang baru dengan kemampuan dan kreatifitas Anda sebagai sarjana IT sejati. dengan demikian mungkin akan lebih baik untuk menolong hidup anda menjadi lebih sukses dan kaya.

Banyak sekali peluang kreatif untuk mengais rezeki yang bisa anda lakukan sarjana IT selain menjadi karyawan perusaan, anda dapat medirikan usaha mandiri kreatif memungkinkan anda akan lebih sukses di banding dengan menjadi seorang babu karyawan. Jika anda masih bingung " Apa sih usaha kreatif yang bisa anda lakukan untuk mengais rejeki?", nah berikut ini penulis akan coba berikan beberapa list yang mungkin anda bisa lakukan untuk menjadi lebih sukses.

7 Daftar Pekerjaan Pelarian dan Peluang Bisnis Kreatif Untuk Sarjana IT

# 1. Freelance Programmer

Menjadi seorang freelancer programmer merupakan pilihan yang sangat tepat untuk anda sarjana IT, dengan kemampuan programing yang anda kuasai anda bisa menggunakannya untuk menjadi programmer pekerja lepas, selain untuk mendapatkan pundi-pundi uang, hal tersebut juga akan mengasah kemampuan anda di bidang programming.

Banyak sekali tokoh sukses yang awalnya memulai usaha menjadi Freelancer programing, seperti Bill Gate pendiri microsoft, MarkZuckerberg yang rela Drop Out dari Harvard University dan memilih untuk menjadi seorang Freelance Programmer dan akhirnya kini menjadi salah satu manusia terkaya di dunia.

# 2. Blogger

Menjadi seorang blogger juga merupakan pekerjaan pelarian anak IT yang cukup memiliki prospek masa depan yang bagus, memiliki Blog atau situs website selain dapat  menghasilkan uang yang lebih banyak juga dapat menjadi investasi jangka panjang yang bagus. 

Memiliki Website dan mengelolanya secara pribadi juga merupakan pekerjaan yang santai dan dapat menjadi sambilan untuk pekerjaan utama. Jika blog atau website telah memperoleh banyak pengunjung anda bisa dapat monetize blog anda pada layanan advertiser, seperti google adsense, atau juga masih banyak layanan iklan yang lain untuk mendulang rupiah.

Banyak sekali tokoh sukses besar dari menjadi seorang blogger salah satunya yang paling terkenal adalah Eka Lesmana, yang mengawali sukses menjadi blogger mulai dari 0, bahkan pada mulanya Eka Lesmana mengawali kegiatan blogging melalui warnet dan kemudian berlanjut kasbon ke-Bosnya untuk membeli laptop baru, dan hingga sekarang dia sukses mendapatkan puluhan juta setiap bulan dari blog melalui layanan iklan google adsense.

# 3. Membuat Toko Online Kecil Kecilan

Membuat toko online juga merupakan peluang bisnis menggiurkan yang bagus saat ini, di jaman yang serba online seperti saat ini anda akan lebih mudah untuk memperoleh pelanggan untuk toko online. 

Anda bisa menjadi reseler sebuah produk dan menjualnya ke toko online milik anda atau juga bisa menjual produk anda sendiri malah lebih bagus. banyak tokoh sukses yang mengawali bisnisnya melalui toko online seperti Fani (Istofani Api Diany) pemilik toko online Fitinline.com. 

# 4. Menjadi Pengembang Game

Game merupakan aplikasi yang paling banyak di downoad di toko aplikasi mobile seperti Google Play Store  dan Apps Store, dari situ kita tahu bahwa banyaknya peminat game dan semakin bertambah setiap waktu mengikuti perkembangan gadget. Menjadi seorang pengembang game akan menjadi ladang bagus untuk mendulang dolar dolar, seperti kasus yang belum lama ini tenar seorang kuli panggul mendapatkan 1000 dolar dari google melalui game yang di unggahnya di google play store.

Dengan keterbatasan kemampuan dan alat yang di gunakan Henry Jufry sukses menjadi pengembang game dan menghasilkan puluhan juta. Tentu anda sebagai seorang enginer dengan latar belakang  IT yang kental, akah lebih mudah untuk mengembangkan game yang lebih bagus di banding dengan Henry yang tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang IT.


# 5. Buka Bisnis Jasa Reparasi Komputer

Dengan kemampuan basic anda di bidang komputer tentunya akan mudah untuk membetulkan komputer atau laptop yang rusak, dengan kemampuan tersebut anda dapat membuka usaha jasa reparasi komputer. 

Selain semakin mengasah kemampuan anda di bidang komputer, juga akan menambah pundi-pundi uang dari usaha tersebut. Bukan tidak mungkin sukses besar akan anda capai.

Selain itu usaha ini juga tidak terlalu membutuhkan modal yang cukup besar, anda bisa membuka jasa reparasi panggilan tersebut via online dengan memasang pada layanan iklan baris seperti olx.co.id atau yang lainnya.

# 6. Membentuk Tim dengan Teman-Temanmu Untuk Membuat Starup Baru

Starup merupakan peluang bisnis yang lagi ngetren di tahun ini, banyak sekali starup-starup baru bermunculan di tahun 2015 seperti Go-jek. Dengan anda di bidang IT mungkin akan lebih mudah untuk mendapatkan teman yang memiliki misi yang sama untuk membangun sebuah starup baru yang siap sukses.

Dengan membentuk sebuah tim kecil yang memiliki misi yang sama anda tidak perlu berfikir mengaji mereka terlebih dahulu agar anda berhasil di bangun. 

Contoh starup yang dulunya di bentuk oleh sekumpulan anak muda adalah Tokopedia.com, pada mulanya starup ini di bangun oleh dua orang yang sangat menginspirasi yaitu Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya hingga sekarang menjadi sebuah marketplace terbesar di indonesia.

# 7. Menjadi Personal Konsultan IT untuk Web Desain, Pengembang Aplikasi atau Sistem Informasi dan Mulai Menerima Job

Menjadi seorang konsultan IT memang merupakan pekerjaan yang cukup menguras tenaga dan pikiran, apalagi jika anda tidak memiliki tim anda akan memerlukan tenaga ekstra agar proyek yang anda tangani bisa selesai sesuai target yang di inginkan pelanggan.

Namun Anda tetap bisa menyiasati masalah tersebut, caranya jika anda telah berhasil memperoleh proyek yang telah di sepakati, bentuk lah sebuah tim kecil dengan tenaga ahli di bidangnya dengan awalan membuka sebuah lowongan kerja part time untuk masing-masing bidang yang anda butuhkan seperti desain, Programmer dll, dan menggaji mereka dengan nominal yang telah di sepakati.

Tidak perlu muluk-muluk, jika di rasa anda belum terlalu mahir awali dengan memilih proyek-proyek ringan yang sekiranya anda atasi.

Nah itulah 7 Pekerjaan Pelarian Mahasiswa Lulusan IT yang anda bisa coba untuk memulai kesuksesan. Ini merupakan opini dari penulis, jika anda memiliki argumen lain atau sanggahan langsung saja tulis di komentar.

0 Response to "7 Daftar Pekerjaan Pelarian dan Peluang Bisnis Kreatif Untuk Sarjana IT"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.