Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Sunday 7 June 2015

Tips Cara Menghemat Baterai Dan Memperpanjang Umur Baterai iPhone

Tips Cara Menghemat Baterai Dan Memperpanjang Umur Baterai iPhone Rating: 4.5 out of 5 1

Tips Cara Menghemat Baterai Dan Memperpanjang Umur Baterai iPhone - iPhone di balik kecanggihan fiturnya menyimpan beberapa kekurangan yakni boros baterai/baterai iPhone cepat habis, smartphone dengan kunsumsi daya baterai yang boros memang sudah menjadi hal lumrah, apalagi jika release update iOS terbaru pasti ada penambahan fitur baru yang lebih canggih dan kompleks, untuk itu kita perlu trik mengatasi hal tersebut dengan tips cara menghemat baterai iPhone agar tidak cepat habis. Uapdet iOS Memang akan membuat iPhone semakin canggih dan keren tetapi tanpa di sadari itu juga akan meningkatkan penggunaan daya baterai iPhone, dan baterai iPhone jadi lebih cepat habis.

Tips Cara Menghemat Baterai Dan Memperpanjang Umur Baterai iPhone

Dari persoalan di atas akan dapat di atasi jika agan tahu dan coba mengatur pengeluaran daya baterai secara tepat contohnya dengan menonaktifkan fitur-fitur yang tidak terlalu penting atau belum akan di gunakan.

Contohnya menonaktifkan fitur GPS ketika sedang tidak di gunakan dan menyalakan nya kembali ketika hendak di gunakan.

Apa Faktor Penyebab Baterai iPhone Cepat Habis?

Banyak sekali faktor yang menyebabkan baterai iPhone agan jadi cepat habis dan sering panas. Nah berikut saya akan ulas sedikit faktor-faktor penyebabnya.
  • Menggunakan Aplikasi yang terlalu berat, dan menggunakan multi tasking secara berlebihan. contohnya seperti menggunakan iPhone untuk game sekaligus browsing, memutar lagu di iPhone sambil browsing dsb. sebaiknya hindari  hal demikian karena akan membuat cpu akan berkerja extra keras dan membuatnya cepat panas.
  • Terlalu banyak menginstal aplikasi  sehingga membebani kinerja iphone, terutama aplikasi secara terus menerus terhubung dengan jaringan internet, seperti aplikasi jejaring sosial dan game, contohnya aplikasi Facebook, Twitter, BBM dsb. aplikasi tersebut akan bekerja secara realtime di background bahkan saat anda tidak sedang menggunakanya pun aplikasi ini tetap terus berjalan.
  • Kapasitas Baterai iPhone anda memang sedikit sehingga memang akan lebih cepat habis. 
  • Terdapat bug pada aplikasi yang terinstal di system operasi dan aplikasi yang berjalan terus sehingga membuat prosesor bekerja terus-menerus pada background proses. maka updatelah secara rutin jika telah  tersedia updatenya.
  • Kebiasaan mencarge sambil menggunakan iPhone, sehingga proses charger akan terlampau lebih lama, ini juga bisa mengakibatkan baterai panas dan menurunkan kualitasnya.
  • Baterai sudah usang atau sudah lama di gunakan hingga kualitasnya menurun, setidaknya smartphone bisa bekerja pada puncak normal terjadi pada 2 tahun pemakaian pertama (untuk ponsel yang branding).
  • Penggunaan charger yang tidak sesuai dengan Voltage dan Ampere mesin dan baterai ponsel bisa menjadi awal penyebab kerusakan/ketidaknormalan hp Anda.

Cara Menghemat Baterai iPhone Dan Memperpanjang Umur Baterai iPhone Secara Tepat

Dari faktor-faktor penyebab baterai iPhone cepat habis di atas kita dapat tahu di mana yang harusnya kita optimalkan untuk dapat menghemat baterai iPhone secara tepat dan dapat memperpanjang umur baterai iPhone juga. berikut tipsnya.

1. Atur kecerahan layar pada batas normal.
    Kecerahan layar yang berlebihanjuga tidak baik untuk mata, kurangi kecerahan layar iphone untuk menghemat baterai. Caranya masuk ke Settings » Brightness & Wallpaper, atur kecerahan / brightness dalam menu tsb.
2. Matikan fitur yang tidak terlalu penting atau belum agan butuhkan.
    Nonaktifkan Fitur-fitur seperti Bluetooth, Wifi, dan koneksi 3G atau 4G memerlukan asupan daya yang lumayan besar.
    • Untuk mematikan fitur bluetooth masuk ke Settings » Bluetooth » Off
    • Untuk mematikan fitur wifi masuk ke Settings » Wifi » Off
    • Untuk mematikan fitur 3G/4G masuk ke Settings » Celullar » Celullar Data » Off

