Kumpulan Tips & Trik Seputar Teknologi

Sunday 8 March 2015

Tips Cara Membedakan iPhone Rekondisi Resmi Asli dan iPhone Rekondisi Palsu

Tips Cara Membedakan iPhone Rekondisi Resmi Asli dan iPhone Rekondisi Palsu Rating: 4.5 out of 5 1

Tips Cara Membedakan iPhone Rekondisi Resmi Asli dan iPhone Rekondisi Palsu - Banyak sekali penyuka gadget yang jatuh cinta dengan smartphone buatan Apple asal Kalifornia ini, tak terkecuali saya sendiri-pun juga sangat menyukainya.

Banyak sekali kelebihan yang di tawarkan dari setiap seri iPhone, mulai dari segi desain yang keren dan terkesan glamor / mewah di sisi lain iPhone juga di bekali dengan fitur-fitur yang luar biasa,

Karena kaya akan fitur canggih iPhone selalu membuat penyuka gadget kagum dan ingin sekali memilikinya, namun karena harganya yang sangat mahal membuat mereka yang ingin membeli iPhone hanya bisa gigit jari saja.

Karena hal tersebut, tak heran jika banyak sekali sindikat penyelundupan iPhone, yang produknya biasa kita kenal dengan sebutan iPhone BM atau Black Market, harga yang di tawarkan iPhone BM pun jauh lebih murah di banding dengan harga iPhone yang di jual di iBox atau di distributor resmi iPhone lainnya.

kenali Ciri-Ciri Iphone Rekondisi palsu Agar Anda Tidak Tertipu

Tak hanya iPhone black market ada sindikat lain yang lebih ngeri, yaitu iPhone rekondisi, apa sih iPhone rekondisi?, iPhone rekondisi adalah iPhone yang telah rusak kemudian di perbaiki, lalu di kemas ulang layaknya iPhone baru, setelah itu di jual dengan harga yang sangat murah. nah produk tersebut juga sering kita dengar dengan sebutan iPhone refurbished atau rekondisi.

Pada umumnya iPhone refurbished di edarkan setelah 2 generasi berikutnya di keluarkan, misalnya jika saat ini iPhone 6 telah rilis maka iPhone refurbished yang di edarkan adalah seri iPhone 5.

Pada dasarnya iPhone refurbished ada dua macam jenis, yang nantinya akan saya ulas tuntas di bawah ini, mohon simak dengan seksama.

iPhone Rekondisi/Refurbished Resmi Apple

iPhone refurbished resmi adalah iPhone yang secara resmi di rekondisi oleh pihak Apple karena rusak atau mengalami gagal fungsi, lalu di packing ulang sesuai standard produksi Apple.

Jadi produk iPhone jenis ini kualitasnya sama saja dengan produk iPhone yang di keluarkan Apple secara umum, komponen-komponen yang digunakan pun merupakan komponen-komponen original dari Apple, nah jika anda membeli produk iPhone ini selamat anda membeli produk iPhone yang benar.

iPhone Rekondisi/Refurbished Non Resmi Atau Palsu

iPhone rekondisi non resmi pada awalnya merupakan iPhone resmi namun telah rusak, kemudian iPhone tersebut di perbaiki kembali dan di packing ulang menyerupai produk Apple iPhone yang baru.

Perlu diketahui bahwa jenis iPhone yang satu ini di perbaiki bukan dari pihak Apple secara resmi, namun diperbaiki oleh pihak distributor, secara hukum hal ini termasuk tindakan pemalsuan produk dan penipuan.

Jadi berhati-hatilah jika anda hendak membeli iPhone baru yang di jual di konter-konter atau distributor non resmi, sebaiknya pastikan produk iPhone tersebut benar-benar baru dan original.


Nah sekarang masalahnya bagaimana cara membedakan iPhone rekondisi resmi Apple dan iPhone rekondisi palsu.

Ciri-ciri iPhone Yang di Rekondisi Dari Pihak Apple Secara Resmi

#1. Deskripsi dan Kemasan
Deskripsi dan bentuk kemasan dari iPhone refurbished resmi tentu saja dibuat berbeda dengan versi normal.

Ciri-ciri utamanya adalah box iPhone refurbished menggunakan warna putih polos dan terdapat tulisan kecil di bagian tengah bawah yaitu "Apple Certified Pre-Owned", seperti yang tampak pada foto di bawah ini.

box iPhon rekondisi resmi
source image makemac

#2. Kelangkapan dan Aksesoris Original
Semua aksesoris dan kelengkapannya dalam kondisi baru persis iPhone yang dijual normal, di antaranya earpods, adaptor charger dan USB/Lightning charger.

#3. Garansi Resmi Apple Internatioanal
Meski refurbished iPhone ini juga mendapatkan Full garansi 1 tahun dari Apple internasional dan mulai aktif ketika anda melakukan aktivasi ke iPhone.

Untuk mengecek apakah garansi iPhone tersebut sudah aktif atau belum Anda dapat mengecek-nya di web checkcoverage.apple.com dengan memasukkan SN atau serial number iPhone.

Serial Number iPhone yang di cek melalui selfsolve.apple.com
Serial Number iPhone yang di cek melalui checkcoverage.apple.com

Jika iPhone belum pernah di aktivasi maka detail yang di tampilkan akan tampak seperti gambar di atas, tertera bahwa iPhone belum aktif.

iPhone Rekondisi Dari Distributor Atau iPhone Rekon Palsu

#1. Harga iPhone Tidak Masuk Akal
iPhone yang di rekondisi bukan dari pihak Apple umumnya di bandrol dengan harga yang sangat murah. 

Jika Anda menemui iPhone yang di bandrol dengan harga yang sangat murah semestinya Anda patut curiga dengan produk tersebut. Biasanya para penjual iPhone rekondisi tidak akan memberi tahu bahwa barang tersebut refurbished atau bukan, untuk itu di sini anda harus jeli.


#2. Kemasan iPhone
Kebalikan dari rekondisi dari Pihak Apple secara resmi, packing rekondisi abal-abal persis seperti produk Apple iPhone baru yang di jual secara normal pada umumnya.

#3. Bergaransi Distributor Dengan Masa Garsnsi Yang Singkat
Berbeda dengan rekondisi dari pihak Apple secara resmi, Apple iPhone ini umumnya hanya bergaransi distributor yang biasanya berdurasi hanya 1 sampai 6 bulan saja, dan tidak memiliki garansi Apple internasional.

Untuk mengeceknya silahkan masukan Serian Number iPhone pada web checkcoverage.apple.com. Jika masa garansi telah Expired atau berakhir artinya iPhone tersebut kemungkinan besar adalah iPhone rekondisi, namun jika iPhone belum aktif dan tertera kalimat "Aktifkan iPhone Anda" besar kemungkinan iPhone tersebut merupakan iPhone rekondisi resmi. 

Nah di poin inilah yang paling menentukan iPhone tersebut di rekondisi oleh Apple secara resmi atau di rekondisi oleh pihak distributor non resmi.

Beruntung jika Anda menemukan perangkat iPhone refurbished dari Apple, sebab Anda dapat membelinya dengan harga yang lebih murah namun kualitas iPhone tetap sama seperti iPhone baru pada umumnya, di tambah lagi perlindungan garansi 1 tahun dari Apple international, nilai jual kembali yang tinggi, juga di lengkapi dengan aksesoris original yang berkualitas.


Nah, itulah perbedaan iPhone rekondisi asli Apple dengan iPhone rekondisi palsu semoga dapat memberi referensi untuk Anda sebelum membeli iPhone. Jika ada pertanyaan mengenai ulasan di atas silahkan tinggalkan komentar Anda.

