Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Monday 7 September 2015

Cara Membuat Apple ID Tanpa Kartu Kredit

Cara Membuat Apple ID Tanpa Kartu Kredit Rating: 4.5 out of 5 1

Cara Membuat Apple ID Tanpa Kartu Kredit - Apple ID merupakan akun khusus yang di gunakan untuk perangkat iOS, untuk dapat menikmati layanan dari Apple seperti App Store, iBook Store dan iTunes Store selain harus mempunyai perangkat iOS itu sendiri pengguna juga harus memiliki akun khusus yang sering kita sebut dengan Apple ID.

Seperti halnya fungsi akun Gmail pada Android, Apple ID ini berguna untuk mengakses layanan dari Apple seperti download aplikasi di App Store, membeli lagu di iTunes Store, membeli buku di iBooks Store, menyimpan foto di iCloud, menggunakan layanan iMessage dan yang lainnya.

Cara membuat Apple ID pun susah-susah gampang, di beberapa kondisi untuk membuat Apple ID pengguna iPhone atau perangkat iOS lainnya seperti iPad, Macbook atau iMac harus menyertakan metode pembayaran, bisa itu dengan kartu kredit atau iTunes Gift Card.

Cara Membuat Apple ID Tanpa Kartu Kredit

Namun biasanya untuk iPhone atau perangkat iOS baru akan di sediakan 3 kali pembuatan Apple ID secara gratis yang bisa tanpa mencantumkan metode pembayaran apapun dan selebihnya untuk membuat Apple ID pengguna harus mencantumkan metode pembayaran.

Metode pembayaran untuk membuat Apple ID bisa dari kartu kredit atau pun iTunes gift Card, menggunakan kartu kredit tentu akan menjadi suatu persoalan sulit karena tidak semua pengguna mempunyai kartu kredit,  alternatif lain kamu bisa memilih metode pembayaran melalui iTune Gift Card yang kamu bisa beli di agen-agen iTune Gift Card.

Namun jika alternatif di atas tidak juga bisa kamu gunakan mari kita coba dengan alternatif yang saya sebut dengan metode "Keberuntungan", kenapa bisa begitu, karena dengan metode ini tidak semua orang beruntung bisa membuat Apple ID tanpa mencantumkan metode pembayaran.

Banyak permasalahan yang sering muncul saat membuat Apple ID di antaranya opsi None untuk metode pembayaran tidak muncul, kedua saat opsi None muncul namun terhenti pada pesan "for assistance, contact iTunes Support at http://www.apple/support/itunes/ww/", hal tersebut umum terjadi.

Nah untuk itu bordo'alah terlebih dahulu sebelum membuat Apple ID dengan metode keberuntungan ini, karena Apple sendiri tidak memberikan klu untuk membuat Apple ID harus mencantumkan metode pembayaran maka cara ini sah-sah saja kita lakukan. Oke langsung saya berikut ini panduan cara membuat Apple ID tanpa kartu kredit atau iTune Gift Card.


Pada tutorial kali ini saya akan menggunakan 2 metode membuat Apple ID tanpa menggunakan kartu kredit pertama melalui iPhone yang kedua melalui website apple, mari simak langah-langkahnya.

#1. Cara Membuat Apple ID Tanpa Kartu Kredit Menggunakan iPhone, iPad, dan iPod Touch

Tahap awal siapkan terlebih dahulu alat-alatnya yaitu iPhone, email dan internet, email bebas bisa dari Google mail atau Yahoo mail.

1. Pada tutorial ini saya menggunakan iPhone 5s  dengan iOS 9.0.

2. Pastikan pada perangkat iOS tersebut tidak memiliki akun Apple ID yang sign in, jika masih sign in silahkan kamu sign out terlebih dahulu.

3. Buka App Store, iTunes Store, atau iBooks Store pada perangkat iOS.

4. Pilih aplikasi, lagu, video, atau buku yang bisa kamu dapatkan secara gratis (tidak berbayar) yang di tandai dengan tidak adanya label harga pada tombol download-nya. Seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Apple ID Tanpa Kartu Kredit

5. Ketuk tombol "DAPATKAN" atau "GET" di samping item tersebut, lalu tekan sekali lagi untuk "PASAANG" atau "INSTAL".

Pada langkah ini akan muncul jendela pop-up dengan list opsi sign in, "Use Existing Apple Id", "Create New Apple ID" dan "Cancel".

