Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Tuesday 4 October 2016

Review Spesifikasi dan Harga iPhone 7 di Indonesia

Review Spesifikasi dan Harga iPhone 7 di Indonesia Rating: 4.5 out of 5 1

Review Spesifikasi dan Harga iPhone 7 di Indonesia - Apple akhirnya resmi rilis Apple iPhone 7 dan iPhone 7 Plus pada 16 September 2016, Generasi iPhone 7 tersebut resmi di perkenalkan pada Apple Special Event  September 7, 2016 yang di selenggarakan di California Amerika Serikat, Setelah menuai banyak rumor tentang fitur-fitur dan spesifikasi pada iPhone 7, kini semua telah jelas dan beberapa rumor memang benar adanya, seperti yang terdengar kabar bahwa Apple akan menghilangkan 3.5mm jack port dan membekali iPhone 7 Plus dengan dual kamera.

Review iPhone 7, Sebuah Smartphone Yang Tak Hanya Smartphone
Apple selain meluncurkan iPhone 7 juga meluncurkan iPhone 7 Plus dengan layar dan spesifikasi lebih besar namun tak sekedar besar, iPhone 7 dibekali dengan berbagai fitur dan mesin super, seperti prosesor super cepat miliki Apple saat ini yaitu Apple A10 Fusion Quad-core 2.23 GHz dan fitur water resistant.

Review Spesifikasi dan Harga iPhone 7 di Indonesia

Setelah jeda sepekan di perkenalkan ke publik iPhone 7 resmi di jual pada tanggal 16 september lalu melalui pembelian pre-order, setelah seminggu berhasil dengan pre-order kini iPhone 7 telah tersedia di sejumlah retail Apple Store.

iPhone 7 merupakan smartphone paling di tunggu-tunggu kehadirannya, hal tersebut juga tercermin pada banyaknya rumor yang beredar di internet pra rilisnya, hingga sekarang duet iPhone 7 dan iPhone 7 Plus pun masih hangat di perbincangkan.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus hadir dengan segudang fitur baru yang belum pernah ada pada generasi sebelumnya, sehingga sangat menarik untuk di ulas. Apa saja fitur baru iPhone 7?, apa kelebihan serta kekurangan nya, berikut saya akan coba review hingga mendetail di sini.

Review iPhone 7 : Desain dan Kualitas Produk

Sebelumnya mengenai rumor bahwa iPhone 7 akan memiliki desain baru yang jauh berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya, namun hal tersebut tak benar adanya, secara keseluruhan desain body iPhone 7 hampir sama dengan pendahulunya yaitu iPhone 6s, hanya saja Apple sedikit menaikkan garis panel antena keatas dan kebawah sesuai dengan lengkungan pada iPhone 7 sehingga membuatnya terlihat cukup sempurna.

Selain itu Apple menambahkan varian warna baru yaitu Jet black dengan finishing glossy dan black doff, dengan keseluruhan warna yang merata sehingga membuatnya terlihat sangat keren dan solid, jadi saat ini varian warna iPhone 7 terdiri dari warna jet black, black, rose gold, gold dan silver.

Namun sayangnya untuk warna jet black memiliki beberapa kekurangan yaitu mudah tergores, sehingga di sarankan untuk memakai case tambahan sebagai pelindung, Apple sendiri pun juga menyarankan demikian.

iPhone 7 di balut dengan bahan metal yang sangat kuat dan tak mudah bengkok seperti pada generasi-generasi sebelumnya, dengan demikian iPhone 7 di klaim lebih mempunyai ketahanan fisik yang kuat, selain itu pula iPhone 7 juga telah di lengkapi dengan fitur water resistant yang memungkinkan kamu bisa membawanya hujan-hujanan dan terciprat air, perlu di ingat kembali fitur water resistant hanya tahan terhadap air yang artinya tidak bisa di gunakan untuk menyelam, di rendam atau yang lebih ekstrim, jadi jangan coba-coba merendam iPhone 7 ya.

Untuk dimensi body iPhone 7 ini memiliki ukuran yang sama dengan pendahulunya yaitu 4.7 inci dengan dimensi 128.3 x 67.1 x 7.1 mm, dari segi dimensi memang tidak memiliki banyak perubahan.