276 Responses to "Tips Cara Membedakan iPhone Rekondisi Resmi Asli dan iPhone Rekondisi Palsu"

  1. Gan, ane baca juga tips sblm beli iphone di indonesia. Gmn nih kl ane beli baru/segel tapi pas di cek ke selfsolve.apple.com si iphone garansinya sudah habis atau sudah lama di aktifkan? Sementara kalo sudah buka segel kan berati membeli. Tapi si toko tetap memberikan garansi distributor 1th dan hanya bs di klaim kl iphone tdk cacat (jatuh,lecet, dll). Gmn saran agan? Apa minta harganya di kurangi apa bgmn. Thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo segelnya sudah di buka ya berarti agan sudah setuju dengan harganya, jadi sebaiknya agan tadi sebelum di buka segelnya pastikan agan cek dulu imenya di iphoneimei.info apakah sudah expired atau belum gitu gan,

      Delete
  2. Gan ane mau curhat dikit nih, agak sama sih sama pertanyaan agan yg diatas, jadi ane beli ip5 di toko, dan pada saat nego katanya ip5 ini baru cuma garansinya sudah abis, sedangkan ditipsnya garansi aktif kalo sudah diaktifkan. doi bilang sebelumnya garansi internasional. kotaknya juga bentuknya refurbish asli apple yg putih dan juga charger ori sih semua. cuma ane dapet udah ios terbaru 8.3 nah ane agak bingung gan, mohon tanggapannya yaa. thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari pengalaman ane, iphone garansi distributor macam itu biasanya rekondisi gan, baik iphone nya atau pun aksesorisnya, ya... walaupun tidak semua rekondisi sih...
      kalo iOS nya sudah 8.3 meragukan gan, punya ane 3 bulan doang umurnya, iphonya sih nyala tp no service, waktu dibawa ke tempat service informasinya baseband nya rusak, sedangkan ganti baseband sama dengan ganti motherboard hahahahahasyuuu

      Delete
  3. Thanks agan sigit
    Kalo menurut saya gini agan pratama
    Emang benar sebelumnya garansi internasional, kotak re owned by apple rekondisi dari apple lgsg daleman ori apple dan aksesorisnya juga, hanya saja garansi internasionalnya sudah habis. Lalu di rekondisi ulang sama counter dan di beri garansi distributor. Jadi ip5 yg agan beli asli apple hanya saja sudah di rekondisi counter (mungkin sudah ada yg di ganti dalemnya) dan di kemas baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks atas responnya agan maudy.
      hmm ane nangkepnya sih gitu, cuma kalo garansi distributor ane cuma dikasih sebulan gan.bukan kayak yg rekon yang lain kayak garansi setahun tapi dusnya yang baru, wah kayak strategi dagang baru nih hehe.
      oke deh kalo gitu thanks agan maudy.

      Delete
    2. Maaf telat balesnya gan pratama. tp sudah di jawab oleh gan maudy yolla.
      sedikit menambahkan Intinya kalau di cek garansinya sudah expired berarti itu iphone sudah tidak baru lagi atau bukan rekondisi resmi.

      Delete
    3. Gan mau tanya nih, yg di contoh kan iphone 5. Kalo misalkan iphone 4 atau 4s masih ada refurb resmi nya ngga? Kalo misalkan saya beli second ke teman saya iphone 4 dan saya check imei nya itu purchase nya 6, may 2011. Saran nya gan. Hehe

      Delete
    4. untuk yang 4s sekarang kayaknya udah gak ada lagi gan Alfa, sekarang aja yang ip 5 yang refurb udah tergolong langka mas. Jika temen mas dulu belinya di distributor resmi pasti ada kartu garansi resmi, untuk distributor resmi yang saya tahu Ses(erajaya), dan trio, cek dulu kelengkapanya, jika kartu garansi masih ada dan cocok dg nota pembelian, itu berarti ip baru(resmi) bukan refurb, tapi kalau gak ada sedangkan di cek imenya udah expired kemungkinan besar itu refurb. kalo udah expired udah susah bedain rekondisi resmi atau palsu.

      Delete
    5. permisi gan, mau tanya, untuk iphone 5s sudah ada refurbished resmi dari apple nya beum ya?

      Delete
    6. Sepertinya belum gan kalo di situs resminya refurbished products baru ada mac,ipad, ipod

      Delete
  4. Wah terimakasih sekali gan saran nya

    ReplyDelete
  5. Numpang nanya, hari gini iPhone 5S refurbished udah ada belon ya? Sangat bingung mau beli iPhone refurbished resmi di mana. Browsing2 bingung sendiri ngebedainnya berdasarkan iklannya secara online. Ada saran? Makasihh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek lazada mbak, biasanya di sana ada yang ngejual refurbished, kalo udah ada yang jual berarti udah ada.

      Saran lebih baik beli langsung ke ibox atau ke distributor resminya. Kalo terpaksa mau online pilih dulu toko online terpercaya, kayak lazada dll, kemudian lihat di keterangan biasanya di toko online kayak lazada pasti ada keterangan refurbished atau baru dan lihat juga garansinya.

      Delete
    2. Gan numpang tanya, kmrin sy baru cek di lzada, memng bnyk disn jual iphone dng hrg lbih murah, tp rata" tertulis garansi distributor BCELL.

      Nah yg mau sy tnykn gan, ap bedany garansi distribusi BCELL dng refurbish asli aple dan garqnsi resmi international??

      Mohon pnjlsanny gan, thank you

      Delete
    3. Bedanya
      Garansi resmi internasional biasanya terdapat pada iphone yang di beli dari luar indonesia tp resmi dari apple, misal dari singapura dll, masa garansipun belum expired(artinya masih benar-benar baru dan bukan rekondisi) tetapi klaim klaim garansi hanya bisa di negara asal iphone tersebut jadi gak bisa di klaim di Service Center indo.

      Nah kalo garansi distributor itu garansi yang di berikan oleh distributor non resmi, klaimnya pun ke distributornya dan tidak bisa di Service Center indo. dan jika di cek di iphoneimei.info masa garansi telah expired padahal masih keadaan baru (artinya... di curigai iphone tersebut merupakan iphone rekondisi non resmi(di rekondisi bukan dari pihak apple)).

      Untuk garansi distributor resmi di indonesia setahu saya hanya ada Trio dan SES.
      Semoga cukup jelas.

      Delete
  6. Misi ya... mau ikutan nanya. Msh penasaran ip di lazada tertulis refurbished grade a. Maksdnya asli dan bergaransi resmi atau asli garansi distributor? Tk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa balas mbak lisma, jadi gini , yang membuat grade a,b,c dsb itu kan cuma seller, apple tidak pernah membuat grade atau kelas* tertentu untuk produknya, setiap produknya di produksi dengan standar yang sudah di tentukan, yang membedakan cuma type aja, tentu mbak lisma sudah bisa menyimpulkan sendiri ya ip tersebut bagaimana.
      Tambahan untuk bisa membedakan silahkan ikuti panduan di atas.

      Delete
  7. Mas saya bingung ni membeli dgn kata refurbished. setelah saya cek sana sini, kata refurbished ini bkn cuma dipakai resmi dari apple saja , tapi kata refurbished juga uda byk digunakan oleh distributor yg ipun nya gk resmi dari apple alias diperbaiki sendiri.
    saya jadi was-was takutnya pas saya beli ipun refurbhised ternyata bukan dari applenya melainkan dari distributor yg dilabeli refurbished.

    satu lagi mas, pas saya mau beli ipun refusrbished tapi belum deal dibayar, gimana cara saya ngecek imei nya biar tau resmi apple apa bukan. kan dusnya belum dibuka, apa ada ime di kotak dusnya ?
    kan ketahuan tu garansinya blm aktif, uda berjalan ato malah uda lewat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran, kalo bisa beli di ibox aja gan, kalo terpaksa di toko ya harus cek ime. Untuk mengetahui ime dapat di lihat di kardusnya bagian belakang. Bgitu kurang lebih mas hafiz

      Delete
    2. klo beli di ibox emang ada refurbishing apple nya gan ?
      sekarang kan iphone 5 uda gk ada refurbishingnya, misal apple uda buat refurbishing 5s nah ada gk di ibox refurbishingnya 5s ?

      Delete
    3. Kalo di apple store kemungkinan besar juga menawarkan refurbished, di distributor resmi juga ada yang pernah beli gan.

      Delete
  8. Saya mau nanya. Saya kepingin beli iPhone 5. Trus dikasi tau sodara yang ada di Jogja, katanya iphone 5 di sana harganya 3,7juta. Nah, saya coba cek di internet dan berbagai sumber harga update terbaru iphone 5 dan harganya dari 3,7jt-4,2jt. Pertanyaannya, apakah itu benar atau tidak yang asli harganya segitu? Soalnya saya takut kalo itu iphone palsu sama yang dibicarakan di situs ini. Apalagi di situs ini banyak yang ngomong "jangan teriming-iming harga murah" dsb. Kalo boleh tau beli iPhone 5 di Jogja yang terpercaya di mana ya?
    MOHON PENCERAHANNYA
    TERIMAKASIH.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengetahuan saya harga segitu biasanya di jual di konter atau di lapak-lapak online ya, untuk di ibox / distributor resmi tidak, bahkan iphone 5 sudah tidak di jual di ibox, untuk keaslian atau tidak saya juga tidak tau tetapi menurut pengalaman seorang teman pernah membeli iphone 5 di jogja di konter dengan harga 4.500k itu sekitar 6 bulan yang lalu, ketika di cek memang benar itu iphone original, bergaransi internasional dan belum aktif. jadi memang benar ada yang jual iphone original tetapi bukan resmi indo.

