Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Saturday 3 October 2015

Cara Menyembunyikan File atau Folder Pribadi di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menyembunyikan File atau Folder Pribadi di Android Tanpa Aplikasi Rating: 4.5 out of 5 1

Cara Menyembunyikan File atau Folder Pribadi di Android Tanpa Aplikasi - Hallo Pembaca, Mungkin tak hanya saya pribadi di sini yang mempunyai file yang bersifat privasi yang hanya boleh di ketahui oleh saya sendiri. Mungkin anda juga punya, Mungkin juga anda kebingungan dengan cara menyembunyikan file atau folder pribadi di android agar tidak di ketahui oleh orang lain.

Untuk menyembunyikan file atau folder pribadi di android sangat mudah anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga atau juga tanpa aplikasi sekalipun, Namun pada tutorial kali ini saya hanya akan share tentang bagaimana cara menyembunyikan file atau folder pribadi di android tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Menyembunyikan File atau Folder Pribadi di Android Tanpa Aplikasi

Untuk menyembunyikan file berupa foto, video atau folder pribadi di android cukup mudah, hanya dengan sedikit otak-atik pada pengaturan di sistem file manager android anda sudah dapat menyembunyikan file atau folder pribadi secara sempurna dan tidak akan mudah di temukan oleh orang lain.

Cara Menyembunyikan File atau Folder Pribadi di Android

Pada trik kali ini saya akan membagi menjadi 2 metode cara menyembunyikan file atau folder pribadi di android berdasarkan format nya. untuk metode yang pertama ini trik untuk menyembunyikan file dapat berupa foto, video atau bahkan file ducument di android, kemudian membuat foto dan video agar tidak terlihat di galery, Berikut ini caranya :

#1. Cara Menyembunyikan File di Android dan Membuat Foto Tidak Tampil di Galery

Jika anda sering menyimpan file gambar atau video yang tidak ingin di ketahui atau dapat di lihat oleh orang lain ketika membuka galeri android danfile manager hal itu sangatlah lumrah, mungkin banyak sekali alasan untuk melakukan hal tersebut, mungkin karena alasan menyimpan foto atau video yang tidak ingin di ketahui oleh anak anda karena alasan belum pantas atau mungkin dengan alasan lain. Apapun alasan itu pastinya untuk hal-hal yang positif ya. Untuk caranya sebagai berikut
  • Masuk  aplikasi file manager
  • Buka folder tempat anda menyimpan foto atau video biasnya ini terleta di camera atau folder pictures (silahkan anda sesuaikan sendiri).
  • Pilih salah satu file yang ingin di sembunyikan
  • Kemudian masuk ke menu pilihan lalu rename/ubah nama.
  • Pada nama file foto tersebut berilah titik(.) di awal nama tersebut, misal jika saya mempunyai file dengan nama "Bejo.jpg" uban nama file tersebut menjadi ".Bejo.jpg"
Cara Menyembunyikan File di Android

Nah selesai, coba anda pergi ke gelary dan lihat maka foto sudah tidak terlihat di galery android anda. cara ini juga dapat di gunakan pada file lain seperti file doc, pdf dan lainnya, caranya sama dengan cara di atas.

Selanjutnya metode yang kedua cara menyembunyikan folder di android. Pada metode ini kita langsung pada menyembunyikan folder beserta isinya sehingga tidak terlihat pada galery maupun file manager, caranya sebagai berkut.

#2. Cara Menyembunyikan Folder Pribadi di Andorid Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

  • Masuk  aplikasi file manager
  • Cari folder yang ingin anda sembunyikan.
  • Kemudian masuk ke menu pilihan lalu rename/ubah nama
  • Pada nama Folder tersebut berilah titik(.) di awal nama tersebut, misal jika saya mempunyai folder dengan nama "Twitter" uban nama folder tersebut menjadi ".Twitter".
Cara Menyembunyikan Folder pribadi di andorid

Seleseai, untuk kedua cara di atas pastikan setelah merename anda menghilangkan ceklist pada pengaturan Tampilkan file tersembunyi, caranya buka file manager kemudian pilih setting lalu hilangkan ceklist pada "Show Hidden files"/ "Tampilkan file Tersembunyi"

Tampilkan file tersembunyi

Nah sekarang tidak akan ada yang menemukan file atau folder pribadi anda, Untuk menampilkan kembali file atau folder yang anda sembunyikan anda dapat mengubahnya Nama seperti semula, atau anda dapat melihatnya dengan mengaktifkan "Show hidden files" untuk seketika melihat-lihat file atau folder yang anda sembunyikan.

0 Response to "Cara Menyembunyikan File atau Folder Pribadi di Android Tanpa Aplikasi"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.