Tidak seperti yang di kabarkan bahwa Apple akan menghilangkan garis antena pada iPhone 7, kenyataannya di sini Apple hanya mereposisi garis tersebut lebih ke atas dan kebawah menyesuaikan lengkungan body. dengan mereposisi garis antena tersebut  menjadikan tampilan iPhone 7 meiliki kesan bersih dan seragam, jadi lebih terlihat keren.

Untuk berat, iPhone 7 memiliki berat yang sedikit lebih ringan dari pendahulunya yaitu 138kg atau lebih ringan 5 gram dari iPhone 6s. Dengan berat tersebut iPhone 7 terasa begitu nyaman saat di genggam.

Seperti yang saya singgung di atas Apple meluncurkan varian warna baru pada iPhone 7 dan iPhone 7 plus yaitu black dan jet black. Kesan pertama untuk warna black sangat bagus, bahkan saya rasa warna ini akan menjadi warna favorit,  dengan body bagian depan berwarna hitam gelap glossy menyatu dengan baik dengan body kesuluruhan dan garis antena seperti tak terlihat, jadi dengan warna ini iPhone 7 terlihat simple bersih, di bagian belakang pun sama.

review iPhone 7 black

Dengan finishing black doff pada bagian belakang membuat iPhone 7 tidak mudah terlihat kotor dengan bekas sidik jari.

Untuk warna kedua yaitu jet black, kesan pertama untuk warna ini adalah terlihat mewah, cool, mengkilat/glossy dan garis antena pun juga hampir tak terlihat, jadi dari warna keseluruhan iPhone 7 Jet black tampak seragam dan solid, namun sayangnya untuk warna jet black memiliki kekurangan yang mudah tergores, jadi kamu yang memiliki iPhone dengan warna jet black sangat di rekomendasikan banget untuk menggunakan case aksesoris tambahan, "biar aman gaes".

iphone 7 warna jet black

Untuk warna jet black hanya tersedia untuk internal storage 128GB dan 256GB saja, jadi untuk varian internal storage selain dari itu gak tersedia ya.

Sedangkan untuk desain pada kamera sekarang jauh lebih bagus meskipun masih terlihat tonjolannya namun tetap terlihat sangat solid, tidak seperti pada iPhone 6 yang menggunakan cincin alumunium.

Seperti pada rumor yang beredar Apple benar-benar menghilangkan 3.5mm jack port atau headphone jack, jadi di bagian bawah body iPhone hanya ada satu port USB lightning, kesan pertama jadi terlihat lebih bersih dan simple, namun untuk penggunaan menurut saya malah sedikit ribet, karena jika kita ingin mendengarkan musik melalui headphone kamu harus menggunakan konektor tambahan yang juga telah Apple sediakan di dalam box ketika kamu membeli iPhone 7. Ya meskipun ada earpods wireless namun itu di jual terpisah dan harganya pun juga mahal.

headphone jack di hilangkan di iPhone 7

Dengan hilangnya 3.5mm jack port ini kabarnya memberi space lebih besar untuk baterai dan tombol home agak di tarik kebawah, dengan begitu dari sisi daya tahan baterai Apple mengklaim iPhone 7 memiliki ketahanan baterai 1 jam lebih lama di banding pendahulunya iPhone 6s.

Jadi Apple mengorbankan jack port hanya untuk baterai yang dapat bertahan lebih lama 1 jam dari iPhone 6s.

Secara personal saya kurang setuju dengan hilangnya 3.5mm jack posrt  ini, niatnya pengen membuat iPhone jadi lebih sederhana tapi malah membuat user jadi ribet, jadi untuk generasi iPhone selanjutnya saya mohon Tim Cook untuk mengembalikan 3.5mm jack port, atau jika tidak buatlah lebih sederhana di sisi user.

Saya rasa jika mendiang Steve Jobs masih ada jack port juga nggak bakal di hapus.

Jadi kesimpulannya, dari segi desain, iPhone 7 tampil sangat bagus, simple, mewah dan elegan, namun akan sedikit ribet di sisi penggunaan earpods karena hilangnya jack port. Menurut saya dari sekian generasi iPhone yang memiliki screen besar di iPhone 7 lah satu-satunya iPhone saat ini yang memiliki desain paling pas dan bagus.

