Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Wednesday 10 August 2016

Kebiasan Men-Charge Yang Dapat Merusak Baterai Smartphone

Kebiasan Men-Charge Yang Dapat Merusak Baterai Smartphone Rating: 4.5 out of 5 1

Kebiasan Men-charge Yang Dapat Merusak Baterai Smartphone - Baterai merupakan komponen paling penting untuk smartphone tanpa baterai smartphone tidak bisa di gunakan, untuk itu kalian perlu menjaga dan merawat baterai smartphone kalian dengan baik agar dapat tetap awet dan tahan lama.

Masalah yang sering di hadapi oleh pengguna smartphone salah satunya pasti terjadi pada baterai, ada berbagai kondisi kerusakan pada baterai mulai dari baterai melembung, baterai habis secara tiba-tiba sampai dengan baterai drop.

Ada berbagai faktor penyebab baterai rusak salah satu yang paling sering adalah karena faktor human erorr atau kesalahan pengguna dalam menggunakan baterai, kesalahan tersebut biasanya terjadi saat melakukan charge.

Kebiasan Men-Charge Yang Dapat Merusak Baterai Smartphone

Men-charge yang dengan asal-asalan dapat menyebabkan baterai cepat rusak dan menurun performanya. Untuk lebih jelasnya berikut cara men-charge yang dapat merusak baterai.

Cara Men-charge Yang Dapat Merusak Baterai Smartphone

#1. Men-charge secara berlebihan

Men-charge secara berlebihan juga dapat menyebabkan baterai smartphone cepat rusak, hal ini sering sekali terjadi, men-charge semalaman suntuk untuk dapat di gunakan pada pagi harinya, biasanya kesalahan men-charge ini akan menyebabkan baterai menggelembung, dan daya tahan baterai menurun. 

Men-charge secara berlebihan

Untuk itu sebaiknya kalian hindari, dengan mengubah siklus men-charge smartphone misal charge saat sore hari dan siang hari pada saat jam istirahat.

#2. Men-charge sambil menggunakannya

Men-charge sambil menggunakannya

Men-charge sambil menggunakanya apalagi untuk bermain game akan menyebabkan baterai cepat panas, kondisi ini jika di lakukan secara terus menerus akan mengakibatkan menurutnya ketahanan baterai atau yang sering di sebut orang-orang baterai bocor.

#3. Membiarkan baterai habis hingga 0% kemudian baru di charge

Membiarkan baterai hingga drop 0% akan menyebabkan kacaunya susunan cel pada komponen baterai, sehingga baterai tidak bisa secara optimal menyimpan dayanya lagi. Oleh karena itu karena kesalahan men-charge ini baterai jadi tidak stabil sering habis seara tiba-tiba.

#4. Terlalu sering men-charge

Keseringan men-charge akan meningkatkan cycle count pada baterai, pada dasarnya setiap produksi baterai akan memiliki umur berdasarkan kali charge, setelah mencapai batas banyaknya kali charge biasanya baterai akan menurun performanya. Nah sebaiknya jangan terlalu sering men-charge baterai semartphone kalian, untuk menjaganya agar tetap awet sebaiknya charge 2 kali dalam sehari, atau maksimal charger setiap 5 jam sekali.

#5. Terlalu sering men-charge dengan power bank abal-abal.

Man-charge dengan power bank pada dasarnya bagus-bagus aja selama power bank yang di gunakan bukan power bank yang abal-abal yang tidak memiliki standarisari tegangan arus listrik, untuk itu gunakan power bank yang berkualitas bagus dan original, biasanya power bank yang telah lulus uji kelayakan akan memiliki tegangan arus listrik yang pas dan stabil sehingga tidak akan merusak baterai.

#6. Men-charge dengan tegangan arus listrik yang tidak stabil seperti pada sumber daya pada kendaran

Men-charge smartphone dengan sumber daya yang tidak stabil akan cepat merusak baterai, dengan tegangan arus listrik yang tidak stabil akan mengacaukan cel baterai.

Men-charge dengan tegangan arus listrik yang tidak stabil seperti pada sumber daya pada kendaran

Untuk itu jika anda menggunakan sumber daya dari generator listrik atau kendaran, Usahakan juga menggunakan penyetabil tegangan (stabilizer voltage) stavolt.

#7. Men-charge menggunakan aksesoris abal-abal

Men-charge menggunakan aksesoris yang bukan asli bawaan atau standard smartphone, juga bisa menyebabkan baterai smartphone cepat rusak, efek yang di timbulkan hampir sama dengan poin #6 yaitu menyebabkan kacaunya cel baterai pada smartphone.

Men-charge menggunakan aksesoris abal-abal

Untuk itu sebaiknya kalian gunakan aksesoris original standard perangkat smartphone yang kalian gunakan. Agar baterai smartphone dapat tetap awet.

Kesimpulannya kerusakan pada baterai itu terjadi selain karena gagal produksi faktor lain yang paling dominan adalah human erorr, cara penggunaan yang asal-asalan dll. Untuk sebab itu gunakan dan rawatlah baterai smartphone kalian dengan bijak. Semoga bermanfaat

0 Response to "Kebiasan Men-Charge Yang Dapat Merusak Baterai Smartphone"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.