      Delete
    2. Kalo boleh saya tau Jogja nya beli dimana?? lagi butuh ini. trimaksih

      Delete
    3. Coba tanya-tanya Di ramai mall gan, tapi tetep pilih-pilih ya

      Delete
  9. Saya mau membeli iphone 4s 32gb online. Tertera barang new, ori, fullset, sim inject, garansi ses 1 tahun. Dan harganya dibawah 2 juta. Dus sama dengan dus iphone pd umumnya.
    1. Apakah kemungkinan besar rekondisi?
    2. Bila imei dus berbeda dengan imei general iphonenya? bagaimana cara membuktikannya? apa hrs membuka segel?
    3. Bagaimana jika imei terdetect tapi serial number tidak?
    4. Bagaimana jika imei dihapus/expired dari pihak apple? Apa masih bisa berjalan normal?
    5. Untuk sim inject, itu berarti cdma atau bukan? dan apa nantinya akan ada masalah seperti sim locked dsb?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.kemungkinan besar rekond. 2. (buka dus) sebaiknya ketemu langsung atau cod buat perjanjian dengan si penjual jika imei general berbeda dengan yang di dus dan garansi udah expired cencel aja gan, 3. sejauh ini belum ada kasus yang kayak gitu si,, kalo ada pasti bermasalah, 4. kalo expired berarti udah gak orisinil, kalo sim injek itu SU (boleh di bilang cdma) kalo sim lock gak tau ya, tapi biasanya di jaringan lebih bagus yang FU.
      kurang lebih seperti itu gan.

      Delete
  10. Saya mau beli iphone 4s biar lebih jelasnya ini linknya https://m.tokopedia.com/junjovanlee/iphone-4s-64gb-gsm-fu-garansi-distributor-1-tahun menurut agan itu refurb resmi atau bukan? Mohon pencerahanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak bisa serta merta langsung menilai itu refurbished atau bukan, karena ada yang perlu di cek. itu kan online ya pastinya kita bakalan susah ngeceknya. kalo bisa cod sebaiknya cek terlebih dahulu imei nya karena semua informasi dari iphone tersebut udah ada di imei yang menunjukan iphone tersebut baru atau rekondisi. coba baca lagi mengenai ciri-ciri iphone rekondisi.

      Delete
    2. Terimakasih buat saranya gan

      Delete
  11. Saya mau tanya kalau beli iphone 5 di erafone itu apakah barangnya refurbished dari apple?
    Saya masih awam tentang iphone
    Thanks infonya sangat membantu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan iya gan, sepertinya erafone juga partneran sama iBox dan member erajaya group. Tapi tetep harus selektif juga ya.
      sama-sama gan.

      Delete
  12. ka ini saat masukan serial number masuknya
    We're sorry, but this is a serial number for a product that has been replaced. Please check your information and re-enter your serial number. If your information is correct, you may need to contact us.
    mohon infonya ya ka...thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya saya belum pernah lihat yang kayak gini gan, tpi kalo di lihat dari pesan tersebut serial number untuk produk tersebut udah di ganti. coba cek lagi mana tahu nginputin serial numbernya masih belum bener.
      itu aja gan yang bisa saya bantu

      Delete
    2. Saya perbarui ya gan. Pesan di atas maksudnya serial number untuk produk iphone tersebut telah replace.
      Yang artinya iphone tersebut merupakan produk rekondisi/refurbished.

      Delete
    3. We're sorry, but this is a serial number for a product that has been replaced. Please check your information and re-enter your serial number. If your information is correct, you may need to contact us. Itu maksudnya rekondisi apple resmi apa gimana mas? Makasih.

      Delete
    4. Rekondisi bukan dari apple, kalo rekon dari apple pastinya kalo di cek akan kedetek dan muncul keterangan seperti iphone baru pada umumnya.

      Delete
  13. Gan misalnyan kita check di situs tersebut dan mendapati iphone kita itu barang refurbish dan sudah expired. bagaimana untuk kedepan nya? apakah iphone tersebut akan mati (tidak bisa digunakan aka di block oleh apple) atau masih bisa lancar? walau batre lcd dll bermasalah?

    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaupun refurbished dan masa garansi sudah berakir atau expired tetap masih bisa di gunakan dan normal seperti iphone pada umumnya. (apple tidak akan memblok, refurbished itu original iphone yaag rusak kemudian di perbaiki lagi trus di jual seperti baru.
      gitu aja gan

      Delete
  14. Saya beli iphone dan ternyta refurbished pdhal si penjual gak bilang tp saya akhirnya tau sendiri. Kira2 apa aja ya kendalanya iphone refubished itu? Agak waswas aja.. Kayanya saya pake sering mudah panas atw cm perasaan sy aja ya.. Mohon sarannya terimakasih

    ReplyDelete
  15. Gan, saya cek IMEI iphone saya.. tp setelah sy masukin nomer nya di iphoneimei.info cuma ada tulisan IMEI, Carier, Blacklisted sama SIM lock. SIM locknya tulisannya unlock. itu gmn ya gan? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. iphone refurbished nya dari apple itu bagus tapi klo dari distributor atau perusahaan yang bukan dari apple biasanya tidak sesempurna iPhone yang langsung dari tangan apple yang merekondisi, tapi tetep bisa di gunakan secara normal, mungkin ada sedikit kekurangan di hardwarenya ntah di kamera atau yang lain. pada umumnya iphone memang sering mbak tinggal penggunaanya aja, apalagi yang seri 4s ke bawah.

      Kalo simlock :unlocked berarti iPhone mbak (Factory Unlocked/FU) bisa menggunakan semua provider

      Delete
    2. okee makasi banyak mas infonya..

      Delete
  16. Gan saya mau tanya. Saya dapat tawaran Iphone5s second dengan harga 5.4jt. Penjual bilang kalo garansi nya dari indonesia trikom resmi dengan masa expired masih sampai juli 2016. Menurut agan saya ambil atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambil aja gan tp jangn lupa di cek dulu untuk memastikan kalo itu iphone bener barang bagus.
      semoga berhasil

      Delete
  17. Karena saya masih awam dan baru pertama kali pakai iphone, saya takut dibohongi dengan penjual. Penjual dengan baik hati memberikan masa retur 3hari. Tapi seperti saya bilang tadi, saya takut mengalami masalah. Lebih baik beli second resmi atau baru distributor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Second tapi resmi" lebih terjamin service gampang dan terpercaya.

      Delete
  18. Gan saya mau tanya dong, saya kan pake iphone 5 nah dia tu tapi sering mati pdhal baterai terakhir sebelum mati tuh masih 12persenan gitu . Kadang2 juga pas 26persen udah mati duluan . Tp pernah juga gan bertahan sampai 1 persen gak mati2😐😐😐 ini kira2 knapa ya? Apa ada yg rusak? Klo iya kira2 baterainya atau apa gan? Mohon dijawab tks

    ReplyDelete
  19. gan mau nanya... rencananya ane mau beli ip 5s secount... nah cara bedain itu barang asli, refurbished ip sama distributor gmna gan... terus kalo itu ori ip, apakah ketika di cek imei ny akan selalu aktif atau gmna... mohon pencerahannya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca-baca lagi artikel di atas gan dan tautanya semua udah lengkap di jelasin di sna.
      thanks

      Delete
  20. om klo misalnya di selfsolve tulisannya kaya gini mksdnya apa??

    Telephone Technical Support: Expired
    You are eligible to purchase telephone technical support from an Apple Advisor.

    Repairs and Service Coverage: Expired
    Our records indicate that your product is not covered under Apple's 1-year limited warranty or AppleCare Protection Plan for hardware repairs and service based on the estimated expiration date.
    Learn about Apple's coverage information for your product.

    mohon info nya om apa hp sy bongkaran distributor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu garansi udah expired/abis gan. Sudah pasti bukan iphone new...

