Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Tuesday 2 August 2016

7 Alasan Untuk Tidak Membeli Smartphone BM (Black Market)

7 Alasan Untuk Tidak Membeli Smartphone BM (Black Market) Rating: 4.5 out of 5 1

7 Alasan Untuk Tidak Membeli Smartphone BM (Black Market) - Smartphone saat ini telah hampir menjadi kebutuhan untuk manusia modern, tidak memiliki smartphone di jaman ini akan menjadi hal yang aneh malah cenderung di anggap ketinggalan jaman. Karena harga smartphone yang juga cukup mahal untuk dapat memilikinya sebagian orang kadang memilih untuk membeli produk BM black market karena harganya jauh lebih murah di banding dengan harga smartphone yang masuk ke Indonesia secara resmi.

Bicara soal black market, sebenarnya apa si produk black market itu?. Barang black market biasanya merujuk kepada praktek penjualan, atau barang yang diimport ke Indonesia secara tidak resmi, tanpa izin, tidak mengikuti prosedur, tidak mendapat sertifikat/surat-surat, tidak kena pajak, dll. Dengan kata lain, keberadaannya ilegal. sudah ada gambaran tentang black market, kurang lebih seperti itu lah black market.

Karena distribusinya tidak melalui prosedur yang semestinya produk black market memiliki harga yang jauh lebih murah di banding dengan produk yang beredar secara resmi. Untuk kualitasnya tidak bisa di sandingkan dengan produk yang beredar secara resmi, namun juga tidak semua produk black market itu memiliki kualitas yang buruk, perbandingannya dari 10 produk pasti ada 3 di antaranya memiliki kualitas yang buruk.

Nah pada artikel ini tim teknoped.com akan mengulas 7 alasan untuk tidak membeli produk black market.

Alasan Untuk Tidak Membeli Smartphone BM (Black Market)

Tahukah kalian bahwa dengan tidak membeli produk black market kita bisa menekan peredaran produk black market yang merugikan Negara ini, selain itu kita juga akan terhindar dari resiko untuk mendapat produk yang berkualitas rendah, lalu apalagi alasan lainnya, yuk simak lebih dalam lagi dampak buruknya.

#1. Aksesori tidak original

aksesoris smartphone BM tidak original

Aksesoris merupakan komponen penting pada smartphone seperti charger dan headphone. Dengan charger original tentunya tidak akan merusak baterai karena kapasitas ampere  telah di tentukan dengan baik, sedangkan untuk charger tidak original kapasitas ampere cenderung ngawur bahkan malah sering menjadi penyebab kerusakan baterai. Adapun headphone original pasti memiliki kualitas suara yang lebih bagus di banding dengan headphone non original. Dan faktanya, beberapa distributor smartphone black market yang nakal malah memberikan aksesoris non original untuk melambungkan laba mereka. Jadi hati-hati ya, jangan sampai membeli smartphone black market.

#2. Masa garansi pendek dan klaim yang ribet

Garansi merupakan elemen penting saat membeli smartphone, karena garansi yang akan menjamin jika smartphone yang telah di beli mengalami kerusakan. Pada umumnya smartphone yang secara resmi di distribusikan akan memiliki masa garansi yang panjang, yaitu 1 hingga 2 tahun jika pada masa tersebut terjadi kerusakan yang bukan karena human eror maka klaim garansi bisa di terima. Jauh berbeda dengan smartphone BM, smartphone BM biasanya memiliki masa garansi yang pendek  yaitu 1-6 bulan saja dan  klaim garansi pun cenderung ribet dan menyusahkan konsumen.

#3. Body tidak Mulus Seperti Baru

smartphone BM cacat body

Ini sangat sering sekali terjadi pada saat membeli smartphone BM, di mana barang yang di beli tidak sesuai dengan yang di tawarkan, banyak terdapat dent, dan penyok, tidak layaknya produk yang baru buka bungkus.

#4. Smartphone Regional

smartphone regional

Tahukah kalian kalau ada beberapa produk smartphone di produksi khusus untuk regional tertentu, contohnya seperti Verizon di Amerika. membeli produk smartphone versi regional tentu sangat berbahaya karena terkadang smartphone regional memiliki firmware yang berbeda dengan versi global.

#5. Kerusakan hardware yang tidak di ketahui

smartphone bm sering rusak

Tidak hanya pada bagian body yang mengalami kerusakan  terkadang kerusakan juga terjadi pada mesin hardware. Seperti Kerusakan yang tidak terlihat pada layar berbayang yang biasa terjadi pada smartphone dengan layar super amoled dan juga purple tint pada kamera HTC juga bisa terjadi. Seringnya yang terjadi pada smartphone BM yaitu body mulus tapi hardware sekarat.

#6. Kerusakan mulai terasa saat masa garansi habis

Yang paling menjengkelkan smartphone rusak saat masa garansi telah habis. Mungkinkah ada trik nakal penjual di situ kita juga tidak tahu, namun faktanya dari banyak kasus kerusakan akan menghampiri ketika masa garansi telah habis.

#7. Tidak di terima oleh service center

klaim garansi barang BM susah

Masih beruntung jika kerusakan terjadi pada saat masa garansi karena masih bisa klaim pada toko atau distributornya. Sialnya kerusakan terjadi saat masa garansi telah habis dan ketika hendak di service pada service center resmi mereka tidak mau menerimanya karena alasan produk non resmi. Alhasil kalian hanya bisa melakukan service di tempat service non resmi, dan bisa di jamin pula jika terjadi kerusakan sparepart hardware maka suku cadang yang di gunakan untuk mengganti bukan suku cadang original. Maka tinggal tunggu saja kerusakan lainnya.

Kesimpulannya membeli produk BM (Black Market) khususnya smartphone sangatlah beresiko, untuk itu belilah produk original yang di distribusikan secara resmi melalui prosedur yang berlaku. Meskipun sedikit lebih mahal namun produk terjamin keoriginalannya dan memiliki masa garansi yang panjang.

Bagaimana dengan kalian, Masihkah mau membeli smartphone Black Market?. Kirimkan pendapat kalian pada kolom komentar

0 Response to "7 Alasan Untuk Tidak Membeli Smartphone BM (Black Market)"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.