6. Kemudian pilih "Create New Apple ID" atau "Buat ID Apple Baru".

7. Berikutnya akan muncul halaman Term of Services Agreement. pilih saja "Agree". Kemudian akan muncul lagi jendela pop-up konfirmasi, kamu pilih saja "Agree".

8. Setelah itu kamu akan di bawa pada form data diri, di situ isilah form tersebut dengan data yang valid, termasuk 3 pertanyaan keamanan harap di isi dengan benar dan jangan sampai lupa, 3 pertanyaan keamanan tersebut akan berguna jika kamu lupa password :
  • Email: isi dengan email anda yang valid.
  • Password: isi dengan password anda, syaratnya dan ketentuan harus setidaknya 8 karakter, harus ada angka, huruf besar, huruf kecil dan tidak boleh ada huruf atau angka atau karakter khusus kembar berturut turut sepanjang 3 kali
  • Verify: isi sama persis seperti password
  • Scurity Info: isi 3 pertanyaan keamanan ini misal : tokoh kartun masa kecil?
  • Answer: isi jawaban pertanyaan tersebut misal: naruto
  • Day: Tanggal lahir
  • Month: Bulan lahir
  • Year: Tahun lahir (isi dengan tahun dimana saat membuat Apple ID ini usia kamu lebih dari 18 tahun).
  • Subscribe:  OFF , sorry no need spam
  • Subscribe:  OFF , blah blah blah
  • Setelah semua form selesai diisi tekan Next
9. Ikuti instruksi di layar. Di sinilah penentuan-nya beruntung jika Opsi None atau Tidak ada muncul di metode pembayaran atau informasi tagihan. Jika opsi None atau Tidak ada muncul langsung saja beri ceklist di situ. 

Cara Membuat Apple ID Tanpa Kartu Kredit

10. Setelah memasukkan semua informasi yang diperlukan tekan berikutnya, Selesai. Kamu akan dikirimi email verifikasi ID Apple dan itu tandanya Apple ID kamu berhasil di buat. Buka email kamu kemudian verifikasi ID Apple tersebut selanjutnya Apple ID bisa kamu mulai gunakan.

11. Selesai

#2. Cara Membuat Apple ID Tanpa Kartu Kredit Melalui Website

Jika keberuntungan di langkah pertama tidak kamu dapatkan mungkin dengan membuat Apple ID melalui website keberuntungan tersebut bisa kamu dapatkan. Untuk kamu yang masih terkendala saat membuat Apple ID pada metode pertama, silahkan coba metode kedua melalui website, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Pertama buka appleid.apple.com

2. Pada menu kanan atas klik tombol "Buat ID Apple" atau "Creat Apple ID"

3. Kemudian Kamu akan di arahkan ke halaman baru yang berisi form data diri, nah isi dengan lengkap form tersebut dengan data diri kamu, mirip seperti pada motode pertama.
[Catatan] Pada saat mengisi password, password tersebut harus menggunakan minimal 8 karakter, minimal 1 huruf besar dan 1 huruf kecil.
4. Jika semua form telah di isi klik tombol "Lanjutkan" yang terletak pada bagian paling bawah laman.

5. Setelah selesai tunggu email konfirmasi dari Apple, jika telah ada silahkan langsung lakukan konfirmasi.

6. Selesai.

Pada cara di atas kamu tidak perlu mencantumkan informasi tagihan Credit Card, Gift Card atau Opsi None / Tidak ada.

Informasi penagihan tersebut akan dimintai ketika kamu hendak menggunakan Apple ID tersebut untuk mendownload aplikasi atau yang lainnya, untuk itu lanjutkan pada tutorial berikutnya yang bisa kamu akses melalui link tautan di bawah ini.


Jika langkah-langkah di atas berhasil, selamat kamu sudah punya Apple ID baru dan siap untuk di gunakan menikmati layanan Apple.

Demikian tutorial dari saya mengenai cara membuat Apple ID tanpa kartu Kredit semoga bermanfaat.

93 Responses to "Cara Membuat Apple ID Tanpa Kartu Kredit"

  1. ga ada pilihan Tidak ada harus pilih kartu keredit gimana tuhh???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa agan memulainya bukan dari mendownload aplikasi di app store? jika iya, Sebaiknya ulangi langkah-langkahnya seperti yang ada pada tutorial di atas.

