Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Tuesday 16 June 2015

Cara Menghemat Baterai Android Dengan Efektif

Cara Menghemat Baterai Android Dengan Efektif Rating: 4.5 out of 5 1

Cara Menghemat Baterai Android  Dengan Efektif - Sistem operasi Android sejak awal kemunculan-nya telah menyita banyak sekali perhatian para penikmat teknologi, Sistem operasi android ini terbilang sudah sangat kompleks dan dari segi fitur dan performa-nya juga sudah sangat canggih namun di samping itu semua android juga memiliki sejumlah kelemahan dalam hal ini terdapat pada menejemen baterai yang kurang baik sehingga kita pun perlu trik dan cara menghemat baterai android.

Seperti halnya IOS, Android yang memiliki banyak sekali fitur canggih juga banyak mengkonsumsi daya dari baterai, hal tersebut membuat sebagian orang merasa resah dan mencari jalan penyelesaian dari masalah tersebut di antaranya dengan menggunakan perangkat tambahan berupa charge portable ( power bank ) yang mudah di bawa kemana-mana.

Tetapi dari situ ternyata muncul permasalahan baru, dari efek samping terlalu sering menggunakan perangkat charger portable ( Power bank ) yaitu baterai Perangkat android akan mengalami penurunan kualitas untuk menyimpan daya, jika terus di biarkan akan membuat baterai menjadi drop atau rusak.

Ternyata dari permasalahan di atas masih ada upaya agar baterai tidak cepat habis yaitu dengan cara menghemat baterai android, lalu bagaimana caranya?? pada prinsipnya untuk cara menghemat baterai android kita hanya perlu mengalokasikan daya baterai secara tepat saja, agar daya baterai tidak terlalu banyak di gunakan sehingga tidak cepat habis.

Tips Cara Menghemat Baterai Android Agar Tidak Cepat Habis

Cara Menghemat Baterai Android

Menghemat baterai pada perangkat Android pada dasarnya hanya mengalokasikan daya untuk hal-hal yang perlu saja dengan menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu, nah berikut ini cara menghemat baterai Android dengan efektif.

1. Menonaktifkan Aplikasi Yang Masih Berjalan di Background

Menonaktifkan aplikasi yang masih running di background merupakan cara menghemat baterai android yang pertama, biasanya para pengguna perangkat Android sering sekali menutup aplikasi dengan menekan tombol home secara langsung padahal hal tersebut tidak memberhentikan proses dari aplikasi tersebut melainkan hanya berpindah screen saja ke home dan masih berjalan di  background.

Selain itu beberapa aplikasi juga memang pada default-nya berjalan secara realtime melakukan update terus menerus hal tersebut biasanya terdapat pada aplikasi social network seperti facebook, BBM dan sebagainya untuk itu sebaiknya gunakan aplikasi sosial media hanya jika di perlukan saja, dan pilih yang tergolong penting untuk anda.

Untuk cara menonaktifkan aplikasi yang berjalan di background caranya masuk saja ke menu setting >> app >> Running service kemudian pilih app yang ingin anda nonaktifkan.

2. Mengaktifkan Mode Menghemat Baterai di Android 

Jika di perangkat android anda terdapat fitur untuk menghemat baterai tentu akan ada nilai tambah tersendiri untuk dapat dengan mudah menghemat daya dengan  cara  satu tab saja. tetapi tidak sepenuhnya dengan mengaktifkan mode penghemat baterai akan dapat menghemat baterai secara efektif.

3. Nonaktifkan Sinkronisasi

Pada default-nya aplikasi Android yang menggunakan jaringan data internet seperti aplikasi chat dan media sosial berada di mode on pada sinkronisasi-nya hal tersebut agar aplikasi terus terhubung dengan server dan user akan mendapatkan pembaruan data secara otomatis, hal tersebut tentu akan mengkonsumsi banyak sekali daya baterai dan menyebabkan daya baterai cepat habis, nah untuk itu ubah pengaturan tersebut menjadi of, dan hanya berjalan jika saat anda buka saja.

Caranya Ke menu Setting >> Akun >> Pilih aplikasi >> Batalkan Sinkronisasi.

4. Nonaktifkan GPS dan Bluetooth

Aplikasi gps pada Android adalah aplikasi yang di gunakan sebagai penanda lokasi perangkat Android, yang biasanya biasanya di gunakan user sebagai penunjuk arah untuk mencapai suatu lokasi tertentu. Tetapi di balik kecanggihan itu  aplikasi gps banyak sekali mengkonsumsi daya baterai jika di pakai secara terus menerus, maka untuk itu untuk menghemat baterai android hendaknya anda menyalakan aplikasi gps hanya pada saat di perlukan saja seperti pada saat mencari lokasi tertentu.

Aplikasi bluetooth ini juga akan mengkonsumsi daya yang percuma jika di aktifkan secara terus menerus pasalnya pada saat aplikasi bluetooth di aktifkan aplikasi tersebut akan melakukan searching secara terus menerus sehingga daya terbuang secara percuma.

Untuk itu aktifkan aplikasi bluetooth hanya pada saat di butuhkan contohnya jika anda hendak mengirim atau menerima file saja dari perangkat lain.

5.Gunakan Jaringan Wifi Pada Aaat Berada di Area Hostpot

Pada saat perangkat android anda menggunakan jaringan data seluler akan sangat menghabiskan banyak sekali daya pasalnya pada jaringan data seluler perangkat android anda akan terus melakukan searching data secara terus menerus sehingga mengkonsumsi daya baterai yang cukup banyak . nah jika menggunakan jaringan wifi, jaringan data akan cenderung stabil, selain itu menggunakan Wi-Fi atau hotspot juga dapat menghemat kuota data internet di android.


6. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar atau Aktifkan Smart Screen 

Kecerahan layar yang berlebihan juga akan menghabiskan cukup banyak daya baterai, di samping untuk menghemat baterai juga  menurunkan kecerahan pada layar perangkat android juga akan ramah untuk mata.

Jika di perangkat Android anda terdapat fitur smart screen  aktifkan  mode tesebut sehingga secara otomatis layar akan redup jika di gunakan di  kegelapan dan terang jika di gunakan di tempat yang terang.

7. Jika Hal di Atas Telah di Lakukan Tutup Dengan Memasang Aplikasi Penghemat Baterai

Pada dasarnya Android OS juga telah di rancang untuk mengelola daya baterai secara baik, tetapi hal tersebut belum cukup anda perlu memasang aplikasi tambahan untuk mengelola daya baterai secara tepat dan mudah, agar pengalokasian daya di lakukan secara tepat dan penghematan baterai  dapat di lakukan dengan efektif.


8. Yang Terakhir Aktifkan Mode Penerbangan

Nah cara yang satu ini di gunakan pada saat terdesak saja misal pada saat baterai sudah hampir habis untuk menghemat baterai dengan efektif dan jitu anda perlu menyelakan mode penerbangan, mode penerbangan akan mematikan semua proses yang berhubungan dengan koneksi dan jaringan sehingga handphone anda akan berada pada mode off, hal tersebut juga dapat di gunakan agar perangkat android nantinya dapat di gunakan pada saat-saat tertentu dan terdesak saja.

Demikian tips dari saya mengenai cara menghemat baterai Android dengan efektif, untuk menghemat baterai Android pada dasarnya hanya simpel saja, agar daya baterai di gunakan sesuai keperluan saja dan tidak terbuang secara percuma. Semoga tips di atas bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Cara Menghemat Baterai Android Dengan Efektif"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.