Review iPhone 7 : Tombol Home di Desain Ulang

Untuk tombol home Apple mendesain ulang, di iPhone 7 tombol home di desain menggunakan teknologi force-touch, taptic engine untuk vibration nya dan di combine dengan sensor 3D touch, jadi kesan pertama saat menekan tombol home agak berbeda dari generasi sebelumnya, meskipun tampak tombol namun ketika di tap atau tekan tidak terasa klik layaknya di iPhone genesari sebelumnya, jadi jika kamu telah terbiasa dengan device lama, kamu perlu membiasakan lagi untuk tidak terlalu menekan pada tombol home di iPhone 7 ini, soalnya di tekan sedikit saja sudah langsung merespon.

tombol home button iPhone 7

Kekurangan dari tombol home yang baru ini adalah, jika kamu terbiasa dengan hal-hal seperti menekan home button dengan kuku untuk mengecek waktu atau melihat notifikasi pesan masuk, kini di iPhone 7 tidak bisa lagi kamu lakukan, jadi meskipun terlihat tombol namun secara fisik saya rasa tidak seperti tombol ya, jadi bingung bagaimana mendeskripsikannya, namun pada intinya home button tersebut berkinerja hampir sama dengan toch screen yang tidak akan merespon kuku.

Review iPhone 7 : Display

Setelah tiga tahun berturut-turut akhirnya Apple meningkatkan resolusi layar pada iPhone 7 menjadi 750x1334p dengan kerapatan pixel 324ppi(pixel per inci).

Meskipun itu masih tertinggal jauh dari kompetitornya samsung galaxy S7 yang telah lebih dulu menggunakan layar beresolusi Quad HD, namun layar iPhone 7 tidak kalah bagus koq, yap, secara resolusi memang iPhone 7 masih kalah namun hasilnya iPhone 7 memiliki layar yang sangat tajam bahkan tidak kalah dengan samsung galaxy S7, hal tersebut karena Apple juga mengkombinasikan dengan cara meningkatkan teknologi layar yang di gunakan, alhasil dengan resolusi tersebut iPhone 7 memiliki warna yang lebih cerah dan tajam.

Pada layar iPhone 7 Apple mengkombinasikan dengan teknologi new DCI-P3 wide colour gamut yang menghasilkan output pada layar iPhone 7 memiliki tampilan yang tajam, lembut, reproduksi warna yang lebih banyak serta sangat edeal, pokonya kamu bakal di manjakan banget dengan layar iPhone 7 ini.


Review iPhone 7: Spesifikasi, Performa dan Benchmark results

iPhone 7 diperkuat dengan prosesor chip A10 Fusion, Quad-core yang juga menjadikan iPhone 7 dan 7 Plus sebagai generasi iPhone pertama yang menggunakan processor dengan 4 inti core, hal ini tentu memungkinkan iPhone 7 memiliki kecepatan yang tinggi, serta gesit dan responsive.

Dengan quad core processor kinerja iPhone 7 semakin baik untuk multi tasking dengan di dukungnya space RAM 2GB membuat kinerja antara processor dan ram sangat solid, menurut saya ini adalah komposisi yang pas.

Untuk kegiatan gamming dengan game HD yang paling berat, atau multi-tasking di libas habis di iPhone 7, untuk aktivitas gamming kamu tidak akan menemui lag, macet atau semacamnya, jadi mantap banget untuk performa iPhone 7 ini.

Apple mengklaim processor A10 Fusion ini memiliki sitem kinerja yang lebih efisien, sehingga dapat menghemat baterai hingga 1 jam lebih lama di banding iPhone 6s.

Apple juga meningkatkan pilihan varian space memori internal hingga 256GB, dan menghilangkan varian space memori 16GB. Yap, mengingat kualitas dari foto yang di hasilkan kamera iPhone 7 bisa memiliki format RAW yang pastinya berukuran besar, space 16 GB saya rasa akan jadi cepat sekali penuh, apalagi jika kamu suka selfie.