      Delete
    2. Kn hp sy ip 4s berarti itu bongkaran apple or toko om sy ga ngerti jg

      Delete
    3. Coba cek box nya mirip gak kayak yang di atas, cek ime nya juga, kalo refurb apple garansinya juga kayak iphone new, belum expired.

      Delete
  21. Mau nnya dong .
    Ane beli ip5 rrekondisi warna putih.
    Pas di nyalain kan muncul tampilan apple pas di awal2.nah pas di nyalain background nya warna black dan apple ny warna putih, harus nya kan backgroundny warna putih dan apple nya warna hitam

    Menurut om gmn ya.tolong bantu pertanyaan saya thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang begitu gan kalo iphone lagi booting backgroud warna item logo apple warna putih. Itu normal

      Delete
  22. We're sorry, but this is a serial number for a product that has been replaced. Please check your information and re-enter your serial number. If your information is correct, you may need to contact us.
    kalo ini mksud ny apaan gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pesan "We're sorry, but this is a serial number for a product that has been replaced. Please check your information and re-enter your serial number. If your information is correct, you may need to contact us" maksudnya serial number untuk produk tersebut sudah replaced atau bisa di bilang rekondisi.
      Itu juga salah satu ciri* iphone rekondisi/refurbished jika di cek di iphoneimei.info

      Delete
  23. Gan kalo ip5s new 16 gb garansi tritech 6,05 jt , tuh kira kira rekond apa bukan? Soalnnya saya blm pernah ngeliat ip5s rekond, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara yang paling jitu ngelihat rekon atau bukan yaitu dengan cek ime gan. Ikuti langkah* di atas untuk ngeceknya.

      Kalo untuk kira-kira, kemungkinan rekon karena harga yang 16Gb saat ini masih sekitar 7,5jt an.
      Itu aja gan, semoga bisa membantu.

      Delete
  24. Gan, nyari ip5s yg resmi sudah susah, kalau ambil yg internasional, sehabis masa garansi 1 th , apakah bisa servis atau perbaikan di apple store Indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang internasional gak bisa klaim atau service di apple store indo gan.
      Bisanya klaim atau service cuma di negara asal iphone tersebut.

      Delete
  25. gan ane beli ip5 cod via olx, dia bilang beli disingapore sih, dibelakang ipnya ada tulisan refurbished by asulion, kardusnya juga cuma putih gtu, imei tembus di imei info , berarti asliyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo refurbished dari asulion berarti bukan dari apple yang merekondisi.

      iphonenya asli tp di rekondisi bukan dari pihak apple. Kemungkinan sperpartnya di ganti dengan yang bukan original dari apple.
      kurang lebih seperti itu gan.

      Delete
  26. gan saya baru beli ip5s terus klo liat posting agan lngsung saya check IMEI ny disitu ada tulisan dari find my iphone dy lngsung loncat ke country purchased.. ga ada tanggal purchased date sm masa berlaku garansiny..

    terus pasa saya check di selfsolve .iphone ny, pas masukin serial number ada tulisan "We're sorry, but we are unable to complete your request at this time. Please try again later." pdhl udh berapa hari.. garansiny platinum (kertas emas gitu) yg di dalem kotak.. respon gan takut ny klo dh seminggu ga bs dituker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya.. slah satu indikasi iphone rekondisi jika di cek di iphone tidak akan menampilkan detail iphone secara lengkap, seringnya pe-rekondisi akan menghapus detail di bagian estimated purchased date dan repairs & service coverage. Itu kalo di cek di iphone imei.info

      Dan jika di cek di selfsolve.iphone iphone tidak terdaftar yang di tandai pesan "We're sorry, but this is a serial number for a product that has been replaced. Please check your information and re-enter your serial number. If your information is correct, you may need to contact us"

      Coba agan cek lagi nanti. Saya pernah ngecek imei iphone punya teman pertama kalinya juga gak muncul estimated purchased date dan repairs & service coverage saya kira emang rekon esoknya di cek lagi ternyata muncul detail lengkapnya dan di selfsolve juga terdaftar.
      itu aja gan yank bisa sya bantu.

      Delete
    2. Perlukah saya complain ke seller ny gan ? Ato ga pengaruh ap ap ke kondisi ekstern ato intern hp ny? Soalny bngung bru 4 hari sy pegang hp ini

      Delete
    3. Komplain saya rasa gak akan di tanggepin kecuali ip rusak mungkin baru di tanggepin Untuk klaim garansi.

      Kalo kondisi si gak apa* gan ada garansi juga.
      tp yang bikin gak tenang, komponenya original apple atau enggak gitu aja, kalo iphone rekondisi bukan dari apple.
      Kalo boleh tahu Country Purchased: indo bukan??

      Delete
    4. Aku cek di IMEI country purchased ny : united states gan bkn indo

      Delete
  27. Gan mohon pencerahannya. Saya tadi malem beli ip5 32gb garansi BCELL 1 tahun. terus waktu saya check IMEI nya di http://iphoneimei.info/ cuma muncul tulisan yang kayak dibawah ini gan.

    IMEI : ************* (nomor IMEI iphone saya)
    Carrier : Check Carrier
    Blacklisted : Check
    Sim Lock : Check SIM Lock
    UNLOCK THIS IPHONE
    itu saya tulis persis yang tertera di webnya gan. Kira2 iphone5 yang saya beli asli resmi apa rekondisi gan? Mohon pencerahannya gan plisss. Makasih agan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Gan Irvan cek di situs resmi Apple selfsolve.apple.com jika muncul pesan "We're sorry, but this is a serial number for a product that has been replaced. Please check your information and re-enter your serial number. If your information is correct, you may need to contact us"
      kemungkinan besar rekondisi.

      Delete
  28. Mas Sigit,mau tanya saya ada liat dijual beli lwt saya mmng ada mau rencana mau bli iP lwt ol,ip-4s disitu box putih polos & ada tulisan dibawahY "apple certified pre-owned" & dibox blkgY kode LL/A apa itu msh ori dr iphone untuk garansiY dr amerika sedangkan ada distributor garansi1thn? Sedangkan posisi pelapak diluar daerah,jd saya ngg bs mengecekY scra langsung..solusiY bagaimana mas apa saya ambil at tidak? #butuh pencerahan mas Sigit.matur suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo seperti itu berarti iphone 4s nya nanti tidak bisa klaim garansi resmi di indo ya. menurut saya tidak terlalu masalah selama ada garansi distributor. yang penting iphone tersebut refurbish resmi oleh apple, untuk memastikanya silahkan mas bagas minta imei iphone 4s tersebut sma si penjual kemudian cek, jika garansi dll tidak ada masalah ambil aja.
      Selanjutnya transaksi usahakan menggunakan perantara Rekber dan ada jaminan barang sesuai, untuk meminimalisir tindakan penipuan pada transaksi Online.
      Gitu aja gan saran saya. maaf telat saya jawabnya.

      Delete
  29. Apakah ada kemungkinan imei yg tertertera di dosbok iphone pre owned akan berbeda dg yg tertera di perangkat? Mohon responnya, krn di kota saya ada gerai yg menjual iphone 5 pre owned, saya ingin membeli tp msh ragu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan berbeda ada, makanya perlu di cek terlebih dahulu apakah imei di dusbox sesuai dengan imei pada unit iphone.
      Tapi jika agan beli di gerai resmi apple tidak perlu khawatir hal tersebut, yang perlu di khawatirkan jika agan beli di konter iphone non resmi.

      Delete
  30. mau tanya, ini kan bahas iphone yang di repack ulang dari kerusakan melalui garansi resmi iphone dan yang bukan dari iphone resmi, kalau pengen beli yang baru gimana ? yang bukan dari re pack atau refurbished

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau beli yang baru dan terjamin langsung saja ke gerai resmi apple nya mbak Rindri, Seperti di iBox, Emax, Okeshop dll Dengan garansi resmi apple indo tentunya

      Delete
  31. saya mau beli online iphone 5 64gb garansi distributor, harga 5jt, kira2 ambil gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali ke mas nya aja, kalo cocok ya ambil

      Delete
    2. tapi itu kira2 ori gak kalo diliat dari harganya?

      Delete
    3. Kalo di lihat dari harga ya wajar iphone 5 harga segitu gan, tp harga gak bisa di jadikan 1 patokan kalo iphone tersebut ori baru atau rekondisi. Kudu di pastikan dengan cek imei dll.