      Delete
    2. sama saja gan tetap minta kartu kredit krn id apple blm pernah digunakan di itunes store sebelumnya

      Delete
  2. Bagaimana kalau ternyata minta kartu kado itunes dan kado itunes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bakal gan, Soalnya Gift Card iTune itu fungsingnya cuma buat pembayaran pembelian konten berbayar di itune, app store dll.

      Delete
  3. Gan ane gatau ni caranya biar gift card itu terisi benar atau ga usah pake gift card , jadi ane ga bisa daftar ni terkendala di gift card kode

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas saya kurang paham dengan pertanyaanya. Tapi yang jelas daftar Apple id gak butuh gift card gan, klo ada kredit card, klo gak ada bikin yang gratis tanpa kredit card tutorialnya ada di atas gan.

      Delete
  4. Cara diatas kayanya sudah tidak bisa d gan. skrg bikin apple id selalu mentok di no 9 biarpun kita pilih "tidak ada" tetap ada notice buat isi kartu kredit...baik bikin id via itunes atau iphone selalu mentok di sana...ada cara lain ga gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke gan saya coba priksa, Jika masih mendukung untuk yang gratis nanti saya akan post di sini.

      Terimakasi banyak atas koreksi nya mas Susanto Xie :)

      Delete
    2. gan, pas download kan create new account. tpi pas diaktif proses. gw udah pilih none, terus udah diisi semua data diri, tapi ttep gabisa dan ada tulisan contact www.apple.com/blablabla
      gimana gan kalo bgini ?

      Delete
    3. memang untuk cara tersebut sudah tidak bisa lagi gan, yang masih bisa cara #2. tapi kendala nya saat mendownload akun di tinjau kembali.

      Sementara ini belum ada alternatif lain

      Delete
  5. trima kasih atas info nya .... sangat membantu

    ReplyDelete
  6. Kalau sudah tidak bisa bikin id Apple gratis gambar caranya ya?

    ReplyDelete
  7. cara di atas sudah ga bisa di pake gan

    ReplyDelete
  8. sudah gx bisa emang gan, saya coba pada bagian terakhir gx bisa di NEXT , pasti kembali ke bagian paling atas, kita di minta memasukkan code itunes pembelian pertama :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ezi dan @adi memang betul gan, cara ini sudah tidak bisa sepertinya, saya sudah coba bikin pake iTunes pada langkah terakhir muncul eror. di iPhone belum nyoba. Tapi nanti Kalo ada trik atau cara lain yang work, saya coba post di sini

      Delete
  9. Untuk yang belum berhasil menggunakan cara #1 silahkan gunakan cara #2 yang lebih mudah. tanpa ribet cari dan pura-pura download aplikasi gratis.

    Semoga Bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Cara pertama juga berhasil... Asalkan langkah2nya sesuai :) :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya sudah kembali normal seperti biasa,
      Untuk yang gak mau ribet pakai cara 2 lebih simple.

      Delete
  11. nice info...... 22nya berhasil... # it's work tested by me

    ReplyDelete
  12. cara pertama ga bisa lagi di pake... tiap kali buat akun baru pasti nyangkut di step terakhir dan mintanya kode itune gift... klo pake cara kedua.. berhasil akunnya di buat ... tapi klo kita masukan id nya ke iphone untuk download .. pasti minta di tinjau kembali akunnya... tolong dong om gimana gatasinya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan pakai idevice apa waktu daftarnya, coba agan pake last updatannya misal kalo ios, pake iOS terbarunya kalo itunes pake yang versi terbarunya.

      Dan usahakan lebih teliti lagi, soalnya komen di atas juga ada yang sudah berhasil dengan cara #1 atau #2

      Delete
  13. Lewat iphone or itunes ga bs kang, selalu muncul contact assistance..... Kl via browser untuk pembuatan id ny memang bisa,tp begitu sign in muncul pop up review,akhirnya balik lagi ke form payment method...gmna y kang? Apa ada solusi lain? Thanks b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi memang sudah nggak bisa lagi ya,
      Oke, kalo nanti ada trik lain akan saya tambahkan di pos ini

      Thanks juga Koreksinya Kang.

      Delete
    2. Betel tidal ada pilihan lagi saya juga mengalami hal yang sama kayak begin. Membuat IDnya bisa tetapi ketika kita mau pakai download aplikasi Apple minta kita review lagi account kita akhirnya di arahkan ke Kartu Kredit. Merans nie klau kyak gini. Mohon bantuannya...