Review iPhone 7 : Hasil Benchmark

Hasil tes benchmark iPhone 7 pada Geekbench 3 iPhone 7 memiliki sekor 6088 yang merupakan ke 3 tertinggi di kalahkan oleh kompetitornya samsung galaxy S7 yang memiliki skor 6466 dan untuk peringkat pertama di tempati oleh Huawei P9 dengan sekor 6506.

Sedangkan untuk tes GFXBench-T_Rex dan Manhattan yang menguji frame rate setiap grafiis, iPhone 7 berhasil menduduki posisi pertama dengan kecepatan hingga 60fps di kedua tes yang juga sekaligus mengalahkan iPhone 6s dengan kecepatan 60fps(GFXBench-T-Rex) dan 52fps(Manhattan), kemudian di bawahnya lagi samsung galaxy S7 dengan  53fps(GFXBench-T-Rex) dan 27fps(Manhattan).

Kemudian untuk tes yang terakhir Jetstream yang menguji kecepatan mobile browser, dalam hal ini iPhone menggunakan safari dan yang lainnya menggunakan google chrome. Dari tes tersebut di peroleh iPhone 7 dengan browser safari menduduki peringkat pertama dengan skor 160,2, kemudian yang kedua iPhone 6s dengan browser safari memiliki skor 113,8 yang sekaligus mengalahkan samsung galaxy S7(61), HTC 10 (44,1) dan LG G5(53,6). Hal tersebut juga membuktikan bahwa saat ini safari adalah browser tercepat untuk mobile phone.

Agar lebih meyakinkan berikut ini chart tes benchmarks : Lihat Chart Hasil Benchmarks iPhone 7

Review iPhone 7 : Kemampuan Kamera

Salah satu yang mengalami banyak peningkatan dari generasi-generasi sebelumnya adalah pada bagian kamera. Meskipun iPhone 7 masih menggunakan kamera dengan resolusi 12MP yang masih sama dengan kamera iPhone 6s namun di kamera iPhon 7 di lengkapi teknologi baru yaitu OIS (Optical Image Stabilization) yang membuat kamera iPhone 7 dapat meredam guncangan saat merekam video atau mengambil foto, sehingga foto dan video yang di hasilkan dapat lebih bagus dan lembut.

Tak hanya itu, di tambah lagi lensa 6 elemen dan aperture lens lebih besar yaitu f/1.8 juga turut hadir memperkuat kamera iPhone 7.

iPhone 7 juga memiliki 4 led-flash yang membuat output flash foto akan lebih alami dan natural, di tambah lagi teknologi high-speed sensor yang membuat kamera iPhone 7 jauh lebih cepat 60%  dari iPhone 6s, kemudian di tambah lagi ISP (Image Signal Processor) yang di mana setiap 1 kali melakukan pengambilan gambar ISP ini akan melakukan 100 milyar pemrosessan dalam 0,25 detik, hal ini membuat kamera iPhone 7 benar-benar memiliki kecepatan yang sangat tinggi.

4 led flash iphone 7

Selain itu ISP ini juga memiliki peranan untuk fitur deep of field yang dimana ISP ini semacam melakukan seleksi objek pada utama foto dan kemudian akan memblurkan background dari objek utama tersebut, jadi nanti hasil foto akan memiliki kesan blur pada background, hal ini seperti pada saat kamu foto dengan kamera DSLR yang hanya memperjelas objek foto pada yang difocuskan dan memblurkan pada bagian lainnya.

Review iPhone 7 : Harga dan Ketersediaan di Indonesia

Untuk harga iPhone 7 masing-masing menurut internal storage iPhone 7 yaitu 32GB memiliki harga $649 atau setara dengan Rp 8.400.000, sedangkan untuk 128GB memiliki harga $749 yang setara dengan Rp 9.700.000 dan yang terakhir space memori internal 256GB memiliki harga $849 yang setara dengan Rp 11.000.000.

Namun mungkin jika masuk ke indonesia harga akan naik 1 hingga 2 juta karena biaya pajak dan transportasi, iPhone 7 di perkirakan masuk ke Indonesia secara resmi mungkin antara tahun 2018 atau di akhir tahun 2017 mendatang.

0 Response to "Review Spesifikasi dan Harga iPhone 7 di Indonesia "

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.