3. Matikan fitur push mail jika tidak terlalu diperlukan.
    Masuk ke Settings » Mail, Contacts, Calendars » Fetch New Data » Push » Off
4. Gunakan fitur Fetch data secara manual, bukan secara berkala (Frequently), kecuali memang sangat diperlukan.
    Untuk mengatur fitur ini masuk ke Settings » Mail, Contacts, Calendars » Fetch New » Manually
5. Batasi aplikasi yang dapat mengakses fitur lokasi dari iDevice, sesuaikan kebutuhan saja.
    Untuk mengakses fitur lokasi masuk ke Settings » Privacy » Location Services dan lakukan penon-aktifan fitur layanan lokasi. Bisa dilakukan per aplikasi atau secara keseluruhan.
6. Posisikan iPhone terkunci (lock) saat tak digunakan.
    Dengan menekan tombol sleep/wake akan memposisikan iPhone pada posisi lock. Mengatur auto-lock pada rentang waktu yang singkat dapat menghemat baterai iPhone agar daya tidak terbuang percuma saat iPhone tidak di gunakan. Caranya mauk ke Settings » General » Auto-Lock, lalu tentukan interval waktu yang tidak terlalu lama.
7. Manfaatkan fitur airplane mode .
    Pada daerah yang miskin signal atau pada kondisi dimana anda tidak memungkinkan untuk menerima panggilan telepon atau sms. Untuk menggunakan fitur ini masuk ke Settings » Airplane Mode » On.
8. Batasi kegiatan Memutar film, bermain game dan browsing internet.
    Dengan membatasi aktivitas di atas akan membantu sekali unutk menghemat penggunaan daya baterai agar tetap hidup lebih lama.
9. Sangat disarankan untuk melakukan cycle charge.
    Dengan cara charge penuh daya sampai 100% lalu gunakan sampai habis yaitu sampai iDevice anda dalam posisi mati atau 0%. Lalu charge lagi hingga penuh, dan gunakan seperti biasa. Lakukan hal ini minimal sebulan sekali untuk memperpanjang umur Battery anda.
10. Lakukan update iOS jika ada update terbaru.
    Update iOS selain memperbaiki bugs dari iOS sebelumnya juga memperbaiki kinerja lebih optimal tetapi di samping itu juga menambah konsumsi baterai, jika telah di update kembali lagi lakukan tips di atas.
11. Gunakan wallpaper statis.
    Penggunaan wallpaper dinamis mengkonsumsi daya baterai yang tinggi. Untuk mengturnya masuk ke Settings » Wallpapers & Brightness » Choose Wallpaper » Stills » Wallpaper. Atau pilih salah satu foto anda sebagai wallpaper.
12. Matikan Fitur paralax.
    Seperti yang saya utarakan di atas fitur baru dari update iOS 7 ini mau tidak mau mempengaruhi penggunaan daya pada iDevice. Untuk melakukannya masuk ke Settings » General » Accessibility » Reduce Motion » On
13. Matikan fitur automatic download.
    iOS 7 dengan cerdasnya akan melakukan download atas software baru atau update software baru yang tersedia pada App Store jika fitur ini diaktifkan. Dan tentu saja fitur ini membutuhkan daya yang lumayan selain itu jugadapat menguras paket data. Untuk menonaktifkannya masuk ke Settings » iTunes & AppStore » Automatic Download » Off Matikan juga fitur Use Cellular data yang ada di bawahnya untuk membatasi pengunaan cellular data. Dengan demikian, menon-aktifkan fitur ini bukan hanya menghemat baterai, tapi juga menghemat kuota bandwith Anda.
14. Batasi aplikasi yang menggunakan notification center.
    Dengan semakin banyaknya apikasi yang menggunakan notification center, maka semakin banyak aplikasi yang diam-diam mengirim dan menerima data untuk menginformasikannya kembali melalui notifikasi di iDevice. Untuk melakukan hal ini caranya masuk ke Settings » Notification Center » Edit, drag ke bawah aplikasi yang tidak diinginkan memberikan notifikasi.
15. Kurangi aplikasi yang jalan di background.
    Alih-alih multitasking, aplikasi yang berjalan di background sedikit banyak memerlukan daya untuk tetap berada di Background iOS. Gunakan multitask hanya jika diperlukan. Untuk mematikan aplikasi yang berjalan di background caranya klik homebutton 2 kali, akan muncul task switcher yang memerlihatkan jejeran aplikasi yang sedang berjalan di bacground. Swipe ke atas untuk menhapus aplikasi yang tidak diinginkan.
16. Matikan AirDrop.
    Caranya slide dari bawah ke atas pada layar iDevice Anda, pilih AirDrop dan Turn Off
    Mengatur penggunaan daya baterai iPhone secara tepat dapat menghemat baterai agar tidak cepat habis selai itu juga iPhone akan lebih ringan kinerjanya karena tidak terlalu banyak proses yang harus di eksekusi.

    Demikian Ulasan  mengenai cara menghemat baterai dan memperpanjang umur baterai iPhone semoga bermanfaat.

    Suber : [Group Facebook] Komunitas Iphone Indonesia 

    0 Response to "Tips Cara Menghemat Baterai Dan Memperpanjang Umur Baterai iPhone"

    Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

    Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.