      Delete
    3. iya gan sekarang sudah tidak bisa lagi gratis, alternatif pake gift card atau kartu kredit

      Delete
  14. Replies
    1. sign out tinggal masuk ke menu setting pilih iTunes & App Store. trus tap pada apple id kemudia kluar atau sign out gan, kalo di mintai pass masukin aja pass yang lama.

      Delete
  15. yahh..masak pake kartu kredit

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe mau gak mau gan, atau pake gift card

      Delete
    2. Gan cara 2 bisa bikin apple id tp terkendala di itunes, begitu memasukkan apple id diminta untuk melengkapi tagihan di itunes nya...apakah sudah ada solusi? ��

      Delete
  16. Cara pertama work gan thanks!

    ReplyDelete
  17. Saya udah buat apple id dan sudah saya verifikasi accountnya, tapi pas mau download app, dia minta verifikasi lagi, gimana tuh gan, mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan cara yang #2 memang begitu mbak, belum ada alternatif lain,
      gak semua device bisa untuk cara yang #1 hanya beberapa device saja yang bisa, sebabnya belum tahu.

      Delete
  18. klo payment method nya g keluar (none) gmn??

    ReplyDelete
  19. caranya bekerja dengan sangat baik. terimakasih

    ReplyDelete
  20. tetep ndak bisa biar diulang berkali kali,,, tapi sebagian hp ada yang bisa... katanya hp lokal yg bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh gitu ya, berarti kesimpulannya untuk iPhone resmi indonesia aja yang bisa untuk bikin apple id gratis gan.

      Delete
  21. saya bantu kalian semua yaaaaaaa
    1. usahakan negara yang digunakan US atau Amerika untuk mendapatkan/memunculkan None pada kartu kredit (klo negara lain di jamin nggak akan keluar none

    2. Zip atau kode pos tulis 35004
    3. area no telpon awali 205 lalu nomer sembarang
    4. untuk kolom Itune kode dikosongkan aja
    5. untuk pasword yg susah gunakan aja Estridkm05 (jgan salah huruf besar kecilnya)
    6. sebaiknya buat email baru lagi aja. karena yg sudah terlanjur pake indonesia nggak bakal bisa diulang.
    ada pertanyaan telpon ke 085393172171

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, thaks gan barque, sudah melengkapi triknya.

      Delete
  22. saya coba ikuti langkah ke 2, setelah selesai memasukkan kode yang dikirimkan pihak apple ke email saya, saya buka itunes dan Sign In untuk mendownload aplikasi yang gratis lalu muncul notifikasi review/tinjauan kemudian saya klik dan saya melanjutkan step tersebut, dan... BERHASIL...thx

    ReplyDelete
  23. Malam gan , saya punya iPod tuch iOS 6 ni, tapi susah masukin id Apple nya gan, mohon sulisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah login atau susah buat apple id nya gan? eror apa yang muncul atau gimana tolong di jelasin.

      Delete
  24. kalo disuruh masukan code itunes gift card gimana tuh? dikosongin?

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti region/negara nya sesuai dengan negara asal iPhonenya gan, dan coba lagi.

      Delete
  26. Udah berhasil bikin akun, tapi pas masuk ke app applemusic disuruh tinjau kembali akun karna belum ngantumin payment method, ada saran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca artikel terusannya gan untuk mengatasi popup review payment method

      Delete
    2. Saran aja kalo masih susah bener pake country nya us. State nya ganti newyork. Zip nya ganti 10001 :)

      Delete
  27. Mantap gan...Cara ke 2 berhasil buat aplle id, tp pas mau sign in diarahkan kembali ke pop up create account. Ikutin aja sepertibuat akun baru. Nnti diarahkan kembali ke kartu kredit, pilih "none" trus next...nnti hasilnya "DONE"

    ReplyDelete
  28. Gift card code.....hadeeeh macet.gk bisa submit.sblom code gift di isi gan.help me

    ReplyDelete
  29. berhasil gan pake cara kedua terimakasih

    ReplyDelete
  30. Thank gan cara ke 2 sukses :)