      Delete
  32. Gan saya beli iphone dilazada dpt hrga promo dan tidak ada tlsn refurbished, saya mw ngecek sblm buka dos itu mw ngecek ngecek ori atau rekondisi gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara ceknya sudah ada pada ulasan di atas gan, tinggal terapin aja.

      Delete
  33. Mas saya mau tanya saya,iphone 4 saya kalau dipakai sebentar cepat panas apakah itu normal,dan cek melalui email untuk imei iphone 4 CDMA saya di http://iphonefrom.com/, dan yang tertera disitu "your device is sim-locked", mohon infonya karena saya baru saja menggunakan apple

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah make iPhone 4 gan, kalo dari temen-temen pernah makai iphone 4, panas iya tp masih abang normal,
      sim-locked artinya iphone FU (Factory Unlocked).

      Delete
  34. Gan mau nanya.. temen saya nawarin saya dibeliin iphone dari china.. disana katanya relatif lebih murah.. katanya sih Ori. Tapi apakah ada settingan khusus gak buat masing" negara? Takutnya ntar udah beli, malah gak bisa ke pake di indonesia.. ya mungkin untuk settingan apa gitu #maklum masih awam.. minta saranya gan.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bisa gan, saya juga belum pernah beli dari luar negeri. yang penting FU jadi bisa pakai semua provider lokal

      Delete
  35. iphone refurbished apakah bisa di upgrade ios nya gan?

    ReplyDelete
  36. Gan saya kan mau beli iphone nah coba nyari diolx tapi yg didaerah saya dan bisa cod. Terus saya nemu yg diiklannya ada keterangan kayak gini:
    • ADA NOTA & CAP PEMBELIAN UNTUK CLAIM GARANSI
    • 100% ORIGINAL PRODUCT
    • 100% BARU & SEGEL
    • GARANSI dari GRAHA/DISTRIBUTOR RESMI 1 TAHUN
    • ADA GARANSI REPLACE dari COUNTER 1 x 24 (1 HARI)*
    Menurut agan gimana? Apa iphone nya bener2 new dan bukan refurbish? Apa refurbish tapi yg resmi? Terus maksud yg garansi graha itu garansinya bisa dipakai disini? Sama kalau cek imei ntar tulisannya apa gan kalau itu masih baru? Mohon jawabannya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngakunya GARANSI dari GRAHA/DISTRIBUTOR RESMI 1 TAHUN coba cek di iphoneimei.info atau selfsolve.apple.com jika country purchased : indonesia, Repairs and Service Coverage: Belum Expired berati benar itu iphone distributor resmi indo

      Delete
  37. Mu tnya. Sya pke ip5 batre gampang abis bgt. Wajar kah? Apa gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo baterai tergantung pemakaiyan gan, kalo jaringan data on terus, aplikasi juga jalan semua pasti juga cepet habis.
      Menurut saya juga wajar di forum juga banyak yang ngeluh baterai cepet habis.

      Delete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut prihatin ya sis, kan belum ada setahun ya, sebaiknya klaim garansi di distributornya aja, kalo di replace baru si gak kayaknya, paling cuma di ganti komponen yang rusak.

      semoga lekas sembuh ip nya.

      Delete
  39. Gan, jadi kalau cek ime diwebnya garansinya langsung aktif atau gimana gan? Terus kalau belom membeli cek ime apa gapapa? Saya baru mau nyoba pake iphone gan jadi gak tau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo iphone belum aktif, ketka di cek maka statusnya juga belum aktif gan, Biasanya boleh-boleh aja gan itu hak pembeli koq, tapi kalo belinya di distributor resmi gak usah cek-cek segala udah pasti bener.

      Delete
  40. Mau nanya donk aku baru beli iphone 5 distributor garansi platinum pas coba cek imei sama kaya Kata mas sigit di atas "we're bla bla bla" trs pas aku coba singkron laptop aku liat di gambar layarnya iphone hitam padahal saya beli iphone putih,,gmn ini mas??apa saya coba mnta tuker hp,,ini kan keliatan bgt rekonnya.trus apa kedepannya ngaruh gak ke kinerja hpnya??makasih ya mas sigit

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuu bisa smpe kayak gitu ya gan, Coba aja langsung ke konternya gan soalnya kalo kayak gitu biasanya tergantung sama kebijakan konternya. Kalo ke kinerja gak ngaruh sama sekali mas.

      Delete
  41. Kalau cek imei di iphoneimei.info sama di selfsolve.apple.com hasilnya beda. Beda 2 bulan. Kok bisa beda ya gan? Mohon infonya. Makasih

    ReplyDelete
  42. Kalau cek imei di iphoneimei.info sama di selfsolve.apple.com hasil repair service coveragenya beda 2 bulan menurut agan gimana? Yg di iphoneimeiinfo tanggal 22 Juli yg di selfsolveapple tanggal 29 Agustus.. Tolong bantuin gan takut iphonenya g bener.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sedang ada gangguan mbak, di iphoneimei.info memang kadang ada gangguan, tp gak papa, kalo kayak gitu yang di pake yang dari selfsolve.apple.com.

      Delete
  43. Saya baru beli 5s 32gb space grey garansi distributor platinum tapi gtu saya cek imeinya kedetect 5c 16gb pink saya cek model iphone saya kodenya A1530 di 5c tidak ada kode kyk diatas setelah saya cari tau di situs resmi iphone.apakah iphone saya sudah change imei? Saya lihat di app batterey doctor di bagian sistemnya iphone saya 5s bukan 5c apa mungkin sudah ada part yg diganti dri 5c,tidak mungkin kan? Dan apa mungkin 5c ada dual led flash dan fingerprint

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa balas gan, kalo menurut saya pribadi kayaknya sudah sudah change imei, coba cek aja di selfsolve.apple.com, di sini yang paling valid datanya.
      kalo ganti partnya sepertinya gak mungkin, setiap model yang berbeda pastinya beda juga part nya, kecuali ganti part nya dengan model yang sama saya rasa masih mungkin.

      Delete
  44. Mas iPhone saya belum genap setahun tapi ketika saya cek sudah expired,kalau saya mau servis di tempat resmi apa bisa?mungkin kalau saya jual apa harganya turun jauh? Tolong balas ke e Mail saya Primafasha@ gmail.com secepatnya ya,soal nya sering mati ketika saya goyang cukup keras . Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Country purchased dimana gan? kalo indo masih bisa service di service center indo, kalo iphone luar udah gak bisa.
      kalo di jual mendig jangan, soalnya bakal rugi jauh.

      iphone belum ada 1 tahun ya, jika dulu belinya dari distributor biasanya ada garansi 1 tahun distributor kalo memang belinya belum ada 1 tahun, klaim aja garansinya ke tempat agan membeli. pasti di layani selama kelengkapan, nota dan kartu garansi masih lengkap.

      Sebelumnya minta maaf baru bisa balas, admin seminggu kemarin lagi gak bisa online.

      Delete
  45. Ak 2 hari yll beli ip 5s 32gb hrg 6,6 jt garansi platinum bless. Ak taunya refurbished pas cek imei telephone technical support n repairs & service coverage nya expired. Country purchased nya Japan. Dg hrg segitu refurbished gak resmi kemahalan gak?? Kayaknya may tak balikin aja deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iphone 5s 32gb refurbished rata-rata harga 6,4 jt an, coba cek di lazada atau blibli harga iphone new dan refurishednya.

      Delete
  46. Min ane mau tanya
    Perbedaan garansi resmi dan garansi distributor apa?dan kalo anr mau beli iphone garansi distributor apa saya yang harus di cek nya?biar enggak ketipu!minta saran nya ya min
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dd garansi distributor juga ada produk apple yang bener-bener baru/new, bukan rekondisi. Nah kalo dapat yang bener-bener baru itu bisa saya bilang kualitasnya sama aja dengan yang bergaransi resmi, dan cuma beda di garansi saja.
      Tapi jika rekondisi yang di pack jadi seperti baru lagi itu kualitasnya jauh lebih buruk di banding yang iphone garansi resmi atau iphone garansi distributor tp bener-bener baru nah permasalahanya, bagaimana cara ngecek iphone garansi distributor yang bener-bener new/baru.
      Untuk solusinya silahkan agan baca-baca artikel diatas.

      Delete
  47. min mau minta pendapatnya
    krn i5 udh lama gk di produksi apple lg,,otomatis i5 ori apple emg udh gk da di pasaran saat ini kan min,,saya juga udh usaha cari nersi refurbished applenya tapi juga gk dapat, jdnya cara terakhir saya mikir mau beli i5 second tp ori apple,nah pemiliknya sendiri blg garansi resminya udah expired, gimana cara mastiin kalo emg i5 secondnya ori dr apple min? mohon infonya ,,mkasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan ada kartu garansi dan nota pembelian jika memang garansi remsi indo. adapun garansi resmi indo biasanya di pegang Trio dan SES, Cek juga imei nya pastikan di situ country porsches nya juga indonesia.
      Kalo sudah lengkap semuanya, inshaalloh itu barang bagus.

      Delete
  48. Min tny donk
    Bagaimana sih cara membedakan iphone resmi (mts/ses) dengan refub maupun distrib indo (blees,dll)
    Krena sy mw yg resmi tapi 2nd hehehe
    Apakah ada penjelasan di serial number maupun angka2 yg membedakan antara iphone resmi dengan lain nya ?
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo 2nd agak susah gan,, apalagi kalo masa garansi sudah habis, Cuma 1 yang bisa ngebedain, coba lihat country Purchased jika memang resmi indo berarti Country purchased nya indonesia.

      Delete
  49. Mas saya mau beli iphone kan dikonter2 biasa, terus dibolehin cek serial number sama imei yg dibelakang kardus.. Nah pas saya cek serial number di selfsove.iPhone.com tulisannya "please activate your iPhone" tapi kalau dicek imei nya di iPhone.IMEI.info kok Repare and service nya udah expired ya.. Kira2 knapa bisa gitu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan, klo berkenan coba add saya di hangouts dan kirim screenshotnya.

      biasanya informasi yang di tampilkan di selfsolve.apple.com dengan iphoneimei.info selalu sama.

      Delete
  50. gan, iphone ane mau buat id baru ko harus pake creditcard, gada pilihan tidak ada creditcard(none). gmn ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ikuti tutorial cara membuat apple id tanpa kartu kredit, di awali dengan medownload aplikasi di app Store ya gan.

      Delete
  51. Maksudnya add di hangouts gimana mas? Saya gak mudeng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba agan kirim url Gambar hasil Screenshot pas ngecek di iphoneimei.info dan selfsolve.apple.com

      Delete
  52. Kirimnya gimana gan kalau secrenshootan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah cek dengan imei dan serial number yang agan kirim di iphoneimei.info maupun selfsolve.apple.com dan hasilnya :
      Telephone Technical Support: Expired
      Repairs & Service Coverage: Expired
      Country Purchased: Hong Kong

      Delete
    2. kasusku sama dengan agan diatas aku beli ip 5s sebelum unboxing aku cek imei dan serial number di selfsolve ip terlihat belum aktif, akhirnya deal unbox tapi pas aktivasi cek sekali lagi ternyata technical dan service coverage udah expired, country purchased Hong Kong. kenapa bisa gitu gan ya? apa memang ip hong kong tsb memang tidak tercover garansi? karena kasus ini tidak hanya aku yg mengalami banyak temen juga yg mengalami hal yang sama

      Delete
    3. Tidak tercover garansi, mungkin, Tapi tidak menutup kemungkinan itu juga iphone rekondisi. apa agan juga cek di iphoneimei.info

      Contoh screen shot di atas, iPhone garansi ditributor, iphone dari australia, dan ketika di cek semuanya normal gan.

      Kalo sudah terlanjur beli, ya sudah gak papa gan, yang penting masih tercover garansi distributor.

      Delete
  53. om mau tanya, saya rencana mau beli iphone 5s tapi second, nah cara membedakan garansi international sama distributor bukan resmi gmn yaaa? sekain melihat assesoris yang ori apakah ada ciri2 lain dari garansi internasional???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebeneranya istilah garansi international itu tidak ada karena perangkat iDevice seperti iPhone klaim garansi hanya bisa di lakukan di negara asal iphone tersebut(Country Purchased).

      Untuk itu saya kasih tips aja gan. kalo agan mau beli yang original dan masih baru, resmi apple tapi bukan dari distributor resmi indonesia satu-satunya cara adalah cek imei, coba amati Telephone Technical Support, Repairs & Service Coverage, Jika sudah expired berarti iphone tersebut bukan barang baru lagi.
      Kalau untuk assesorisnya sudah susah ngebedainya karena semua komponen terlihat sangat original.

      Delete
  54. gimana yaaa om mengetahui iphone bekas garansi internasional selain dengan cara melihat assesorisnya ori atau tidak?? soalnya garansi distributor juga kalau di cek imeinya kebanyakan juga dari luar

    ReplyDelete
  55. saya baru beli ip5 7 bulan yang lalu, kebetulan saya mau baru mau service ipnya, tapi pas di cek di dusnya gaada kartu garansi. trs pas di cek di selfsolve.apple.com Repairs and Service Coverage: Expired, kira2 itu rekon bukan yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dulu belinya baru, seharusnya seharusnya masih ada garansi, jadi kemungkinan refurbished/rekondisi.
      Coba cek country purchased nya, kalo indonesia berarti bisa di service di service center apple indonesia, kalo bukan, bisanya cuma di service di konter biasa aja dan kalo mau ke service center apple bisanya ke negara asal iPhone tersebut gan.

      Delete
  56. Gan, ada iphone 5 di counter dus nya si refurbish resmi apple. Tapi dilapis packing plastik lagi dan ada label b-cell nya. Apa itu tetep bener resmi refurbish apple? Atau kemungkinan komponennya udah direplace juga sama distributor?
    Dan untuk iphone5 nya, penjual resmi di indo selain ibox, misal erafone apakah tersedia?
    Ditunggu jawabannya. Makasih gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga belum tahu mbak evi, untuk mengetahuinya itu refurbished apple atau buka saya harus cek imei, setelah aktivasi iphone.

      atau jika iphone tersebut original apple tp bm tanyain dulu invoice asli dari pembeli pertama dan check tanggal actifasi garansi apakah sama dengan tanggal di invoice untuk claim garansi.

      sekarang ini untuk iphone 5 sudah tidak tersedia lagi di ibox /apple store manapun.

      saran jika mau beli iphone 5 lebih baik cari saja yang second tapi resmi, masalah garansi sudah expired itu gak papa yang penting barang masih bagus dan original.

      Delete
    2. Terima kasih gan atas jawaban lengkapnya.
      Nanya lagi nih gan, klo refurb apple.resmi dimana ya penjual resmi nya?
      Agak bingung juga soalnya mau ip5 tp gatau dimana yg jual refurb resmi, atau pilihan terakhir ip 4s 8gb TRIO tp minim memori segitu gabisa banyak simpan aplikasi nantinya.
      Mohon saran dan infonya lagi ya gan.. Terima kasih

      Delete
    3. Kalo di gerai resmi jarang banget ada, tp gak tau kalau di kota besar kayak jakarta atau batam.

      Kebanyakan yang jual konter-konter di mall bukan distributor resmi Apple.

      Beli aja iPhone 5s mbak Evi, lebih keren hehe

      Delete
    4. Terima kasih gan infonya.
      Duh.. kurang tertarik sama ip5s sih gan.. dan budget juga ga sampe segitu.. hehe

      Tapi apa gamasalah ya klo ip4s yg 8gb? Dengn memori segitu bakal nyesel nantinya ga sih gan?

      Delete
    5. Kalo itu tinggal pemakaiyan mbaknya gimana, Kalo cuma untuk sosial media dan edit foto aja saya rasa masih longgar banget internal 8gb, kalo mau lebih sebaiknya setelah foto-foto ntar backup ke itunes atau gak ke icloud biar iternalnya lebih lega.

      Kesimpulan untuk pemakaiyan standar 8gb sudah sangat cukup.

      Delete
  57. Mas permisi, maaf saya mau mnta saran iphone5 saya bru beli sekitar sebulan tapi udah mati total, masih ada garansi (b-cell) sih tapi matinya udah agak lama karena blm sempat ke toko nya, saya sblmnya gatau menenai keaslian harus dicek imei nya tp waktu saya cek sprti diatas di situs resmi apple ya udah expired. Jadi saya duga hp ip saya ini rekon, baiknya gimana ya mas? Saya claim atau minta refund k toko nya karena udh nipu apa saya claim kan garansi nya saja, saya sgt menyesal tidak melihat panduan membeli iphone terlebih dahulu sblm membeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo minta refund di bolehin refund aja gan, kalo gak bisa terpaksa harus klaim garansi aja jika masih dalam masa garansi.