    ReplyDelete
  31. saya pengguna Iphone 5S , None nya tidak ada gan

    ReplyDelete
  32. saya sudah coba,untuk apple id jadi,..tp untuk itunes dan appstore minta konfirmasi pembayaran,...nggak ada kartu kredit nih,ni mau nggak mau beli giftcard ya om?,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas minta konfirmasi pembayaran pilih aja None atau tidak ada gan, kemudian lanjutkan

      Delete
  33. Kan ane udah ikutin cara ke 2 terus ane masukin id iphone ane terus ada tulisan tinjau id iphone. Terus pas udah di kasih kolom (tidak ada) malah ada tulisan kode kado itunes
    Kode kado otunes malsudnya apa gan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya di suruh masukin kode kado itunes (itunes gift card). pilih aja yang none/tidak ada.

      Delete
  34. Kayaknya cara kedua udah mulai dibatasi...
    Padahal sebelumnya lancar2 aja gak ada kendala .. Kadang buat apple id pake cara kedua bisa, kadang gak bisa katanya please contact itunes suport
    Kayaknya mesti pake kredit yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau nya si apple gitu gan,,, tp masih bisa koq, kalo pas opsi nonenya gak ada coba mainin di Contry nya, ubah ke us atau ke indo.

      Delete
  35. sob, gue udah buat pake cara yg kedua,udah berhasil...tp pas masuk ke app store tak masukin id apple nya kx jawabannya idbelum pernah digunakan.. gmna sob solusinya

    ReplyDelete
  36. Mohon bantuan..sy sudah pake cara pertama sama cara ke dua..tapi selalu minta tinjau..pas ditinjau step trahir tidak bisa di next mentok di step situ situ aja..mohon pencerahannya...atw perlu di angkat dulu iosnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. opsi "none"/"tidak ada" muncul nggak gan? kalo udah di step akhir biasanya itu lagi loading di tunggu aja, aya coba lagi dengan koneksi yang cepet gan.

      Delete
  37. Cara ke 2 sukses gan, berarti pas sign on ke iphone baru kita gk perlu masuk ke metode pembayaran lg?

    ReplyDelete
  38. Gan permisi mau nanyaa kalau sy dftar selalu muncul tulisan merah for assistance bla bla padahal sudah sy ikutin step2nya, bagaimana solusinya gan?terima kasih gan sebelumnya

    ReplyDelete
  39. Bos, saya sepertinya sdh bisa buat Apple ID, sdh ada verifikasi via email..
    tetapi saat coba mau install aplikasi gratis semisal BBM diminta isi visa master card, none (saya ceklist)
    ada satu kolom yang belum bisa saya isi (kaartu kado itune dan kado itunes, kode...) saya coba kosongin gak mau lanjut..
    mohon pencerahannya.

    terimakasih

    ReplyDelete
  40. Bisa Minta Tolong ga gan...
    soalnya pas di step akhir Kartu Kado Itunes dan Kado Itunes ga bisa dikosongin mau disi ga tau mau ngisi apa ???

    ReplyDelete
  41. Cara ke2 kok. Di suruh masukin kartu kredit bos

    ReplyDelete
  42. terimakasih banyak....
    setelah hampir bosan kiri-kanan utak-atik cara pembuatan ID apple,akhirnya bisa juga lewat saran ini.
    muantaappppp bozzz.

    ReplyDelete
  43. kalo untuk iphone 4 ios 7.1.2 mau buat id apple baru ga ada pilihan Tidak Ada untuk di credit cardnya. itu harus gimana ya supaya bisa buat id apple?

    ReplyDelete
  44. kalo untuk di iphone 4s ios 7.1.2 ga ada pilihan Tidak Ada di bagian credit card jd bagaimana? edisi bantu temen yg baru pegang iphone

    ReplyDelete
  45. Mau tanya gan, saat mau memverifikasi akun kan masukin kode dari email, pas masukin kode selalu error terus gan, ini gimana ya? bisa tolong dibantu ?

    ReplyDelete
  46. Gan ane udah bisa cuman pas final konfirmasi
    Keluar tulisan silahkan menghubungi itunes utk transaksi ini
    Padahal udah ane click none

    ReplyDelete
  47. Gan tolong pencerahannya sy udh punya id iphone terverify. Tp saat mau masuk ke itunes sm app store ga bisa tampil pop up (id iphone anda belum pernah digunakan di itunes) nolak dia gan. Gimana itu gan makasih note: iphone ku jepang kode JA gan

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.