      Delete
  58. Gan kalau beli iphone di okeshop iti garansinya resmi indo ya? Brarti ntar harusnya kalau cek ime country purchased nya indo?

    ReplyDelete
  59. Permisi kak sigit mau nanya,klo beli ip langsung di distributor resmi seperti ibox itu udah pasti ori kan jadi gk perlu cek apapun dong ya ? Dan juga hrg ip ori distributor resmi dgn non resmi biasanya beda brp sih? Mksh sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak ulfa, yang masih tersedia sekarang cuma iPhone 5s ke atas dan iPhone 4s 8gb, untuk yang iPhone 5s kemaren sempet ngecek masih kisaran 8,5jt untuk yang 16 GB.

      kalo yang non resmi masih kisaran 6,5jt untuk seri iPhone 5s 32GB

      Delete
  60. Mas saya mau menanyakan kalau kebetulan mau ambil iphone 5s di harga 4,7 lewat OLX terus penjual nya mencantumkan note seperti ini :
    jual iphone 5s 16gb space grey (like new)
    ex inter
    99% barang masih mulus,gak ada troble,no minus
    aplikasi lancar jaya.
    imei tembus,icloud aman

    Kelengkapan :
    - hp
    - dus book,kartu garansi+kitab2nya
    - charger
    - head seat
    - tusuk pembuka Sim card (Sim injektor)

    COD sekitaran jogja kota,diatas jam 10 mlm slow respon

    Kira kira aman Gak yaa Ori Gak ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh gan ane gak tau, kalo ori si kayaknya original, tp agan harus ngecek juga kelengkapaya, garansinya apa, rekondisi apa egak.

      Klo keterangan seperti itu menurut saya masih ambigu, saya pasti baklan nanya itu garansi distributor apa garansi resmi, trus saya tanyain imeinya kemudian di cek di selfsolve.apple.com. lebih lengkapnya silahkan agan baca artikel Tips Sebelum Membeli iPhone Bekas Atau second

      Semoga membantu

      Delete
  61. gan, sya rencana mau beli iphone 5s di pusat hp daerah sya. harga iphone 5s yg 16GB harganya 5,6jta. menurut agan gimana, mohon petunjuk ma pendapatnya.
    trimms

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya cuma bisa kasih saran lakukan cek seperti yang di tulis di artikel ini gan, Tanyain ke kontenrnya bener iPhone baru atau rekondisi, kalo ngaku baru ttp cek dulu gan.
      Sebelum di buka cek dulu imei di selfsolve.apple.com apa iphone sudah aktif atau belum, kalo belum aktif lanjutkan cek
      sesudah iphone di aktifin, apakah repairs & service coverage udah expired apa belum , kalo masih dalam masa garansi apple, beli gak papa itu bukan iphone rekondisi.

      Delete
  62. Gan saya beli iphone 5 16gb white secon, semua lancar, update ios pun ga ada kemdala, tp yg masih kepikiran pas d cek di selfsolve.apple.com terdeteksi ip 5 16gb black, apakah iphone saya refurbished?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar rekondisi, yang peting gak ada masalah, gak papa.

      Delete
  63. Gan, mau tanya nih..
    Ane ada beli iphone 4 16gb white, tapi pas di cek imei nya disitu tertulis iphone 4 16gb black, menurut agan itu iphone rekon atau gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belinya di mana mas?? Kalo belinya di bukan konter resmi apple, bisa jadi rekondisi.

      Delete
    2. Konternya bkn apple gan..
      Terus satu lagi body iphone nya kan warna putih, tp sekarang agak menguning gitu, apakah semua iphone white bisa menguning? .. ane make nya sekitar 1 thn lah..
      Kalo masalah softwere nya alhamdulillah gak ada gan

      Delete
    3. Gak semua gan, menguning bisa di sebabkan karena penggunaan yang asal-asalan, tp itupun di butuhkan waktu yang lama banget bisa sampe menguning, soalnya body iphone 4 kan terbuat dari kaca.

      Delete
  64. gan mohon bantuannya. saya ingin membeli iphone baru di gerai resmi iphone di daerah jakarta timur. tapi saya gak tau lokasi nya dimana? mohon bantuannya gan. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan saya domisili Jogja, coba aja dateng ke mall terderkat biasanya ada gerai resmi apple nya, kayak emax, iBox dll, coba baca artikel ini gan Daftar Gerai Resmi Apple Di indonesia

      Delete
    2. ohh iya gan makasih infonya. artikel artikel agan sangat membantu saya

      Delete
  65. gan saya rencana mau beli IP 4s 16gb setelah saya cek sana sini rata2 harga berkisar 4,1 sampai 4,3 jt dan rata2 garansi b-cell dan platinum yang ada dipasaran
    saya belum ngecek yang di distributor resmi

    saya takut kalau barangnya itu rekondisi bahkan bukan ori
    agar meyakinkan sebelum membeli apa saja yang harus dicek selain IMEI di selfsolve.apple.com dan Iphoneimei.info
    saya tinggal di jogja apakah ada rekomendasi tempat yang jual IP terpercaya dan ori gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga segitu terlalu mahal gan untuk iPhone 4s, iPhone 4s untuk seri 16gb ke atas sudah tidak keluar gan, mungkin yang beredar itu Stok lama sari luar (original) atau malah rekondisi. Sebaiknya ikuti tips di atas atau baca Tips Sebelum Membeli iPhone di Indonesia Agar Tidak Tertipu.

      Saya gak bisa merekomendasikan toko gan, Saran aja coba agan cari di ramai mall

      Delete
    2. 2,1 sampai 2,4 maksutnya gan maaf salah ketik.

      jadi yang masih keluar dipasaran untuk seri 4s hanya yang 8gb ya gan?
      untuk iphone rekondisi yang original apple saat di cek di selfsolve.apple.com dan Iphoneimei.info cirinya gmn gan?
      soalnya ngeri juga kalau dapet yang rekondisi abal2

      makasih sebelumnya gan

      Delete
    3. Kayak iPhone baru gan, Coba lihat Screenshot di atas. Cari aman beli yang resmi aja gan, iPhone 4s 8gb atau iPhone 5s yang lebih mantap hehe

      Delete
  66. Mau nanya dibkota saya jual ip5s 16gb dgn harga 4juta katanya ini garansi toko bukan garansi resmi mohon gan pencerahannya mau saya beli ato tidak ini ip5s

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga bukan satu-satunya patokan gan, Coba dulu terapin tips di atas. Kalo gak ada masalah di beli juga bagus.

      Yang penting ada garansi, dan pastinya iPhone baru bukan rekondisi

      Delete
  67. Klo di boxnya ada garansi plantinum 1tahun di box ip5s yg harga 4 juta itu gan itu katanya klo ada masalah kmbali ke toko mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar gan itu garansi distributor Platinum, Tapi setahu saya bukan garansi distributor resmi. Pinter-pinter milih aja gan, moga dapat yang iPhone new bukan rekondisi

      Delete
  68. alhamdulillah gan berkat bantuan agan saya bisa nemuin iphone store nya di daerah jakarta pusat tepatnya di senayan city. ya meskipun harga cukup mahal sedikit hihi, tapi saya udah tenang gan udah dapet yang saya mau, yang resmi mksdnya haha. makasih gan infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya gan sama-sama, senang bisa membantu.

      Delete
  69. Klo garansi distributor resmi yang bagaimana ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Garansi distributor resmi iPhone contohnya SES dan Trio

      Delete
    2. Gan mau tanya nih.
      Saya mau beli ip5 pas saya cek hasilnya seperti ini:
      Imei : 01333800xxxxxx
      Activated : yes
      Carier : check carier
      Blacklist : check
      Simlock : check simlock

      Lalu saya cek serial number hasilnya expired,,
      Kira" ini iphone rekondisi/ refubrish atau bukan yak gan?
      Makasihh

      Delete
    3. Kalo agan belinya baru brarti itu rekondisi, masa udah expired kalo baru dan di iPhone iPhoneimei.info keterangan sudah ada yang di hapus

      Delete
  70. Mau tanya gan,
    Kalo misal beli iphone 5 second udh gak garansi. Cara tau klo iphone itu rekondisi/refurb gimana yak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama kalo misal iPhone 5 second garansinya sudah habis, Tanyain ke penjualnya apa masih ada kartu garansi resminya, nota pembelian nya dari mana, kemudian jika sudah cocokin nota pembelian sama purchased date dari hasil cek serial number, jika cocok itu berarti bukan iPhone rekondisi gan. kalopun purchased date sama tgl nota pembelian beda pastinya akan beda selisi beberapa hari, ya memungkinkan si pengguna gak langsung mengaktifkan dulu sewaktu beli iPhone.

      Delete
  71. Mas Sigit, saya bulan maret lalu beli iphone 4s dari toko, bukan garansi resmi apple, dan sekarang speakernya tidak berfungsi. Waktu saya cek serial numbernya, country of purchasenya adalah UK.

    Apakah saya tetap bisa menservicekan iphone saya ke service center resmi iphone, dgn membayar biaya service tentunya, atau memang mereka tidak menerima perbaikan iphone yg non garansi resmi.

    Apa ada rekomendasi tempat service iphone yg terpercaya?

    Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Service center di indo gak menerima perbaikan untuk iPhone luar gan. Jika harus service solusinya cuma bisa di tempat service biasa.

      Maaf gan, iPhone nya kan baru beli Maret lalu ya, dan belum ada 1 tahun, artinya garansi distributor/konter kan masih ada, lebih baik klaim garansi saja dari pada harus service.

      Delete
  72. Gan iphone rekomedasi itu operasi sistemnya android ato ios , kata pemilik jualan iphine itu jika ada kendala bisa di tukar iphonenya dan ada servis gratis 1 tahun utk semua iphone yg beli disana kata teman saya yg bekerja di konter itu tidak ada yg mengeluh dgn iphone yg boxnya plantinum 1 tahun itu gan mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iPhone rekondisi ya maksudnya gan, sistem operasinya tetap iOS , rekondisi itu barang rusak terus di perbaiki lagi di pack ulang jadi baru lagi trus di jual.

      Iya memang pihak distributor biasanya ngasih garansi 1 tahun. ya semua pedagang bilang demikian, itu bagian dari marketing, selebihnya silahkan agan pertimbangkan sendiri.

      Saran kalo emang mau beli yang dari distribturor cari aja yang garansinya belum expired, agan kan punya temen di sana suruh nyariiin yang kalo di cek serial numbernya di selfsolve.apple.com garansi dari applenya belum expired/kedaluarsa

      Delete
    2. Biasanya orang nyebutnya garansi international, tp yang belum expired.

      Delete
  73. Gan kalo beli iphone refurbished di lazada sudah terjamin asli refurbished apple belum ya? Yang udh pasti apple certified pre owned ,, takutnya nanti pas beli iphone nya bukan refurbished asli apple malah refurbished illegal lagi gan, yang komponen nya bukan asli dari pihak apple,

    Mohon bantuannya ya gan, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh saya tidak tahu mbak, coba tanya langsung sama sellernya, lazada itu sama juga kayak pasar, yang jual banyak gak cuma lazada aja.

      Kalo terjamin atau gak terjamin jawabnya gak terjamin.

      Delete
    2. Ogitu ya gan, kalo di ibox jual iphone refurbished ga ya?

      Delete
  74. Misi gan ane mau tanya , ane mw bli i5S second dr lazada ane minta nomer imeinya pas ane cek gk ada Country purchasednya itu knpa ya gan? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek di selfsolve.apple.com mbak yang lebih valid,
      itu mungkin akan muncul setelah di aktivasi.

      Atau boleh di infokan imei nya mbak??

      Delete
  75. gan saya mau curhat dikit nih,saya mau beli iphone 5s,tapi masih bingung belinya di apple nya langsung apa di distibutor,sedangkan kalo di apple langsung 16gb aja masih 7tan,kalo di distibutor bisa dapet yg 64gb,saran agan gimana? dan saya mau tau perbedaannya asli dan second

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saran dari saya mending langsung ke Apple Store nya aja mas, unit iPhone lebih terjamin kualitasnya, harga jual lebih tinggi nantinya di banding dengan yang non resmi, aksesoris juga semua original, coba mas zamzam baca-baca komentar teman kita di atas yang udah pernah beli iPhone dari distributor non resmi.

      Kemarin juga sempet sharing sama orang konter di salah satu mall di jogja, dia bilang dari 100 iPhone yang terjual ada 35 iPhone yang bermasalah. kemudian sekarang dia gak mau lagi jual iPhone dari distributor non resmi.

      Apa yang mas maksud perbedaan iPhone asli dan rekondisi? Jawabannya sudah ada pada artikel di atas mas silahkan di baca lagi.

      Delete
  76. ni gan, saya nyari iphone 5 di estore dan emax kata nya mereka udah gak ngambil lagi, nah setelah itu saya ke toko smartphone di jogja, dan disitu ada iphone 5 32Gb harga nya 4.150.000 sedangkan 16Gb itu harganya 3,800,000 . ini repurbish atau tdk ya, soalnya saya gak jd beli tu iphone, menurutku sih itu murah bgt, trus yg aku bngung kotak iphone baru tu yg ksperti apa ya, ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iPhone 5 emang sudah gak keluar lagi gan, untuk mengetahui rekon atau gak saya gak bisa langsung menilai. Harus cek ini itu dulu.

      Agar gak terlalu beresiko mending beli yang resmi aja gan atau second tapi resmi lebih aman.

      Delete
  77. mas iphone refubrished di la*ada dan marketplace lain itu beneran resmi refubrished dari apple gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bukan refurbished resmi Apple, untuk lebih jelasnya coba aja tanya langsung sama sellernya, biasanya mereka respon kok. Kemarin ada yang juga sempet nanya emei juga di kasih tahu sama mereka.

      Delete
  78. mas/mbak, mau tanya dong..
    gimana cara cek IMEI nya sebelum di beli ?? emang di kotak luar nya ada IMEI nya??
    masa harus beli dulu, baru tahu itu asli/enggak??
    termaksih jawab yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kotak bagian belakang tercantum imei nya mbak, bisa di lihat sebelum membeli, Atau bisa tanya langsung sama sellernya

      Delete
  79. Sorry semoga aja bermanfaat kalo salah di ralat
    Iphone 4 - 5 sudah tidak ada yg baru ori.
    Yg jual baru berarti recon.
    Ada ori singapore tapi second dan jgn harap untuk masih ada warranty apple, paling garansi toko.
    Iphone 5 ku, aku beli second uda check imei tembus, cuma garansi sudah abis, baik2 aja sampai skr dan tetap bisa update ios dan app.

    Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting iPhone nya sehat aja gan, gak perduli asalnya dari mana.

      Delete
  80. Gan mau nanya ni,, kmaren teman nawarin hp 5s 16gb 5,5jta secon di iphone center premium jakarta,, kata nya asli,, tpi barang nya display,, tu benar asli ato distributor gan?? Bingung di ambil apa ngga gan?? Itu terjamin ngga gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekas display produk gak papa si gan yang penting original dan masih bagus, kalo kurang yakin cek dulu aja imeinya, sama temen sendiri malah leluasa nanya-nanya.

      Delete
  81. mas, mau tolong tny, kmrn sy hunting iphone 5s, ada yg baru garansi disti bc*ll sama yg d blg garansi internasional bl*ss, saya masukin imei nya ke 2 site yg mas saranin, hasilny dr selfsolve telephone technical support 29 des 15, repairs service 29 sep 16. sementara dr iphoneimei 2 info d atas sama, estimated purchase date nya 30 sep 15, last sim country indonesia, last sim carrier h3g cp. mnrt mas apakah aman jika saya ambil iphone ini? barang baru atau refurb kr2 mas? makasih banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah agan beli 30 september lalu ya?, kalo gitu itu aman gan, original buka rekondisi/refurbished.

      Delete
  82. gan mau nanya nih kan ane nanya sama temen ane kata nya kalo ime/serinumber nya di belakang bukan angka itu tanda nya palsu gan itu bener apa gimana gan mohon penjelasan nya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.

Terimakasi telah mematuhi peraturan di Blog ini. Sebagai rasa terimakasih Tentu saya akan berkunjung kembali ke blog Anda.